Donorkan Plasma Darah untuk Covid-19 – Apakah Plasma Darah?

Berita ratnasilvi 0 Comments

SEBANYAK 214 perwira mantan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, Jawa Barat mendonorkan plasma darahnya. Plasma darah berfungsi banyak. Bisa membantu mereka yang terpapar covid-19 biar ceat sembuh.

Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Nefra Firdaus menyampaikan hingga Selasa, 18 Agustus 2020 sudah 214 orang perwira mantan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, Jawa Barat yang mendonorkan plasma darahnya.

Nefra menyatakan bahwa ke-214 orang yang mendonorkan plasma convalesence adalah perwira mantan Secapa AD yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Baca – Sembuh dari Covid-19 – Tiap Hari Minum Madu, Air Kelapa Muda

Mereka ditemukan terpapar covid-19 saat masih mengikuti pendidikan. Semua perwira yang berjumlah 1.308 orang dinyatakan terpapar virus corona (covid-19). Lantas semua diisolasi dengan mendapat perawatan intensif.

1.308 Perwira Mantan Secapa AD Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

plasma darah

plasma darah yang berwarna kuning (foto:timesindonesia.co.id)

Menurut Nafa, mereka berdonor plasma darah untuk membantu mempercepat penyembuhan para pasien Covid-19. Plasma convalescent diberikan kepada pasien Covid-19 yang kondisinya menengah hingga berat.

Sebelumnya dilaporkan pasien Covid-19 dari kluster Secapa Angkatan Darat yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai 1.308 pasien. Mereka terkena covid-19 ketika mengikuti pendidikan Secapa.

Tetapi, secara bertahap kondisi kesehatan mereka semakin membaik. Bahkan, akhirnya mereka bisa sembuh semua.

Nafa menyatakan, tidak ada lagi siswa di Secapa yang masih dalam perawatan. Semuanya telah dinyatakan sembuh.

Baca – Ventilator: Peralatan Medis Untuk Melawan Covid-19

“Jadi, dari total 1.308 pasien Covid 19 di Secapa AD, pada hari ini tidak ada lagi yang positif masih dirawat. Semua sudah sembuh,” jelas Nefra seperti dikutip oleh liputan6.com.

Apakah Donor Plasma Darah Itu?

Donor plasma, seperti dikutip dari klikdokter.com, adalah perbuatan menyumbangkan plasma darah kepada orang lain yang memerlukan. Plasma adalah bagian dari darah. Sebanyak 55% dari volume darah merupakan plasma.

Komponen plasma darah berbentuk cairan berwarna kuning. Sebanyak 90 persen berupa air dan 10 persen lainnya berupa larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, ion mineral, hormon, dan karbon dioksida.

Plasma darah berfungsi untuk membawa protein, hormon, dan nutrisi ke sel-sel yang berada dalam tubuh Anda. Ini termasuk hormon pertumbuhan yang membantu otot dan tulang tumbuh.

Selain itu, plasma darah berfungsi untuk pembekuan darah. Yakni, membantu Anda menghentikan pendarahan ketika terjadi luka.

Juga membantu tubuh menjaga tekanan darah, tingkat volume darah normal, dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Cara kerjanya dilakukan dengan melarutkan substansi yang tidak dibutuhkan sel dan membawanya pergi.

Baca – 5 Cara Berenang di Kolam Umum – Aman dari Covid-19

Fungsi plasma darah lainnya adalah melawan infeksi, menjaga suhu tubuh, serta menjaga keseimbangan antara asam dan basa.

Manfaat Donor Plasma Apa Saja?

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari donor plasma darah. Transfer plasma hanya bisa dilakukan lewat donor.

Manfaat dari donor plasma darah adalah:

1. Membantu pemulihan penyakit.

Antibodi dan protein dari plasma darah pendonor bisa digunakan untuk perawatan penyakit langka seperti virus corona / covid-19, khususnya yang berkaitan dengan sistem kekebalan.

2. Mengobati pasien kanker.

Ya, kanker macam-macam, termasuk kanker darah leukimia. Untuk mengatasinya pasien kanker memerlukan transfusi plasma, termasuk pasien anak.

3. Operasi transplantasi.

Beberapa orang yang mendapatkan transplantasi hati atau sumsum tulang membutuhkan plasma.

4. Hemofilia.

Dalam gangguan langka ini, darah seseorang tidak memiliki faktor pembekuan yang cukup, sehingga donor plasma akan sangat membantu.

Syarat Menjadi Pendonor Plasma Darah

Anda tertarik ingin melakukan donor plasma darah?

Syarat menjadi pendonor plasma adalah berusia minimal 18 tahun, berat laki-laki minimal 55 kg, dan perempuan minimal 60 kg.

Calon pendonor plasma harus melakukan pemeriksaan fisik serta uji virus tertentu. Ini dilakukan untuk memastikan tubuh tidak terjangkit HIV dan hepatitis.

Syarat penting lainnya adalah kadar Hb 13–17 gr/% dan tekanan darah sistole antara 110–150 mmHg dan diastole 70–90 mmHg.

Baca – Konsumsi Vitamin C – Cara Aktor Boy Jaga Kekebatan Tubuh

Jangka waktu donor minimal 2 minggu sekali. Khusus untuk eritraferesis, jangka waktu minimal 8 minggu sekali dan plasmaferesis minimal 1 minggu sekali.

Darah Golongan AB Paling Dibutuhkan, Mengapa?

Donor plasma dari pemilik golongan darah AB sangat diperlukan. Sebab, plasma dari pemilik golongan darah AB bisa digunakan untuk semua orang / pasien.

Jadi, plasma darah dari pemilik golongan darah AB adalah universal. Maksudnya bisa digunakan untuk pasien dengan golongan darah apa saja. Semua cocok.

Bagi Anda yang sudah donor darah, bisa mencoba melakukan donor plasma untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang sangat membutuhkan untuk kesembuhan sakit mereka.

Tentu saja, sebelum melakuan donor, Anda harus melakukan pemeriksaan dokter dulu untuk memastikan Anda aman untuk berdonir plasma darah.

China Sukses Gunakan Plasma Darah Sembuhkan Pasien Covid-19

China merupakan salah satu negara yang telah menggunakan plasma darah untuk pengobatan  pasien covid-19. Salah satunya Shenzhen Third People’s Hospital di kota Shenzhen.

Dokter menguji coba pemberian serum plasma darah kepada lima pasien COVID-19 yang berada dalam kondisi kritis. Hasilnya, lima pasien berhasil pulih, sedangkan dua lainnya dalam keadaan stabil.

Penutup

Plasma darah yang selama ini jarang diketahui masyarakat ternyata sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Bisa juga didonorkan ntuk kesehatan orang lain.

Selain untuk membantu kesehatan, ada juga manfaat dari plasma darah. Yakni terapi plasma ah kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat.