5 Perlengkapan Makan Bayi Terbaik, Aman & Nyaman

Berita, Produk ratnasilvi 0 Comments

KETIKA si kecil mulai mengonsumsi makanan padat, semua Bunda pasti ingin menyediakan perlengkapan makan bayi yang bagus. Maksudnya, biar si kecil suka makan dan cepat habis banyak.

Selain itu, tempat makanan dan minuman bagi si kecil harus antirusak. Terutama untuk  anak yang sudah bisa jalan dan saat makan suka berjalan ke sana kemari sambil main.

Tetapi, perlengkapan makan untuk si kecil yang terbaik seperti apa? Di pasaran memang tersedia banyak macam produk perlengkapan makan yang menarik untuk si kecil.

Lebih-lebih di zaman sekarang. Di swalayan, supermarket, pasar atau toko perlengkapan makan bayi, tersedia banyak model alat makan untuk si kecil.

Semua tampak menarik karena dihiasi dengan gambar warna-warni. Bukan alat makan yang polos tanpa gambar seperti zaman dulu.

Dengan penambahan hiasan warna-warni, anak kecil akan merasa senang. Bahkan, akhirnya si kecil suka makan sampai kenyang.

Perlengkapan Makan Si Kecil, Jenis dan Harganya 

Perlengkapan makan bayi

perlengkapan makan bayi yang aman (foto:mommyasia.id)

Berikut ini perlenkapan makan bayi yang aman dan terbaik yang bisa Bunda pilih. Harga perlengkapan makan bayi tidak memberatkan isi dompet Bunda.

Berikut perlengkapan makan bayi terbaik yang bisa Bunda pilih:

1. Bib dari Silikon yang Bisa Dibersihkan

Salah satu perlengkapan makan bayi yang penting adalah bib. Dibuat dari bahan kain atau plastik, bib membuat pakaian si kecil tidak jadi kotor akibat makanan yang tercecer saat Bunda menyuapinya.

Bunda atau Mama bisa memilih bahan kain yang lembut sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Hanya saja, bib terkadang meninggalkan noda bekas makanan yang sulit Bunda bersihkan.

Beda dengan bib berbahan silikon atau plastik. Bunda bisa membersihkannya dengan mudah. Cara membersihkan bisa pakai tisu basah atau air mengalir dari kran.

Baca: 10 Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui

Mama bisa memilih yang terbaik: Make My Day Baby Bib Silicone atau Aden Anais Brupy Bib. Harga perlengkapan makan bayi ini adalah sekitar Rp 250.000.

2. Sendok dan Garpu yang Aman

Perlengkapan makan si kecil yang juga perlu Bunda sediakan adalah sendok dan garpu. Bahan pembuatan sendok dan garpu juga bermacam-macam.

Ada dari plastik, stainless steel, dsb. Gambar dan desainnya juga bervariasi sehinga sangat menarik.

Pilih sendok dan garpu yang mulus dan tidak tajam. Aman untuk mulut si kecil. Selain itu, pilih bahan plastik yang bebas BPA.

Bunda bisa memilih Boon Swap 2 in 1 Feeding, Nuby Spoon 2 in 1 Monster, Skiphop Fork& Spoon, Pigeon Feeding Spoon set, Inobaby Dindin Smart, atau IKEA Borja Baby Spoon, dsb.

Harga perlengkapan bayi ini berkisar dari Rp 40.000-an sampai Rp 300,000-an.

3. Piring dan Mangkuk Antitumpah

Untuk piring dan mangkuk, Bunda bisa memilih kedua “perlengkapan itu yang  antitumpah”. Sekalipun si kecil makan sendiri dengan gaya sekenanya, makanan tidak akan tumpah.

Tentu saja, hal ini bisa mengurangi beban Mama yang selalu memegangi piring saat si kecil makan. Piring antitumpah ini bisa membantu Mama lebih tenang meninggalkan si kecil dan si kecil makan sendiri.

Baca: 15 Makanan dengan Kalsium Tinggi Untuk Bayi

Dengan menggunakan piring stabil, si kecil tak akan belepotan makanan yang berjatuhan saat makan sendiri.

Banyak produk piring dan mangkuk untuk si kecil yang bisa Bunda pilih. Dari harga Rp 45.000 sampai Rp 325.000.

Video berikut tentang cara membuat MPASI untuk bayi 6 bulan. Video produksi SKWAD Parents. Silakan menyimak. 

4. Gelas khusus Yang Anti-Pecah

Sementara itu, Bunda perlu menyediakan gelas khusus untuk si kecil. Ya, gelas atau cangkir kecil yang antipecah.

Bunda sebaiknya menyediakan gelas dengan cup atau sedotan untuk mencegah si kecil tersedak ketika minum.

Gelas yang bagus adalah gelas atau cangkir yang bisa menjaga cairan di dalamnya tidak tumpah. Ada gelas Pigeon Petite Straw Bottle, OXO Tot Grow Straw Cup with Handle, Phillips Avent Straw Cup, dsb.

Harga gelas khusus untuk si kecil ini adalah dari Rp 65.000 sampai Rp 200.000.

5. Meja Kursi Untuk Makan Yang Agak Tinggi

Ada baiknya Mama melengkapi perlengkapan makan bayi dengan meja kursi duduk khusus untuk si kecil. Desain kursi yang agak tinggi sehingga Bunda atau anggota keluaga lain yang menyuapi si kecil bisa merasa nyaman.

Supaya si kecil duduk aman di kursi, maka kursi juga memiliki sabuk pengaman. Meja makan yang bisa Bunda bersihkan dengan mudah. Ukuran kursi bisa menyesuaikan dengan perkembangan bayi, dsb.

Baca: Susu Formula Penambah Berat Badan Bayi Usia 6-12 Bulan

Dengan perlengkapan seperti itu, harga meja kursi makan si kecil jadi agak mahal. Tetapi,  pemakaian meja kursi makan untuk si kecil ini cukup lama karena Bunda bisa mengubah ukurannya.

Jadinya: ya hemat juga. Harga mahal, tetapi produk mampu bertahan lama.

Yang sekarang cukup laris untuk meja kursi makan si kecil adalah: Peg Perego Prima Papa High Chair, Cocolate High Chair, BabyBelle Nicholas High Chair, dan Ikea Antilop High Chair.

Harga perlengkapan makan bayi ini antara Rp 250.000 – Rp 3 juta.

Penutup

Nah, Bunda / Mama bisa memilih perlengkapan makan bayi terbaik sehingga si kecil bisa menikmati makanan yang Bunda sajikan dengan nyaman. Pertumbuhan tubuh bayi pun lancar karena seslalu sehat.