Penyebab Sakit Gigi Berlubang – Cukup Ditambal atau Harus Dioperasi

Bau Mulut, Berita 0 Comments

SAKIT gigi, apa penyebabnya? Penyebab sakit gigi banyak. Untuk mengatasi sakit gigi, Anda perlu memastikan penyebab sakit. Apakah karena gigi berlubang, sariawan, atau karena penyebab yang lain.

Jika Anda telah memastikan penyebab sakit gigi dan gusi bengkak, barulah Anda berusaha mengatasinya dengan cara yang sesuai dengan jenis sakitnya.

Sakit gigi dan bengkak pada gusi dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya:

sariawan pada gusi
gigi berlubang cukup dalam
gusi radang akibat karang gigi yang menumpuk
gusi tertusuk makanan sehingga cedera pada gusi
perubahan hormonal
efek samping dari penggunaan obat
penyakit tertentu (misalnya HIV, diabetes, leukemia, dll).

Gigi Ditambal atau Dicabut – Cara Mengatasi Penyebab Sakit Gigi Berlubang

penyebab sakit gigi berlubang
gigi berlubang

Dengan mengetahui penyebab pasti dari sakit yang Anda derita, barulah Anda memilih cara penyembuhannya. Baik menggunakan cara tradisional, herbal ataupun minum obat gigi tertentu.

Sakit gigi dan gusi bengkak bisa disebabkan oleh gigi berlubang. Untuk menyembuhkan sakit gigi seperti ini, maka gigi berlubang harus diperbaiki. Bentuk perbaikannya tergantung pada kondisi gigi berlubang.

Baca – Cara Mengatasi Gigi Berlubang Bagian Depan

Bila gigi masih cukup kuat, maka dokter akan menyarankan supaya gigi Anda ditambal. Tetapi jika gigi Anda telah berlubang sangat dalam, apalagi sampai ke bagian pulpa gigi, maka sebelum gigi ditambal, saluran akar gigi harus dibersihkan dulu.

Baru setelah saluran akar gigi bersih, penambalan gigi bisa dilakukan. Tetapi, pembersihan saluran akar gigi tidak bisa diselesaikan sekali kunjungan dokter. Anda harus beberapa kali berkunjung ke dokter.

Jika dari pemeriksaan diketahui lubang gigi Anda sudah cukup dalam dan kondisi gigi telah rapuh, jalan terbaik adalah gigi Anda harus dicabut. Jika gigi berlubang dalam tidak dicabut, maka sakit gigi masih bisa sering kambuh.

Apabila gigi berlubang telah dicabut, Anda bisa menggantinya dengan gigi palsu atau memasang implan gigi.

Gigi yang sudah ditambal tidak berarti sakitnya tidak bisa kambuh. Anda bisa mengalami sakit gigi lagi jika tambalannya terlepas atau gigi kembali berlubang.

Baca – Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah

Perawatan gigi dengan baik akan menghindarkan gigi Anda kembali berlubang dan kembali sakit.

Dua Jenis Pencabutan Gigi Berlubang: Cara Sederhana dan Operasi

Ada dua jenis pencabutan gigi berlubang. Pertama adalah pencabutan gigi secara sederhana dan kedua pencabutan gigi disertai pembedahan.

Pencabutan gigi secara sederhana apabila mahkota gigi yang akan dicabut masih terlihat. Tetapi jika mahkota tidak terlihat seperti akibat impaksi, maka perlu dilakukan operasi cabut gigi.

Prosedur pencabutan gigi secara sederhana:

Sebelum gigi dicabut, dokter terlebih dulu melakukan bius lokal dengan suntikan pada saraf di sekitar gigi yang bakal dicabut. Sebelum dibius, dokter bisa mengoleskan gel anestesi pada area yang akan disuntik. Anda akan merasa kebas 1-2 menit sebelum disuntik bius.

Langkah berikutnya, gigi akan digoyang-goyang memakai alat pengungkit seperti tang. Dengan bantuan bius, Anda tidak akan merasa sakit saat dilakukan pencabutan gigi.

Pencabutan gigi dilakukan setelah kondisi gigi tampak kendur. Meskipun tidak merasakan sakit, akibat pencabutan gigi bisa menimbulkan pendarahan.

Untuk memberhentikan pendarahan, Anda akan diberi kasa agar Anda gigit. Adakalanya diperlukan beberapa jahitan pada gusi tempat gigi yang dicabut.

Jika masih terasa sakit usai pencabutan gigi, Anda bisa melakukan kompres dengan es. Mengonsumsi obat dari dokter, jangan mengonsumsi makanan yang keras, jangan minum menggunakan sedotan, dsb.

Perlunya Perawatan Gigi dengan Baik

Untuk menghindari sakit gigi dan gusi, Anda perlu melakukan perawatan gigi secara rutin dan dengan cara yang benar. Menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan pagi dan makan malam.

Demikian pula menyikat lidah, juga harus dilakukan rutin. Atau membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan dengan menyikat gigi. Anda bisa membersihkan sisa makanan di sela gigi dengan menggunakan benang gigi.

Bersihkan plag pada gigi jika ada tanda-tanda bakal muncul plag gigi. Itulah beberapa cara yag perlu Anda lakukan supaya gigi Anda selalu sehat. Tidak terjadi gigi berlubang dan sakit gigi lainnya.

!-- Ads 300x250 -->