Sakit Kepala Berkepanjangan, Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Sakit Kepala 0 Comments

BAGAIMANA jika Anda mengalami sakit kepala berkepanjangan? Tentu saja, banyak pekerjaan akan terganggu. Apalagi sakitnya berat. Tidak hanya sekali, tetapi berlangsung beberapa kali atau beberapa bulan.

Misalnya, sakit kepala bulan ini sampai 10 hari dan sembuh. Bulan berikutnya sakit kepala kambuh lagi. Diobati dan sembuh.

Eh, bulan berikutnya sakit kepala kembali terjadi sampai beberapa hari. Minimal 15 hari. Jelas, kondisi kesehatan Anda akan sangat terganggu dan Anda tidak bisa melakukan aktivitas harian dengan baik.

Anda harus mengatasi sakit kepala seperti itu. Sakit kepala terus menerus, apalagi disertai demam, bisa jadi karena ada penyakit tertentu yang lebih parah.

Oleh karena itu, jika Anda menderita sakit kepala yang terus-menerus, sakit kepala selalu terjadi tiap bulan, Anda harus segera mengambil tindakan. Anda harus segera mengatasi sakit kepala berkepanjangan itu. Jika tidak segera diatasi, sakit kepala bisa berakibat penyakit serius lain yang lebih berat.

Lalu, apa penyebab sakit kepala terus-menerus? Bagaimana cara menyembuhkan sakit kepala terus-menerus? Bagaimana cara mencegah sakit kepala seperti itu?

8 Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Sakit kepala terus-menerus sering juga disebut sebagai sakit kepala berkepanjangan atau sakit kepala kronis. Tiap kali sakit kepala kambuh, minimal tiap bulan menderita sakit kepala 15 hari. Setidaknya sakit kepala berlangsung 3 bulan berturut-turut.

sakit kepala berkepanjangan

Apa saja penyebab sakit kepala terus-menerus dan bagaimana cara mengatasi?

Penyebab sakit kepala berkepanjangan bermacam-macam. Tetapi tidak semuanya bisa diketahui. Yang tidak bisa diketahui adalah penyebab kepala berkepanjangan primer. Sakit kepala yang tidak ada kaitannya dengan penyakit lain.

Yang bisa diketahui adalah penyebab sakit kepala berkepanjangan non-primer. Yaitu sakit kepala yang berkaitan dengan penyakit lain.

Jadi, sakit kepala terus-menerus ada dua macam. Yaitu, sakit kepala terus-menerus primer dan sakit kepala terus-menerus non-primer.

Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala terus-menerus non-primer yang sering dialami banyak orang, yaitu:

  1. Perubahan tekanan cairan tulang belakang. Umumnya sakit kepala ini terjadi saat seseorang mengambil cairan tulang belakang.
  2. Meningitis atau infeksi virus yang menyerang selaput otak dan tulang belakang. Kondisi ini akan menyebabkan sakit kepala setiap hari. Selain meningitis, sakit kepala terus-menerus yang disertai demam juga bisa menunjukkan adanya ensefalitis atau radang otak.
  3. Pembengkakan di dinding arteri yang memasok darah ke otak (aneurysm) juga bisa membuat Anda menderita sakit kepala yang berkepanjangan. Biasanya kepala terasa berat dengan tekan yang teratur.
  4. Pendarahan di otak (perdarahan subarachnoid). Sakit kepala yang muncul terasa seperti kena pukulan keras atau seperti dipukul dengan palu yang datangnya tiba-tiba (mendadak).
  5. Ada cedera di bagian kepala. Jika Anda pernah terjatuh dan menyebabkan terjadinya cedera kepala, hal ini juga bisa membuat Anda menderita sakit kepala terus-menerus.
  6. Terjadinya penggumpalan darah pada otak. Dengan penggumpalan darah di otak, maka aliran darah ke otak tersumbat / terhenti sehingga terjadi stroke.
  7. Anda menderita tumor otak, salah satu gejalanya ditandai dengan sakit kepala.
  8. Migrain juga bisa menyebabkan sakit kepala yang terus-menerus. Penyakit migrain umumnya diderita kaum wanita. Penderita migrain akan merasa kepala merasa nyeri seperti diikat.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Terus-menerus

Pertanyaanya sekarang, bagaimana cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan? Apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan atau menghentikan sakit kepala terus-menerus?

Tentu saja, banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Anda bisa melakukannya secara tradisional atau alami, menggunakan obat herbal atau secara medis. Anda bisa memilih cara yang Anda inginkan.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Adakalanya sakit kepala akibat kurang cairan sehingga aliran darah dan oksigen menuju otak terganggu. Minum air mineral dalam jumlah yang cukup akan membuat tubuh tidak kekurangan cairan sehingga aliran darah dan oksigen ke otak berjalan lancar.

2. Menggosokkan Es Batu

Es batu juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Kegunaan es batu ini bisa melemaskan otot-otot yang tegang. Otot yang tegang bisa membuat kepala sakit terus-menerus. Es batu dibungkus lalu digosok-gosokkan pada bagian kepala belakang yang sakit.

3. Mengonsumsi Pisang Tiap Hari

Mengonsumsi pisang tiap hari juga bisa menjadi cara mengobati sakit kepala terus-menerus. Buah ini mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi yang mampu mengatasi sakit kepala. Anda perlu mengonsumsi minimal 3 buah pisang rutin setiap hari.

4. Mengonsumsi Kentang Rebus

Kentang juga bagus untuk menghilangkan sakit kepala terus-menerus. Kentang mengandung banyak kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan kalium bisa menyebabkan Anda mudah terkena sakit kepala.

Tetapi konsumsilah kentang rebus, bukan kentang goreng. Mengapa? Konteng goreng justru tidak sehat untuk Anda konsumsi karena minyaknya.

Mengobati Sakit Kepala Terus Menerus dengan Obat Herbal

Anda juga bisa mengobati sakit kepala terus-menerus dengan obat herbal. Antara lain:

  • Tokin Tablet, Obat Untuk Sakit Kepala- Migren- Nyeri Syaraf- Stress. Isi 24 kaplet dengan harga Rp 17.500
  • Obat Sakit Kepala Nyutnyutan, Migran, Vertigo, Cluster, Sakit Kepala Sebelah, Pusing, Rieut Kepala Herbal Jelly Gamat Murni. Isi 300 ml dengan harga Rp 155.000
  • Siang Pure Oil – Minyak Angin Herbal untuk Nyeri Sendi- Sakit Kepala- Flu- Pilek dengan harga Rp 69.000.
  • Tien Ma Mi Huan Su – Untuk mengatasi penyakit Vertigo– Sakit Kepala Akibat Hipertensi- Rematik. Harga obat Rp 62.500

Penutup

Sakit kepala berkepanjangan harus diatasi segera. Lebih-lebih sakit kepala akibat adanya penyakit tertentu. Ya, sakit kepala memang ada yang tidak ada kaitannya dengan penyakit tertentu tetapi ada juga sakit kepala akibat adanya sakit tertentu.

Anda bisa mengatasi sakit kepala terus menerus dengan memanfaatkan obat tradisional alami atau obat herbal. Cara murah dan mudah untuk mencapai kehidupan sehat atau waras wiris. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.