Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengobati sampai Tuntas

Berita, Sakit Gigi 0 Comments

PENYEBAB sakit gigi. Hampir semua orang pernah menderita sakit gigi, baik anak-anak, remaja atau orang dewasa. Saat sakit, tak ada yang terpikir kecuali bagaimana cara mengobati sakit gigi sampai tuntas. Obat apa yang sebaiknya diminum.

Sakit gigi sering membuat penderita tidak bisa tidur semalam. Rasa sakit membuat gigi terasa ngilu, nyeri dan seperti tertusuk-tusuk, terutama bagi Anda yang menderita sakit gigi cukup berat.

Jangankan untuk beraktivitas, untuk makan juga terasa sakit. Apalagi jika harus mengunyah makanan, terutama yang agak keras. 

Demikian pula untuk tidur, juga tidak nyaman. Bahkan tidak bisa memejamkan mata karena sakit gigi menyerang.

Baca – Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Berdarah

Ya, rasanya cekut-cekut, nyut-nyut, dan seterusnya. Bahkan sakitnya juga membuat penderita merasa sakit kepala dan bagian tubuh lainnya.

Daftar 7 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengobatinya

Banyak penyebab sakit gigi. Pada anak-anak, sakit gigi biasa dialami secara fisiologis pada saat masa penanggalan gigi susu menjadi gigi tetap.

penyebab sakit gigi
(foto:nova.grid.id)

Tetapi, sakit gigi paling menyiksa adalah sakit gigi akibat gigi berubang. Penyebab sakit gigi berlubang umumnya karena sisa makanan yang tidak dibersihkan atau kebersihan gigi yang kurang.

Sisa makanan yang membusuk menyebabkan banyak bakteri yang akhirnya bisa merusak gigi dalam bentuk gigi berlubang. Selain itu, sisa makanan di sela gigi juga bisa menyebabkan bau tidak sedap dari mulut.

Ada beberapa penyebab gigi berlubang yang perlu Anda waspadai. Jika memungkinkan, Anda harus mencegah terjadinya gigi berlubang.

Jika sudah telanjur terjadi gigi berlubang, ya Anda harus segera mengatasinya dengan gigi dicabut, ditambal, atau lainnya sesuai dengan kondisi gigi.

Daftar 7 Penyebab Sakit Gigi

Selain gigi berlubang, ada juga sakit gigi kibat dari penyebab lain. Berikut ini beberapa di antaranya.

1.Kerusakan gigi akibat berlubang. Bahkan tinggal sisa akarnya. Kerusakan gigi adalah penyebab sakit gigi yang paling banyak jumlahnya.

2.Menyikat gigi terlalu kuat sehingga terjadi abrasi gigi. Kebanyakan orang menyikat gigi hanya 22 detik. Supaya hasil maksimal, lalu menyikat gigi dengan tekanan terlalu kuat.

Seharusnya menyikat gigi 2 menit dengan cara perlahan. Menyikat gigi terlalu kuat membuat gusi turun dan akar gigi terbuka. Gigi pun menjadi sensitif.

3. Gigi patah. Apalagi patahnya besar. Syaraf gigi menjadi rusak, dentin terbuka sehingga gigi terasa ngilu.

4. Gusi bengkak. Penyebab utama terjadinya gusi bengkak adalah sisa makanan di sela gigi dan gusi yang tidak dibersihkan. Ini terjadi akibat kebersihan mulut kurang terjaga.

5. Gusi terinfeksi. Kondisi ini sebagai kelanjutan dari penyakit gusi. Infeksi gusi serius bisa merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Gejalanya antara lain bau mulut, perubahan warna gusi, pembengkakan dan perdarahan pada gusi.

6. Gerakan berulang yang berlebihan seperti mengunyah permen

7. Kelainan posisi gigi. Posisi gigi yang tidak rapi sehingga gigi saling bertabrakan satu dengan lainnya.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi

Bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi? Apa yang harus dilakukan?

Ada beberapa cara mengobati sakit gigi. Baik Anda tangani sendiri atau pergi ke dokter. Tergantung dari kondisi gigi yang sakit. Penyakitnya masih ringan, sedang atau sudah berat.

Berikut beberapa cara mengatasi atau mengobati sakit gigi:

1.Obat sakit gigi bebas. Banyak obat sakit gigi ringan yang dijual bebas tanpa harus dengan resep dokter. Antara lain obat penghilang rasa nyeri, Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID).

Obat ini, misalnya, aspirin dan ibuprofen yang efektif untuk mengobati sakit gigi ringan.

2. Obat gigi dari resep dokter. Artinya, obat ini bisa Anda dapatkan di apotek dengan resep dokter.

3. Obat sakit gigi alami. Misalnya bawang putih, kompres menggunakan air dingin dan kompres menggunakan air hangat.

4. Obat herbal sakit gigi. Banyak obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, baik ringan, sedang atau sakit berat.
Misalnya Super Green Plus SG Obat Herbal Sakit Gigi, OBSAGI (obat sakit gigi), Hersagi Herbal, Obat Sakit Gigi dan Pemutih Gigi, Super Green Plus SG, Pol Sakit Gigi Pak Tani, dsb.

5. Penanganan medis. Misalnya penambalan gigi, perawatan saluran akar, pencabutan gigi, dan pembersihan karang gigi. Penambalan gigi dilakukan jika lapisan saraf terekspos sehingga gigi jadi sensitif.

Gigi Anda perlu dicabut jika lubang gigi telah merusak ruang saraf. Jalan terbaik adalah pencabutan gigi.

!-- Ads 300x250 -->