Sembuh dari Covid-19: Tiap Hari Minum Madu, Air Kelapa Muda, Jus

Berita ratnasilvi 0 Comments

SUDAH ribuan orang sembuh dari virus corona atau covid-19. Tentu saja, mereka punya pengalaman menarik yang tidak terlupakan, bagaimana cara sembuh dari covid-19.

Salah satunya adalah Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) Ernawaty Ridwan. Saat menjalani isolasi, dia selalu minum air kelapa muda.

“Selama saya diisolasi, setiap hari saya minum air kelapa muda. Alhamdulillah saya rasa itu juga menjadi salah satu terapi yang betul-betul memberikan saya proses pemulihan secara cepat,” ungkap Ernawaty, di Makassar, Kamis 9 Juli 2020, seperti dikutip oleh makassar.terkini.id.

Selalu Berpikiran Positif dan Berdoa Minta Kesembuhan

pasien covid-19 sembuh

pasien covid-19 yang dinyatakan sudah sembuh (foto:radarsurabaya.jawapos.com)

Menurut Ernawati, dia dinyatakan positif menderita covid-19 pada Juni lalu. Dia dinyatakan positif setelah menjalani tes rapid dan swab test.

Berdasarkan hasil pemeriksaan itu, akhirnya dia harus menjalani isolasi di Hotel Harper Makassar melalui program Duta Covid-19. Jadi, ia menjalani isolasi sebagai program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk mengisolasi pasien covid-19 kategori orang dengan gejala ringan dan orang tanpa gejala.

Baca – Lagi, Dokter di Surabaya Meninggal Akibat Terkena Covid-19

Selama berada dalam isolasi, dirinya selalu mengonsumsi air kelapa muda, madu, dan berbagai jus. Selain itu, dia juga rajin minum air putih.

“Ketika minum air putih, saya selalu berdoa semoga air minum yang saya minum itu molekul molekulnya berubah menjadi positif,’ katanya.

Dengan pikiran yang positif dan doa yang juga positif, dia berharap demoga virus yang ada di dalam tubuhnya keluar bersama air kencing, keringat dan kotoran.

Ernawaty menjalani isolasi di Hotel Harper selama 11 hari. Setelah hasil test keluar, dia dinyatakan sembuh atau negatif dari covid-19.

Mengimbau Masyarakat Untuk Selalu Pakai Masker, Jaga Jarak, dsb.

Berdasarkan pengalamannya itu, dia mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Rajin menggunakan masker, selalu menjaga jarak dengan orang lain dan menjaga kebersihan tangan.

“Kebersihan tangan itu penting, khususnya bagi perempuan berjilbab. Kadang sedikit-sedikit menarik atau memperbaiki jilbab. Yang pakai kacamata juga sering menggosok matanya. Jadi, tangan cenderung suka menyentuh wajah,” ujarnya.

Dia pun meminta para pasien covid-19 untuk tidak malu mengumumkan dirinya kena cavid-19. Itu justru akan menyelamatkan banyak orang lain. dan demi memutus mata rantai penularan.

Baca – Ventilator: Alat Medis Untuk Melawan Covid-19

Ditambahkan, mereka yang statusnya sebagai penderita covid-19 tidak perlu malu mengumumkan dirinya kena covid-19. Cara itu justru akan membantu pemerintah memutus mata rantai penularan.

Kalau kita malu mengumumkan justru kita mencelakahkan orang lain.

Masyarakat juga perlu mengerti bahwa kondisi pisikologis orang yang terpapar covid-19 butuh kekuatan mental. Jika masyarakat tidak memberikan dukungan, itu pukulan terberat bagi pasien covid-19. Jadi jangan dianggap hama,” tuturnya.

Jumlah Penderita Covid-19 Terus Meningkat

Tentu kisah menarik dari pasien covid-19 yang sembuh sangat banyak dan beragam. Sebab, jumlah pasien sembuh sampai berita ini ditulis telah mencapai 33.000 orang. Jumlah mereka kini berkisar 900-an pasien per hari.

Tetapi di sisi lain, jumlah pasien baru masih cukup tinggi. Yakni mencapai sekitar 1.500 orang. Dari hasil penelitian, jumlah anggota masyarakat yang belum mematuhi atau menjalankan aturan (protokol) kesehatan memang masih cukup tinggi.

Baca – 5 Cara Berenang di Kolam Umum – Aman Dari Covid-19

Padahal, kunci sukses menghindari virus corona (covid-19) adalah mematuhi aturan kesehatan. Dan, itu pula sukses sembuh dari covid-19 yang dialami oleh ketua Pengadilan Negeri Sidrap, Sulsel, Ernawaty Ridwan.

Yakni, selalu mengenakan masker saat keluar dari rumah, selalu menjaga jarak dengan orang lain dan selalu mencuci tangan dengan sabun. Ditambah selalu mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga.