Sakit Kepala Saat Haid – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Kepala 0 Comments

ANDA sering menderita sakit kepala saat haid? Bagaimana cara mencegah supaya tidak menderita sakit kepala ketika sedang haid?

Meskipun dokter menyatakan itu adalah gejala wajar, setiap wanita tentu saja ingin saat haid selalu sehat. Tidak mengalami sakit kepala atau gangguan kesehatan lain. Kenyataannya memang 60% wanita haid mengalami sakit atau nyeri kepala. Saat sakit kepala, penderita akan merasa nyut-nyut di kepala.

Jadi, rasanya memang sakit sekali. Tentu saja, kondisi seperti itu bisa mengganggu aktivitas keseharian wanita yang sedang haid atau menstruasi.  Kondisi seperti ini sering disebut sebagai menstrual migraine.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Sakit Kepala Saat Haid dan Cara Mengatasi

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya kita ketahui dulu apa penyebab sakit kepala saat haid. Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa mengatasinya dengan tepat.

Hal ini penting karena sakit kepala saat haid biasanya lebih berat dibandingkan sakit kepala ketika tidak haid. Tentu saja, ini bisa menambah berat beban wanita tiap bulannya.

Umumnya sakit kepala saat haid adalah akibat adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Sakit kepala bagi wanita yang sedang menstruasi atau haid bisa terjadi dua hari sebelum haid dan tiga hari pertama ketika haid.

Penurunan hormon yang mendadak berkaitan dengan haid selama PMS dan haid bisa menyebabkan kepala sakit. Makin besar penurunan hormon estrogen dan progesteron, maka rasa nyeri di kepala makin tinggi.

Dalam kondisi seperti itu, sumber daya otak yang bisa menurunkan rasa nyeri atau rasa sakit kepala makin berkurang. Yang terjadi, ya sakit kepala agak berat dialami wanita haid.

Ada yang menyebutkan bahwa sakit kepala saat haid atau menstruasi sebagai migrain menstruasi (menstrual migraine). Waktunya bisa antara dua hari sebelum haid sampai lima hari saat haid.

Ya, cukup lama juga beban berat wanita haid. Fungsi hormon estrogen antara lain mengaktifkan bagian otak yang mengatur persepsi nyeri. Ketika hormon ini turun, rasa nyeri bisa lebih tinggi.

Jangan Menunda Makan dan Hindari Makanan Siap Saji

Adakah cara untuk mengatasi terjadinya sakit kepala ketika sedan haid / menstruasi?

Obat pereda nyeri kepala

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, sakit kepala saat haid bisa dicegah atau diatasi. Baik dengan mengonsumsi obat atau dengan mengubah pola makan.

Obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi terjadinya sakit kepala (migrain) pada wanita haid, seperti disarankan oleh dr Fiona Amelia adalah obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Jika kepala masih terasa sakit, obat yang lebih kuat dari golongan triptan juga bisa dipilih.

Cara lain

Cara lain untuk mengatasi atau mencegah sakit kepala / migrain menstruasi bisa dilakukan dengan menghindari makanan siap saji (fastfood), menghindari pemanis buatan, alkohol, menunda waktu makan, dan menghindari minuman berkafein seperti minuman kopi atau minuman teh.

Selain itu, Anda bisa mengatasinya dengan tidur yang cukup, menghindari stres dengan melakukan relaksasi, senam, dsb. Atau mengonsumsi vitamin dan mineral.

Atau dengan melakukan kompres pada area kepala atau leher yang sakit. Kompres dilakukan dengan menggunakan handuk kecil, sapu tangan atau kain lainnya yang sudah direndam di dalam air dingin.

Atau mengompres dengan es batu. Caranya, beberapa es batu dibungkus dengan handuk atau kain lainnya, lalu diletakkan di bagian yang terasa sakit atau nyeri.

Jika sakit kepala tetap belum teratasi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Demikian artikel tentang sakit kepala saat haid atau menstruasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Semoga Anda selalu sehat. Terima kasih atas kunjungan Anda.

!-- Ads 300x250 -->