Lakukan 8 Hal untuk Pertolongan Pertama pada Vertigo

Sakit Kepala 0 Comments

PERTOLONGAN pertama pada vertigo – Jika Anda menyaksikan ada orang menderita vertigo, pertolongan pertama apa yang harus dilakukan untuk mereka?

Atau Anda sendiri yang tiba-tiba tubuh merasa sempoyongan (tidak stabil) dan keadaan sekeliling berputar? Lalu, apa yang harus Anda lakukan menghadapi kondisi seperti itu?

Pertolongan pertama untuk penderita vertigo sangat penting untuk diketahui supaya Anda bisa berbuat tepat dan Anda bisa segera kembali sehat. Anda tidak akan mengalami hal-hal fatal seperti terjatuh, bahkan sampai patah tulang, akibat ketidaktahuan tentang pertolongan pertama pada vertigo.

8 Tindakan untuk Pertolongan Pertama pada Vertigo

Ketika penyakit vertigo kambuh, kebanyakan orang tidak merasa nyeri di kepala. Ya, kepala hanya pusing dan tiba-tiba keadaan sekeliling seperti berputar.

Dalam kondisi demikian, penderita tidak bisa berbuat apa-apa. Tidak mampu berdiri tegap / tegak, pandangan tidak fokus dan kalau berjalan akan oleng atau labil (sempoyongan).

Jika sakit vertigo sudah termasuk kategori akut, penderita akan langsung terjatuh. Mereka merasa seolah terguncang akibat gempa yang dahsyat.

pertolongan pertama pada vertigo

Untuk pertolongan pertama, Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Tarik Nafas Dalam-dalam, Darah Kembali Lancar

Jika vertigo kambuh ketika Anda sedang duduk atau merebahkan tubuh, maka tenangkan saraf agar peredaran darah kembali lancar.

Caranya, tarik nafas dalam-dalam dan tahan sekitar 3 detik. Lalu, nafas dilepas kembali, juga dengan perlahan. Lakukan gerakan itu 5 atau 6 kali atau sampai Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Sakit vertigo mulai berkurang.

Yang perlu Anda hindari adalah bergerak berlebihan seperti geleng-geleng kepala.

2. Ketika Anda Sedang Berjalan atau Berdiri

Apabila vertigo kambuh ketika Anda sedang berjalan atau berdiri, maka berhentilah sejenak sambil menundukkan kepala. Atau berhenti lalu jongkok.

Atau segera menyandarkan kepala di bangku atau dinding bangunan yang bisa Anda dapati. Lalu, lakukan penenangan saraf agar peredaran darah segera lancar dan penyakit vertigo mulai teratasi seperti diuraikan pada poin 1.

3. Vertigo Kambuh Ketika Anda Naik Motor

Bagaimana jika penyakit vertigo kambuh ketika Anda sedang naik motor atau mengemudikan mobil? Ya, segera menepi ke pinggir jalan untuk berhenti sejenak.

Lakukan relaksasi seperti diuraikan dalam poin 1. Jika sakit vertigo mulai reda, maka carilah rumah makan terdekat untuk minum teh hangat biar tubuh kembali segar dan sehat.

Usahakan beristirahat dulu minimal 20 – 30 menit. Baru setelah fisik terasa kuat, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan hati-hati.

4. Selalu Siap Obat Penenang dan Anti Muntah

Bila penyakit vertigo Anda tergolong akut, Anda sebaiknya selalu bersedia obat penenang dan penangkal muntah atau mual. Sebab, kalau sampai muntah atau mual, kesehatan bisa menurun dan fisik menjadi lemas. Anda perlu mengonsumsi obat vertigo untuk segera memulihkan kesehatan Anda.

5. Selalu Menjaga Kesehatan

Anda hendaknya selalu menjaga kesehatan dengan menghindari makanan minuman penyebab vertigo kambuh. Sebaiknya, konsumsilah makanan minuman yang bisa membantu mengatasi penyakit vertigo. Intinya, Anda harus selalu menjaga kesehatan dengan menghindari makanan minuman penyebab vertigo kambuh.

6. Menghindari Sinar Terang

Jika saat vertigo kambuh Anda berada di ruangan dengan lampu / sinar terang, maka segera pindah ke tempat yang agak gelap. Sebab, di tempat yang terang, mata sangat sensitif menerima cahaya terang dan bisa menyebabkan penyakit vertigo makin berat. Bisa menyebabkan Anda bertambah pusing, mual, muntah, bahkan pingsang.

7. Konsumsi Minuman Jahe

Anda juga bisa mengonsumsi minuman jahe sebagai pertolongan pertama mengatasi penyakit vertigo kambuh. Tubuh segera bereaksi ketika Anda mengonsumsi minuman jahe dan vertigo mulai berkurang. Tetapi jangan minum ramuan jahe berlebihan.

8. Berbaring dengan Bantal Lebih Tinggi

Anda juga bisa mengatasi penyakit vertigo saat kambuh dengan tiduran menggunakan bantal yang lebih tinggi. Misalnya menggunakan dua bantal. Tetapi, posisi kepala harus lebih rendah dari bahu. Yang ada di bantal tertinggi adalah bahu. Telinga yang menjadi sumber sakit vertigo berada di posisi bawah.

Penutup

Demikian artikel mengenai Pertolongan Pertama pada Vertigo. Tentu saja, yang lebih penting adalah mengatasi vertigo biar tidak sering kambuh. Anda perlu menghindari makanan minuman dan segala sesuatu yang bisa memicu terjadinya sakit vertigo.

Semoga Anda selalu terhindar dari penyakit vertigo dan sakit kepala berat lainnya.