6 Penyebab Rambut Berminyak dan Cara Mengatasinya

Berita ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

PUNYA rambut berminyak tentu tidak nyaman. Meski minyak juga diperlukan supaya rambut tetap lembap. Tetapi kalau minyaknya berlebihan, justru menjadi masalah. Lalu, apa penyebab rambut berminyak?

Untuk mengatasi rambut berminyak sesungguhnya tidak sulit. Banyak produk yang bisa kita gunakan untuk mengatasi rambut berminyak, termasuk obat-obatan.

Namun, supaya usaha mengatasi rambut berminyak bisa tuntas, kita perlu tahu dulu apa saja penyebab rambut berminyak.

Baca – 7 Shampo Terbaik Untuk Rambut Yang Rusak Parah

Jika kita bisa menghindari penyebab rambut berminyak, maka usaha mengatasi rambut berminyak lebih mudah. Rambut Anda pun segera terbebas dari minyak berlebihan.

Daftar 6 Penyebab Terjadinya Rambut Berminyak 

penyebab rambut berminyak

Nah, apa saja penyebab rambut berminyak? Bagaimana cara menghindari penyebab rambut berminyak?

Pada kulit kepala ada organ yang namanya kelenjar minyak. Tugasnya menghasilkan minyak alami atau sebum. Dengan minyak ini, rambut kepala akan lembap dan sehat. Rambut tidak akan kering dan kusut.

Tetapi, terkadang produksi minyak berlebihan sehingga menyebabkan terjadinya masalah rambut berminyak, rambut lepek dan rambut tidak mudah diatur.

Berikut ini 6 penyebab rambut berminyak berlebihan yang perlu Anda ketahui.

1. Faktor Keturunan (Genetik)

Adakalanya rambut berminyak terjadi akibat orang tua kita juga punya masalah rambut berminyak. Jadi, penyebab rambut berminyak adalah karena faktor keturunan.

2. Hormon

Penyebab rambut berminyak lainnya adalah hormon. Baik hormon estrogen maupun progesteron. Dengan kadar hormon yang tinggi, maka terjadilah produksi minyak lebih banyak oleh kulit kepala.

Baca – 10 Masker Untuk Rambut Rusak, Kering, Kusut, Mudah Patah

Meningkatnya hormon biasanya terjadi pada remaja, wanita ketika menstruasi, dan wanita hamil. Hormon androgen yang paling besar pengaruhnya terhadap produksi minyak.

3. Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D juga bisa memicu tingginya produksi minyak di kepala. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan rambut dan tidak mengeluarkan minyak berlebihan, Anda harus selalu mengonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup tiap hari.

Contoh makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, ikan haring, sarden, minyak hati, ikan kod, telur, jamur, susu sapi, dsb.

4. Penyakit Tertentu

Adakalanya produksi minyak yang berlebih di kulit kepala dan rambut menunjukkan adanya masalah kesehatan tertentu. Misalnya dermatitis seboroik.

Akan ada tanda-tanda khusus bagi penderita sakit dermatitis seboroik. Yaitu, rambut berketombe, bercak kemerahan di kulit dengan rasa gatal sehingga kulit mengelupas.

5. Membelai Rambut dengan Tangan

Sering membelai rambut dengan menggunakan tangan juga bisa membuat rambut berminyak. Sebab, tangan sering digunakan memegang atau menyentuh berbagai benda sehingga mudah kotor.

Maka, Anda sebaiknya tidak sering membelai rambut dengan tangan. Maksudnya biar rambut tidak kotor dan berminyak.

Ya, ini sama dengan anjuran selalu cuci tangan saat pandemi sekarang. Saat pulang dari bepergian harus cuci tangan. Atau akan mendatangi suatu tempat seperti ingin masuk kantor, masuk masjid atau acara pertemuan.

6. Menggosok Kulit Kepala dengan Kencang

Cara merawat rambut yang salah atau tidak tepat juga bisa menyebabkan rambut berminyak. Misalnya menggosok kulit kepala dengan kencang saat keramas sehingga bisa terjadi
iritasi.

Atau mencuci rambut atau keramas terlalu sering. Jangankan mencuci rambut sampai 3 kali atau 4 kali sehari bisa membuat rambut berminyak banyak.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Bagaimana cara mengatasi rambut berminyak? Apa yang harus dilakukan?

Ini juga banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mengurangi rambut berminyak.

1. Kamu keramas cukup sekali saja tiap hari. Keramas terlalu sering justru bisa merusak rambut.

2. Anda sebaiknya menggunakan shampo khusus untuk rambut yang berminyak.

3. Kamu bisa membuat masker rambut sendiri dari tanaman lidah buaya. Sebab, lidah buaya sangat efektif (manjur) untuk mengatasi rambut berminyak.

4. Sesudah selesai, bilas rambut kamu dengan teh hijau. Teh hijau juga mampu mengatasi minyak berlebih sekaligus menutrisi kulit kepalamu.

5. Hindari makanan berminyak seperti makanan aneka gorengan.

Baca – 9 Shampo Terbaik Untuk Rambut Berminyak dan Rontok 

6. Batasi penggunaan hair spray, krim, serum, dan produk rambut lainnya dapat merusak rambut.

Semoga artikel mengenai penyebab rambut berminyak dan cara mengatasinya ini bermanfaat untuk Anda semua. Rambut Anda tetap sehat dan menawan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *