Perut Kembung dan Keras: Penyebab & Cara Mengatasi

Berita , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 5 minutes

HAMPIR setiap orang pernah merasakan perut kembung. Bahkan, perut kembung dan keras. Meskipun tidak ada yang mengharapkan perutnya menderita sakit seperti itu. Sama dengan orang menderita sakit kepala, demam, dsb.

Yang penting kita perlu tahu bagaimana cara menghindari dan mencegah perut kembung. Jika sudah menderita sakit perut seperti itu, maka kita perlu tahu cara mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Sering menderita sakit perut jangan dibiarkan. Bisa-bisa berakibat fatal. Sebab, di balik perut kembung ada penyakit yang lebih berat seperti diabetes, darah tinggi (hipertensi), stroke, sakit ginjal, dsb.

Perut kembung adalah kondisi tidak nyaman dalam perut. Misalnya perut kencang, terasa penuh isi, terasa buncit, dan sering buang gas.

Baca: 6 Alat Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dan Paha

Nah, artikel berikut ingin menjelaskan tentang terjadinya perut kembung dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Dengan cara itu, Anda bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit berat.

5 Penyebab Perut Kembung dan Keras 

perut kembung dan keras
perut kembung dan keras (foto:ibudanmama.com)

Menurut dr Kevin Adrian, ada berbagai sebab yang bisa membuat perut sakit. Antara lain karena punya maag, kekurangan enzim, masuk angin atau saluran pencernaan berisi udara berlebih, dsb.

Tetapi, umumnya perut kembang terjadi akibat kebiasaan yang tidak baik. Antara lain:

1. Sering Makan Terlalu Cepat

Ya, tampak seperti orang tergesa-gesa akan segera pergi. Biar tidak kembung, kalau makan sebaiknya perlahan-lahan saja.

Makan perlahan bisa membuat semua makanan terkunyah lembut sehingga meringankan beban pencernaan untuk memprosesnya. Ini bisa membuat pencernaan tetap sehat.

Tidak hanya membuat Anda bisa tersedak jika makan terlalu cepat dan tergesa-gesa dan perut kembung. Anda juga bisa terkena penyakit asam lambung.

Bahkan dalam jangka panjang, menurut dr Vika Damay, Anda bisa menderita kegemukan atau obesitas, darah tinggi (hipertensi), diabetes, dsb.

Tentu saja, Anda tidak ingin menderita penyakit berat seperti itu kan?

Makanya, jangan suka makan terlalu cepat atau tergesa-gesa. Jika makan cepat-cepat karena terdesak waktu, ya diaturlah waktunya supaya makan tidak terburu-buru.

Baca: Minum Yakut Ketika Perut Kosong: Berbahaya Untuk Lambung?

Tetapi makan dengan tenang, semua makanan bisa Anda kunyah dengan baik sehingga kerja pencernaan tidak berat. Anda pun sehat. Dan sehat itu nyaman.

2. Makan Terlalu Banyak

Cara makan dengan porsi besar juga tidak sehat. Selain bisa menyebabkan sakit perut, juga bisa mengakibatkan mual, tidak nyaman di perut dan asam lambung.

Kebiasaan makan terlalu banyak juga bisa membuat Anda mengalami obesitas atau kegemukan.

Orang yang badannya kegemukan atau berat badannya melebihi ukuran normal bisa mudah kena penyakit. Apalagi mereka yang kurang gerak. Makan banyak kurang gerak, aduhh….

Ditambah lagi dengan mengonsumsi makanan yang banyak lemak. Lengkaplah untuk menjadi orang yang kegemukan. Risikonya bisa terkena sakit gula (diabetes), ginjal, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya Anda mulai mengendalikan nafsu makan. Secara bertahap, harus mengurangi porsi makan biar tetap sehat. Walaupun itu bukan hal yang mudah. Syukur mau menjalani diet.

3. Suka Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas juga bisa menyebabkan sakit perut. Bagi penghobi makanan pedas, tentu nikmat rasanya mengonsumsi makanan pedas. Bahkan, ada lomba makan makanan paling pedas.

Tetapi efeknya untuk perut tidak baik. Permukaan lambung bisa rapuh dan mudah terluka atau radang. Akhirnya bisa terkena penyakit maag akut atau gastritis.

Menurut dr Rizal Fadli, pedas sesungguhnya bukan rasa. Rasa pedas adalah sensasi yang muncul akibat zat kimia capsaicin.

Jika konsumsinya tidak berlebihan tidak masalah. Tetapi jika terlalu pedas tidak hanya sekadar perut jadi kembung.

Baca: Krim Pelangsing Perut Buncit Yang Aman

Tetapi juga bisa membuat Anda mual, muntah, diare, nyeri perut, perut mulas, maag akut, refluks asam, insomnia, dan lidah tidak sensitif lagi sebagai perasa.

