16 Sayuran Yang Mengandung Vitamin C – Perkuat Daya Tahan Tubuh

Herbal ratnasilvi 0 Comments

BIAR tidak mudah kena penyakit, termasuk tidak mudah terjangkiti virus seperti corona (covid-1), Anda harus memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C.

Selain mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C, usaha memperkuat daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C.

Manfaat lain dari mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C juga bisa membantu pertumbuhan, perbaikan, dan perkembangan jaringan tubuh.

Bahkan, vitamin C juga merupakan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

Radikal bebas jika dibiarkan dalam tubuh bisa menyebabkan risiko sakit kanker, jantung dan kondisi lain seperti arthritis. Oleh karena itu, sangat penting Anda selalu memperhatikan asupan vitamin C tiap hari.

Selain dari sayuran, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin C dari konsumsi buah segar. Konsumsi vitamin C juga bisa membuat kulit tubuh selalu sehat dan bersih, mulus.

Pria dewasa perlu mengonsumsi vitamin C 90 mg, wanita dewasa 75 mg, wanita saat hamil 85 mg, dan saat menyusui 120 mg.

Menurut dr Anna Kartika, kepala Unit Donor Darah PMI Kota Semarang, Jawa Tengah, untuk memperkuat daya tahan tubuh sebenarnya tidak hanya vitamin C.

Baca – 10 Makanan Pembakar Lemak Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Tetapi juga vitamin B, E dan D. Tetapi vitamin C memang tertinggi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

sayuran yang mengandung vitamin c

Sayuran dan Buah Yang Mengandung Vitamin C Tinggi dan Cara Mengonsumsinya

Pertanyaannya, sayuran apa saja yang kaya vitamin C dan perlu kita konsumsi sehingga kita tidak akan kekurangan vitamin C?

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kita perlu mengonsumsi sayuran dan buah karena tubuh tidak memproduksi vitamin C sendiri.

Ada baiknya Anda juga mengonsumsi buah dalam kondisi mentah karena kandungan vitamin C-nya masih tinggi. Sebab, jika dimasak, kadar vitamin C-nya berkurang.

Demikian pula untuk sayuran. Vitamin C yang Anda dapatkan lebih banyak jika sayuran dikonsumsi dalam kondisi mentah. Ya, seperti dibuat lalapan.

Berikut adalah sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi yang perlu Anda konsumsi. Yakni:

1. Cabai merah setengah cangkir mengandung 107,8 mg (miligram) vitamin C. Bisa meredakan nyeri sendi dan otot.

2. Paprika merah secangkir mengandung 190 mg. Bagus untuk kesehatan mata.

3. Secangkir paprika hijau mengandung 120 mg vitamin C. Paprika hijau juga sumber serat.

4. Kangkung mengandung 80,4 mg vitamin C.

5. Brokoli 132 mg vitamin C dan kaya serat. Mengandung 30 kalori per porsi. Bisa mencegah kanker.

6. Bunga kol bisa dipanggang, dikukus, atau ditumbuk. Mengandung 127,7 mg vitamin C. Ada juga kandungan 5 gram serat dan 5 gram protein.

7. Kubis brussel mencegah kanker. Mengandung 74,8 mg vitamin C. Bisa dipanggang biar tidak terasa pahit

8. Kembang kol. Semangkuk mengandung 50 mg vitamin C.

Baca – Makanan Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Menyembuhkan

9. Bayam, mengandung 8,5 mg. Vitamin C-nya memang rendah, tetapi bayam juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Yakni, vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

10. Pepaya bisa membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan menguatkan tulang. Secangkir mengandung 88,3 mg vitamin C.

11. Stroberi secangkir mengandung 84,7 mg vitamin C. Ditambah asam folat dan senyawa lain bisa meningkatkan kesehatan jantung dan memutihkan gigi secara alami.

12. Nanas mengandung 78,9 mg vitamin C. Kandungan lain adalah bromelain, enzim pencernaan yang bisa mencegah perut kembung.

13. Dua buah kiwi mengandung 137,2 mg vitamin C. Juga kaya kalium dan tembaga.

14. Mangga mengandung vitamin C 122,3 mg. Mangga juga merupakan sumber vitamin A. Bisa memperkuat kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

15. Jambu biji mengandung 125 mg vitamin C.

16. Jeruk mengandung 70 mg vitamin C. Cukup untuk kebutuhan vitamin C per hari Anda. Bisa dimakan utuh (mentah), bisa dibuat jus. Satu cangkir jus jeruk mengandung 125 mg vitamin C.

Penutup 

Nah, mengonsumsi sayur dan buah sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh biar tidak mudah kena penyakit, termasuk virus corona (covod-19).

Cuma virus corona lebih kuat daya tularnya. Maka, kita perlu selalu pakai masker, jaga jarak dengam orang lain dan cuci tangan dengan sabun. Tentu saja, ditambah memperkuat daya tahan tubuh.

Ribuan warga Indonesia sudah jadi korban virus ganas ini. Maka, patuhi aturan atau protokol kesehatan biar kita tetap sehat. Repot sebentar tak apa. Yang penting kita selamat.