Sakit Gigi Berlubang – Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Gigi 0 Comments

SAKIT gigi berlubang sangat menyiksa. Rasa sakit pada gigi bisa menjalar ke seluruh tubuh. Buat tidur, sakit. Buat duduk sakit. Apalagi buat makan. Tersenggol makanan, gigi sangat sakit.

Terkadang semalaman tidak bisa tidur karena menahan sakitnya gigi nyut-nyut. Sakit gigi umumnya muncul malam hari. Banyak di antaranya semalam tidak bisa tidur karena menahan rasa sakit yang sangat menyiksa.

Lebih tersiksa lagi kalau sakit gigi muncul di hari libur. Yakni hari Sabtu, Minggu atau hari libur nasional. Sebab, hari itu tak ada dokter gigi praktek. Kalau ada, bisa jadi lokasinya sangat jauh.

Ya, dicarilah obat sementara. Misalnya obat sakit gigi yang dijual bebas di toko kelontong dekat rumah.

Tetapi, cara ini belum menyelesaikan masalah secara menyeluruh. Kecuali hanya meredakan rasa sakit pada gigi untuk sementara waktu. Itulah penderitaan yang harus dialami akibat gigi berlubang.

Pengertian Sakit Gigi Berlubang dan Beberapa Gejalanya

Gigi berlubang terjadi akibat adanya penumpukan bakteri pada mulut. Adanya banyak bakteri di mulut karena penderita sakit gigi berlubang sering mengonsumsi makanan yang manis dan kurang menjaga kebersihan gigi / mulut.

sakit gigi berlubang

periksa gigi berlubang (foto:liputan6.com)

Akibatnya, gigi mengalami kerusakan dari bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin). Makin lama terjadilah gigi berlubang, yang dalam istilah medis disebut cavities atau karies.

Sakit gigi berlubang tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, Anda perlu memeriksakan kesehatan gigi secara rutin. Setidaknya 6 bulan sekali.

Biasanya, orang selalu terlambat mengetahui bahwa giginya sakit dan mulai berlubang. Orang awam tidak bisa mendeteksi adanya gigi berlubang.

Pada tahap awal umumnya orang memang tidak tahu bahwa giginya mulai berlubang. Sebab tidak ada tanda-tanda atau gejala yang menunjukkan giginya sakit dan berlubang.

Gejala muncul ketika gigi sudah berlubang dalam. Bahkan sudah terjadi kerusakan pada sebagian gigi.
Gejala gigi berlubang antara lain:

1. Gigi terasa sakit saat menggigit sesuatu.

2. Terasa nyeri ketika mengonsumsi makanan manis, panas atau dingin

3. Gigi belubang dengan jelas.

4. Rasa gigi sakit muncul spontan tanpa ada sebab yang jelas.

5. Sebagian gigi berubah warna menjadi putih, coklat atau hitam.

6. Muncul bau tidak sedap dari mulut (bau mulut). Atau rasa tidak enak di mulut. Baca juga artikel tantang cara merapikan gigi tonggos secara alami. 

Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang

Ada beberapa penyebab terjadinya gigi berlubang. Anda sebaiknya mencegah penyebab gigi berlubang sehingga gigi Anda selalu sehat.

Bahkan, Anda sebaiknya mencegah sakit gigi berlubang sejak dini, yakni sejak anak-anak. Sebab, anak justru sangat rentan terkena infeksi dan gangguan gigi seperti gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang yang perlu Anda ketahui antara lain:

1. Plak pada Gigi yang Menumpuk

Plak terjadi dari sisa makanan yang mengandung gula (rasa manis). Misalnya, roti, sereal, susu, minuman ringan, buah, kue, atau permen. Bakteri alami di mulut mengubah sisa makanan itu menjadi asam.

Gabungan antara bakteri, asam, sisa makanan di mulut dan air liur menjadi plak pada gigi. Asam dalam plak akan mengikis lapisan-lapisan gigi sehingga terjadilah gigi berlubang.

2. Jarang membersihkan atau menyikat gigi. Seharusnya menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Setelah sarapan dan usai makan malam.

3. Ketika menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Yakni, senyawa yang merawat gigi dan mencegah kerusakan gigi.

4. Mulut sering terada kering akibat kurang minum.

5. Rutin minum obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herbal yang mengandung gula.

Ya, itulah beberapa penyebab gigi berlubang. Anda sebaiknya mencegah terjadinya sebab-sebab gigi berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Baik dengan cara medis atau cara lain seperti cara alami.

Cara mengatasi gigi berlubang secara medis antara lain:

1. Menyikat Gigi Menggunakan Fluoride

Jika kondisi lubang baru permulaan atau lubangnya masih sangat kecil, Anda bisa mengobati gigi berlubang dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Maka, sebaiknya Anda selalu mengecek kondisi gigi ecara periodik. Misalnya satu kali dalam seminggu. Jangan sampai Anda tak pernah cek kondisi gigi, tahu-tahu sudah berlubang dalam.

2. Menambal Gigi Berlubang

Jika kondisi lubang sudah agak dalam, maka cara mengatasinya bisa dengan menambal gigi yang berlubang. Bagian gigi yang rusak dibuang dan baru dilakukan penambalan gigi.

3. Membuat Crown Gigi

Crown gigi adalah sejenis gigi palsu yang fungsinya bisa menutup gigi berlubang sehingga gigi bisa kembali tampak utuh.

4. Gigi Harus Dicabut

Tetapi adakalanya gigi berlubang harus dicabut karena sudah rusak parah. Tentu saja, dokter gigi yang bisa menentukan apakah gigi Anda harus dicabut atau dilakukan tindakan lain.

Jika gigi berlubang dicabut, sebaiknya diganti dengan pemasangan gigi palsu. Tujuannya agar tidak terjadi ruang kosong dan membuat gigi di sebelahya bergeser.

5. Menggunakan Pengobatan Alami

Anda juga bisa mengatasi gigi berlubang dengan pengobatan alami dengan memanfaatkan tanaman obat. Misalnya menggunakan garam, bawang putih, akar manis, kunyit, dan minyak cengkih.

Cara menggunakan garam adalah sediakan garam satu sendok teh, larutkan dalam air hangat 1 gelas, diaduk, lalu dibuat berkumur selama 1 menit. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri.

Oleskan bawang putih di area gigi berlubang. Bawang putih bisa ditambahi sedikit garam. Bawang putih juga antibakteri.

Anda juga bisa meletakkan bubuk kunyit di gigi berlubang selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air bersih.

Minyak cengkih juga bagus untuk mengatasi gigi berlubang. Siapkan 2 atau 3 tes minyak cengkih ditambah sedikit minyak biji wijen, lalu ditepuk-tepukkan pada gigi berlubang.

Demikian artikel mengenai pengertian sakit gigi berlubang dan cara mencegahnya. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

!-- Ads 300x250 -->