4. Tiduran Setelah Makan

Tiduran (berbaring) atau tidur sungguhan setelah makan juga bisa menyebabkan perut tidak sehat. Hal ini terutama dialami oleh mereka yang bekerja malam atau bekerja sampai malam.

Setiba di rumah, langsung mandi dan makan. Habis makan, tak lama kemudian terasa ngantuk dan tidur. Habis makan langsung tiduran atau tidur sungguhan sering membuat perut tidak nyaman.

Tidur setelah makan memang bisa mengganggu pencernaan. Sebab, makanan yang masuk ke perut belum selesai diproses oleh pencernaan. Apalagi makanan masih ada di lambung.

Oleh karena itu, sebaiknya habis makan malam jangan langsung tidur atau tiduran. Tunggu 3 – 4 jam, baru Anda beranjak tidur.

Dengan cara itu, makanan yang Anda konsumsi bisa terproses dengan baik oleh pencernaan.

Selain menyebabkan perut kembung, habis makan terus tidur juga bisa mengakibatkan kegemukan, asam lambung, diabetes melitus, dsb. Apalagi makanan yang Anda konsumsi tinggi kalori.

5. Minum Minuman Bersoda Berlebihan

Mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan juga bisa mengakibatkan perut kembung. Menurut dr Muliani Sukiman, minuman bersoda mengandung gas.

Ketika gas terjebak di saluran pencernaan, maka bisa terjadi perut kembung, bersendawa, mual dan sering buang gas.

Cara mengatasinya bisa dengan minum 8 – 10 gelas air hangat sehari, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung jahe, kompres perut dengan air hangat, hindari aneka gorengan, makanan pedas, dsb.

Olahraga, sering bergerak, jangan merokok, hindari alkohol, dan stres juga bisa menghindari perut kembung.

Itulah beberapa penyebab terjadinya perut kembung yang penting untuk kita ketahui, kita hindari dan sekaligus cara mengatasinya.

Perut Kembung dan Keras: Tanda Ada Penyakit?

Adakalanya perut dalam kondisi tidak sehat berlangsung lama. Tentu saja,Anda perlu mewaspadai. Jangan-jangan itu akibat adanya penyakit tertentu.

Jika penyebabnya adalah makanan atau minuman, dalam waktu yang tidak terlalu lama sakit perut akan mereda.

Tetapi bisa menjadi bermasalah serius jika sakit perut tidak kunjung reda. Misalnya, Anda suka makan dengan tergesa-gesa atau terlalu cepat.

Cara makan seperti itu bisa membuat perut bukan hanya jadi kembung. Bisa juga terjadi perut keras.

Jika itu terjadi cukup lama atau sering terjadi, Anda perlu waspada. Bisa jadi ada penyakit tertentu yang menyebabkan kondisi perut Anda menderita sakit seperti itu.

Misalnya terjadi masalah dengan pencernaan, kehamilan atau masalah kesehatan lainnya.

Penyebab Perut Kembung & Keras Lainnya

Selain akibat makan tergesa-gesa atau terlalu cepat, penyebab lain dari perut terasa penuh gas  sekaligus keras adalah:

1. Sulit BAB

Adakalanya kondisi ini terjadi karena Anda sering mengalami sembelit. Yakni sulit buang air besar (BAB). Tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman dengan kejadian ini.

2. Alergi Makanan Tertentu

Alergi makanan tertentu juga bisa menyebabkan kondisi perut tidak nyaman seperti itu. Misalnya Anda mengonsumsi makanan yang seharusnya Anda hindari akibat alergi. Lalu terjadilah perut kembung.

3. Radang Usus

Penyakit radang usus juga bisa menyebabkan perut tidak sehat. Selain itu juga bisa terjadi kram. Ini yang disebut bahwa perut kembung dan kram bisa terjadi akibat penyakit tertentu.

4. Sindrom Iritasi Usus Besar

Penyakit ini juga menyebabkan perut mengalami kembung. Bahkan terjadi sakit perut dan keras.
Peradangan di usus besar juga ditandai dengan perut kembung dan bengkak (keras).

5. Sakit Maag

Sakit maag juga bisa membuat perut kembung, sakit, dan keras. Habis makan, tak lama kemudian perut terasa melilit, nyeri.

Tentu saja, kondisi perut yang kemungkinan diakibatkan seperti itu perlu segera Anda periksakan ke dokter.

Perlu segera mendapatkan perawatan biar sakitnya tidak makin parah.

Yang perlu diperhatikan, jika Anda menderita perut seperti itu cukup lama atau sering kambuh perlu mendapatkan perhatian serius.

Janganlah sakit perut selalu dianggap hal ringan dan Anda tidak mencari sumber penyebabnya. Bahkan juga tidak berusaha menyembuhkannya.

Penutup

Demikian artikel mengenai perut kembung dan bahayanya. Kebiasaan yang tidak sehat yang bisa menyebabkan perut sering sakit seperti itu haruslah Anda hindari. Sebab dalam jangka panjang, kebiasaan itu bisa berakibat fatal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.