8 Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasi

Bau Mulut 0 Comments

JIKA menderita radang tenggorokan, Anda sebaiknya mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab radang tenggorokan, Anda bisa menyembuhkan (mengobati) dengan tepat dan cepat. Ini sangat penting supaya radang tenggorokan tidak berlarut-larut yang membuat Anda sangat tersiksa.

Apa saja penyebab radang atau sakit tenggorokan? Nah, paparan berikut ini adalah beberapa penyebab radang tenggorokan dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan mengetahui dua hal itu, Anda pun bisa mencegah terjadinya radang tenggorokan.

Dengan demikian, Anda akan segera terbebas dari derita penyakit tenggorokan. Sebab, saat terjadi sakit tenggorokan, untuk menelan makanan pun sakit. Bahkan, menelan air pun tidak lancar. Tentu saja, kondisi demikian sangat mengganggu kesehatan Anda.

1. Virus – 90% Radang Tenggorokan Akibat Virus

penyebab radang tenggorokan

Sebagian besar penyebab radang tenggorokan (90%) adalah virus. Ada beberapa virus penyebab sakit tenggorokan, yaitu:

a. Virus flu biasa
b. Virus influenza.
c. Virus mononukleosis, yakni penyakit menular dan penularannya lewat air liur.
d. Virus campak, penyakit yang menyebabkan ruam dan demam.
e. Virus cacar air, infeksi yang menyebabkan demam dan ruam yang gatal dan membuat lentingan kecil berisi cairan di kulit.
f. Virus gondok, infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar ludah di leher.

Baca – Tips Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami

2. Strep Throat – 40% Menyerang Anak-anak

Bakteri ini juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Yang paling banyak adalah bakteri grup A Streptococcus. Sakit amandel yang banyak diderita anak-anak umumnya disebabkan oleh bakteri ini.

Demikian pula dengan sakit tenggorokan yang diderita anak-anak. Hampir 40% diakibatkan oleh bakteri ini. Penyebab sakit tenggorokan lainnya adalah bakteri tonsilitis dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia.

3. Alergi – Terjadi Saat Ada Pemicunya

Alergi juga bisa menyebabkan terjadinya sakit tenggorokan. Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi (alergen). Misalnya serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan.

Kondisi tersebut bisa melepaskan bahan kimia. Efeknya terjadilah hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi di tenggorokan.

Baca – Gusi Bengkak yang Tidak Kunjung Sembuh, Mengapa?

5. Udara Kering Membuat Tenggorokan Kering

Udara yang panas dan kering juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Udara kering menyedot kelembapan dari mulut dan tenggorokan. Akibatnya, tenggorokan pun jadi terasa kering dan gatal.

Biasanya udara kering terjadi di antara peralihan musim dingin ke musim panas (musim penghujan ke musim kemarau).

5. Asap Rokok, Bahan Kimia dari Polusi Udara

Hati-hati. Tanpa setahu Anda, banyak zat kimia dan zat lain yang beredar di mana Anda berada. Ini bisa membuat tenggorokan jadi iritasi dan terjadilah radang tenggorokan.

Zat-zat tersebut adalah:

  • Zat dari rokok, asap rokok dan asap tembakau lainnya.
  • Zat kimia dari polusi udara.
  • Zat dari produk pembersih dan bahan kimia lainnya.

6. Cedera Bisa Jadi Penyebab Sakit Tenggorokan

Cedera di leher juga bisa menyebabkan sakit di tenggorokan. Keselek atau tersedak makanan, minuman, air, atau benda asing di tenggorokan juga dapat mengakibatkan radang. Ya, tenggorokan cedera sampai iritasi.

7. Sering Berteriak atau Bersuara Keras

Gangguan pada pita suara dan otot di tenggorokan juga bisa menyebabkan tenggorokan sakit. Contohnya menderita sakit pada tenggorokan akibat berteriak, berbicara keras, atau bernyanyi.

Banyak instruktur kebugaran / senam, penyanyi dan guru, yang dalam pekerjaannya sering harus berteriak-teriak, terkena radang tenggorokan.

8. Menderita Sakit Lambung

Ketika sakit asam lambung, maka kondisi asam sering naik dari lambung ke kerongkongan. Asam naik ke bagian tabung tenggorokan dengan membawa makanan dari mulut ke perut.

Asam ini membakar esofagus dan tenggorokan. Maka, Anda akan merasa mulas dan refluks asam ke tenggorokan. Kondisi ini bisa membuat tenggorokan sakit dan nyeri. Efeknya, Anda batuk-batuk.

8. Ada Tumor di Tenggorokan

Jika Anda merasa sakit tenggorokan yang tidak segera sembuh, maka segera periksa dokter. Dikhawatirkan kondisi itu diakibatkan oleh tumor. Meskipun kasus ini jarang terjadi.

Nah, apa kira-kira penyebab radang tenggorokan Anda? Benarkah tenggorokan Anda sehat tanpa gangguan sedikit pun? Jika masih sakit, coba lakukan pengobatan sebagaimana akan diuraikan dalam bab berikut ini.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab radang tenggorokan, bagaimana cara mengatasinya? Ya, ada beberapa cara mengatasi radang tenggorokan yang bisa Anda lakukan.

Pada kesempatan ini akan disampaikan beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami. Cara ini paling murah karena bahannya dari tanaman obat. Anda bisa membeli bahan itu di pasar tradisional, supermarket atau toko online.

1. Berkumur dengan Air Garam

Anda bisa menggunakan air garam hangat untuk berkumur. Bisa meredakan nyeri dan rasa panas sakit tenggorokan. Berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, membilas bakteri dan penyebab iritasi.

2. Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih. Ini sangat penting untuk mengatasi penyakit tenggorokan. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh tak mampu menghasilkan air liur dan lendir dalam jumlah cukup untuk melembapkan tenggorokan.

Ini bisa membuat radang tenggorokan makin parah. Air putih bisa diganti minuman teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam lezat.

3. Mengonsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Mengonsumsi permen pelega tenggorokan juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Permen pelega tenggorokan mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus.

Ketiga bahan itu mengandung zat anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus. Selain itu bisa meningkatkan produksi air liur dan membuat tenggorokan tetap basah.

4. Obat Pereda Nyeri Tenggorokan

Jika Anda ingin mengonsumsi obat untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Misalnya aspirin, parasetamol, atau ibuprofen.

Obat ini kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-radang. Tenggorokan Anda akan terasa nyaman. Selain itu bisa mengurangi gejala demam dan flu berkaitan dengan radang tenggorokan.

Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi radang tenggorokorokan. Sekian.

!-- Ads 300x250 -->