Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan & Cara Mengatasinya

Sakit Kepala ratnasilvi 0 Comments

PERNAH menderita sakit kepala sebelah kanan? Di mana pun lokasi yang sakit, Anda tentu tidak ingin punya sakit kepala. Sebab, sakit kepala sangat mengganggu. Pertanyaannya, apa penyebab sakit kepala sebelah kanan?

Ya, mengetahui penyebab suatu penyakit adalah sangat penting. Jika sudah tahu, Anda segera hindari penyebab sakit kepala sebelah kanan. Maka Anda akan bebas dari penyakit itu. Anda tidak pernah lagi menderita sakit kepala sebelah kanan.

Sakit kepala memang penyakit yang umum dialami banyak orang. Bahkan Organisai Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sekitar 50% penduduk dunia pernah mengalami sakit kepala.

Tentu saja, derajat sakit kepala tiap orang tidak sama. Ada yang ringan, sedang atau parah.

Jenis sakit kepalanya pun bermacam-macam. Ada sakit kepala cluster, sakit kepala di bagian kening, sakit kepala di pelipis, sakit kepala bagian belakang, dsb.

Lalu, apa penyebab sakit kepala sebelah kanan yang harus kita hindari?

Empat Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

penyebab sakit kepala sebelah kanan

sakit kepala sebelah kanan (foto:beautynesia.id)

Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan terus menerus yang harus Anda waspadai dan hindari. Meskipun menghindari penyebab sakit kepala terkadang tidak mudah.

Tetapi untuk kesehatan tubuh, Anda harus berusaha keras untuk bisa menghindarinya. Pokoknya harus pantang menyerah demi hidup sehat.

1. Migrain

Salah satu penyebab sakit kepala sebelah kanan adalah migrain. Kepala akan terasa nyut-nyut ketika migrain kambuh.

Sakit kepala migrain bisa mengakibatkan penglihatan Anda terganggu, mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya maupun suara.

Untuk hal yang bisa menyebabkan terjadi migrain. Antara lain stres, cemas, cahaya yang terlalu terang, perubahan cuaca, terlambat makan, bau menyengat, kelelahan, kurang tidur, terlalu banyak tidur, mengonsumsi alkohol, cokelat, keju, daging, dsb.

Migrain juga bisa disebabkan oleh keturunan.

Nah, dari deretan penyebab vertigo, mana yang kau kenali atau biasa Anda konsumsi? Jika Anda punya penyakit vertigo, hati-hati. Jaga kesehatan.

Jika Anda suka begadang malam, ya jangan sampai terlalu malam dan tiap hari. Bisa kena vertigo.

Selain itu, sakit migrain harus diobati. Jangan dibiarkan sing kambuh. Lama-lama bisa makin berat. Anda bisa mencari obat herbal yang cocok. Banyak obat vertigo yang bisa peroleh dan konsumsi rutin.

2. Sakit Kepala Cluster

Penyebab sakit kepala sebelah kanan lainnya adalah sakit kepala cluster. Yakni, terjadinya rasa nyeri di sekitar mata.

Sakit kepala cluster dapat menjalar ke bagian kepala atau wajah lain. Bahkan hingga leher dan pundak.

Sakit kepala cluster dapat bertahan sampai berminggu-minggu. Baiknya, sakit kepala jenis ini akan mereda dengan sendirinya.

Baca – Sakit Kepala Bagian Belakang Satu Bulan Lebih, apa Penyebabnya?

Tetapi apa penyebab sakit kepala cluster ini tidak diketahui secara pasti. Para ahli berpendapat bahwa merokok dan minum alkohol bisa menyebabkan Anda terkena sakit kepala cluster.

Apalagi jika dari anggota keluarga ada yang punya penyakit sama.

3. Hemicrania Continua, Terjadi Tiap Hari

Penyebab sakit kepala sebelah kanan lainnya adalah Hemicrania Continua. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti berikut:

Sakit kepala hanya terjadi pada satu sisi.

Terjadi tiap hari secara terus menerus.

Dengan gejala menyerupai migrain pertanda penyakit makin berat.

Kondisi berat pada sakit kepala ini bisa mengakibatkan hidung tersumbat atau berair.

Pada bagian kepala terasa sakit. Sementara, pupil mata tampak mengecil atau kelopak mata terkulai.

4. Kelainan Otot di Sekitar Leher

Kelainan otot di sekitar leher juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Minum obat tertentu dalam waktu cukup lama tanp resep dokter juga juga bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala sebelah kanan.

Anda perlu hati-hati dengan penyakit kepala yang satu ini. Jika sakitnya lebih serius, pembuluh jantung Anda bisa bengkak akibat dinding jatung yang melemah.

Selain itu, sakit kepala sebelah kanan juga bisa diakibatkan oleh trauma, tumor, dan kanker i kepala.

Kasus yang sering terjadi adalah munculnya gangguan saraf pada wajah atau neuralgia trigeminal. Gejalanya, Anda merasa nyeri pada satu sisi di kepala sampai wajah. Bisa di sebelah kiri, bisa pula di sebelah kanan.

Cara Mengatasi dan Meredakan Sakit Kepala Sebelah Kanan

Bagaimana cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan?

Anda bisa mengatasi sakit kepala sebelah kanan dengan mengonsumsi obat kepala yang dijual bebas di apotek atau toko online. Obat farmasi ataupun obat herbal.

Obat yang mengandung parasetamol atau ibuprofen juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi dan meredakan sakit kepala sebelah kanan. Atau obat herbal yang bisa Anda dapatkan di toko-toko online.

Cara lain adalah menggunakan obat alami sakit kepala sebelah kanan yang bisa Anda lakukan di rumah dengan biaya sangat murah dan terbaik seperti disarankan oleh dr Karlina Lestari di sehatq.com. Antara lain:

1. Lakukan kompres di leher bagian belakang dengan handuk hangat

2. Gunakan air hangat ketika mandi

Baca – Cara Mengatasi Sakit Vertigo Kambuh

3. Perbaiki posisi berdiri dan tidur Anda untuk meringankan beban dari kepala, leher, dan pundak

4. Hindari suara bising atau bau tidak sedap apabila kedua hal itu menyebabkan Anda menderita sakit kepala sebelah kanan

5. Beristirahat atau tidur siang

6. Bagi wanita, biarkan rambut Anda tergerai. Sebab, ikatan pada kuncir buntut kuda, kepang, atau sanggul yang terlalu kencang, bisa jadi penyebab sakit kepala sebelah kanan

7. Perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi

8. Lakukan pemijatan pada bagian kepala yang sakit

9. Hindari stres.

Demikian antara lain cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan. Anda bisa cek, apa penyebab sakit kepala Anda dan cek cara mana yang cocok untuk mengatasi sakit kepala Anda.

9 Cara Mencegah Terjadinya Sakit Kepala Sebelah Kanan

Hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah mencegah atau menghindari sakit kepala sebelah kanan. Apa saja yang harus dilakukan supaya Anda tidak menderita sakit kepala sebelah kanan?

Berikut tips terbaik dari dr Kevin Adrian dalam artikelnya di alodokter.com, yakni:

1. Istirahat yang cukup dengan tidur malam 7 – 8 jam tiap hari.

2. Jangan lakukan hal-hal yang bisa menyebabkan Anda sakit kepala.

3. Perhatikan minuman makanan apa yang membuat Anda sakit kepala. Misalnya habis minum akohol, minuman yang mengandung kafein seperti minuman teh ataupun kopi.

4. Minum air putih yang cukup tiap hari. Misalnya minum 2 liter air putih. Kurang minum bisa memicu dehidrasi dan menyebabkan sakit kepala.

5. Makanlah tepat waktu. Jangan terlambat makan dan juga jangan makan terlalu banyak. Keduanya tidak baik untuk kesehatan Anda.

6. Berat badan jangan berlebihan. Lakukan pengukuran / penimbangan berat badan secara periodik biar Anda tetap sehat.

7. Lakukan olahraga secara teratur. Pilih olahraga ringan dan mudah dilakukan. Paling tidak berolahraga 4 kali dalam satu minggu.

8. Selalu berpikir positif dan terorganisir biar Anda tidak stres.

9. Hindari terlalu sering mengonsumsi obat bebas dan terlalu banyak mengonsusi obat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Ada semua. Bia bebas dari sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kanan.