Radang Gusi – Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berita, Sakit Gigi 0 Comments

APAKAH radang gusi (gingivitis) itu? Peradangan pada gusi terlihat ketika gusi di sekitar akar gigi tampak memerah. Peradangan gusi terjadi saat sisa makanan di gigi dan gusi mengeras menjadi plak.

Tentu saja, Anda harus segera mengatasi penyakit gusi ini. Sebab, jika masalah gusi radang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gusi.

Jika peradangan gusi dibiarkan, dikhawatirkan penyakit gusi akan meluas menjadi periodontitis. Yakni infeksi serius yang dapat merusak gigi dan tulang di sekitarnya. Bahkan, gigi akhirnya mudah tanggal.

11 Gejala Radang Gusi yang Harus Anda Waspadai

Pertanyaannya sekarang, apa saja gejala atau ciri-ciri terjadinya peradangan gusi?

Mengetahui gejala radang gusi sangat penting supaya Anda bisa cepat menanganinya jika suatu saat terjadi radang pada bagian gusi. Tetapi, umumnya orang tidak peduli dengan kemungkinan terjadinya peradangan gusi.

radang gusi

peradangan pada gusi (foto:gaya.tempo.co)

Kebanyakan orang hanya memperhatikan kesehatan gigi. Tetapi, kesehatan gusi diabaikan. Dianggapnya tidak begitu penting. Padahal kesehatan gigi dan kesehatan gusi sama pentingnya.

Ditambah lagi, terkadang munculnya radang pada bagian gusi tidak didahului dengan adanya gejala atau tanda-tanda. Artinya, terjadi peradangan gusi tanpa didahului adanya gejala radang gusi. Tiba-tiba muncul radang.

Maka, cara terbaik adalah selalu mengecek kondisi kesehatan gusi. Diantaranya dengan periksa ke dokter atau cek sendiri.

Ke-11 gejala radang gusi adalah:

1.Gusi mudah berdarah sewaktu Anda menyikat gigi atau membersihkan sela gigi menggunakan benang (flossing).

2.Gusi bengkak dan sakit.

3. Warna gusi merah kehitaman.

4. Bau mulut dan bau nafas tidak sedap.

5. Merasa nyeri ketika mengunyah makanan.

6. Kondisi gusi menyusut. Akibatnya akar gigi terlihat.

7. Ada nanah di antara gigi dan gusi.

8. Merasa gigi palsu tidak pas lagi.

9. Gigi tanggal atau copot.

10. Gusi yang bengkak.

11. Plak gigi yang makin menumpuk.

Jika Anda merasa ada gejala radang gusi seperti disebutkan di atas, maka sebaiknya segera Anda atasi. Anda cek apakah gejala yang muncul itu benar gejala peradangan gusi.

Tentu saja, Anda perlu memperhatikan faktor lain sehingga bisa menduga itu gejala radang gusi atau bukan.

Penyebab Sakit Gusi dan Cara Mengatasinya

Selain mengetahui gejala radang pada gusi, kini Anda juga perlu tahu apa saja penyebab radang. Dengan cara itu Anda bisa menghindari penyebab radang gusi sehingga Anda bisa tetap sehat, tidak terkena (bebas dari) peradangan di gusi.

1.Penumpukan plak pada gigi.

Plak terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Dengan menyikat gigi secara benar, Anda bisa membersihkan lapisan plak.

Lapisan plak akan mengeras menjadi karang gigi setelah menempel di gigi lebih dari 48 jam (dua hari). Dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, Anda bisa mencegah terjadinya karang gigi. Gunakan pasta gigi yang tepat, yang bisa mencegah terjadi plak gigi. 

2. Terjadinya Tartar atau Karang Gigi

Jika plak sudah mengeras, maka terbentuklah tartar alias karang gigi (dental kalkulus). Tartar juga salah satu penyebab radang pada bagian gusi. Repotnya, karang gigi biasanya berada di antara celah gigi dan gusi. Karena itu, karang gigi sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa.

Jika Anda membiarkan karang gigi tanpa pembersihan dikhawatirkan di belakang hari bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Bahkan bisa terjadi gigi berlubang.

Anda sebaiknya rutin membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi supaya tidak terjadi plak dan karang gigi yang menumpuk. Anda bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi.

Jika dibiarkan terus-menerus juga bisa menyebabkan terjadinya sakit gusi.

3. Terjadi Iritasi 

Iritasi juga bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada bagian gusi. Iritasi bisa terjadi karena karena adanya kandungan dalam pasta gigi, makanan, kawat gigi, hingga efek samping dari obat tertentu. Iritasi bisa membuat terjadinya pembengkakan di jaringan gusi.

4. Perawatan Gigi yang Salah

Banyak orang yang tidak merawat dan menjaga kesehatan giginya dengan benar. Padahal, gigi dan mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Gigi dan mulut harus dijaga kesehatannya.

Apalagi dengan bertambahnya usia, masalah kesehatan gigi dan gusi menuntut perhatian besar.

Apabila kebersihan dan kesehatan gigi dilakukan tidak tepat, sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan menyebabkan banyak bakteri bersarang.

Hal ini bisa meningkatkan risiko gigi dan gusi sakit. Bahkan, kondisi sakitnya bisa menyebabkan terganggunya kesehatan Anda. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

 

!-- Ads 300x250 -->