4 Jenis Senam Vertigo – Ampuh Mengatasi Penyakit Vertigo

Sakit Kepala 0 Comments

VERTIGO bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Bahkan, ketika sedang dalam perjalanan dengan naik motor, vertigo bisa terjadi tiba-tiba. Tentu saja, kondisi ini sangat merepotkan. Senam vertigo bisa membantu mengatasinya.

Selain kepala terasa sakit berat, penderita kehilangan keseimbangan ketika penyakit vertigo menyerang. Maka, apabila tidak segera duduk atau mendapatkan pegangan, penderita vertigo bisa terjatuh.

Mencegah terjadinya vertigo sangat penting. Banyak cara mencegah vertigo bisa Anda lakukan. Antara lain dengan senam vertigo.

Berikut ini beberapa jenis senam vertigo yang bisa Anda lakukan. Senam atau latihan vertigo ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau di mana pun Anda ingin melakukan senam vertigo.

1. Terapi Senam Vertigo

Senam untuk vertigo ini terdiri dari beberapa gerakan. Antara lain:

Pertama: Berdiri tegak, buka mata, dan pejamkan mata. Buka mata lagi, pejamkan lagi, dst. Lakukan gerakan yang sama sampai 5 kali.

Kedua: Lakukan gerakan kepala berputar. Caranya, kepala menunduk dengan dagu menyentuh dada. Lalu putar kepala ke kiri dan lakukan sampai 3 kali.

Setelah itu, lakukan gerakan yang sama tetapi kepala berputar ke arah kanan. Juga lakukan 3 kali.

Ketiga: Gerakkan wajah Anda menghadap ke atas dan ke bawah. Lakukan perlahan-lahan. Ulangi sampai tiga kali. Menghadap ke atas lalu turunkan dan menghadap ke bawah.

Keempat: Gerakkan kepala ke arah kiri dengan posisi miring hingga kepala menyentuh bahu. Lakukan gerakan yang sama sampai 3 kali. Lalu, gerakkan kepala miring ke kanan sampai ke bahu. Juga ulangi sampai 3 kali.

Kelima: Duduk tegak dan punggung lurus dengan mata terbuka. Lalu, berdiri dengan mata tertutup. Setelah itu, berdiri lagi dan duduk lagi. Lakukan gerakan yang sama sampai 3 kali.

Keenam: Gerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri dengan mata terbuka. Ulangi gerakan itu sampai 3 kali.

Ketujuh: Menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah. Lakukan hal yang sama sampai 3 kali.

Kedelapan: Menggerakkan mata ke arah objek yang bergerak. Mata terus arah ke objek tersebut.

2. Latihan dengan Menutup Mata Saat Bangun Tidur

Senam vertigo lainnya adalah menutup kepala begitu Anda telah bangun dari tidur. Tujuannya untuk membuat saluran telinga bagian dalam tidak begitu sensitif.

Diharapkan dengan senam vertigo ini penyakit vertigo Anda makin jarang kambuh. Bahkan, bisa tidak kambuh.

Caranya, setelah Anda bangun dari tidur, maka lakukan latihan / senam berikut ini. Anda harus melihat satu objek di depan yang agak jauh. Lalu, tutup salah satu mata Anda dan mata satunya tetap melihat objek yang Anda telah tetapkan sampai sekitar 20 detik.

Lakukan hal yang sama pada mata satunya dan mata lain fokus melihat obyek yang telah ditentukan. Ulangi semua gerakan itu sampai 10 kali. Lakukan senam ini tiap hari sampai vertigo tidak pernah kambuh lagi.

3. Senam Mempertahankan Fokus.

Senam yang ini mirip senam vertigo nomor 2. Hanya gerakannya agak beda. Yang sama adalah tujuannya, yakni melatih untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. Senam ini bisa mengatasi dan mencegah terjadinya kepala pusing tujuh keliling.

Senam ini banyak dilakukan para penari. Walaupun mereka berputar saat menari, mereka tidak akan merasa pusing karena sudah terlatih. Caranya, selama tubuh berputar, pandangan mata penari tetap pada satu titik.

Jadi, selama Anda melakukan latihan ini, mata (pandangan) tetap pada titik yang ditentukan. Anda harus selalu berfokus mengarahkan pandangan mata ke arah titik itu.

Senam ini dilakukan dengan menggerakkan kepala dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Tetapi, pandangan tetap pada objek yang ditentukan. Secara perlahan, kecepatan gerakan kepala makin dipercepat. Ya, seperti penari khas Aceh.

Tetapi, jika titik fokus mulai tampak kabur, maka kecepatan gerakan kepala perlu Anda turunkan. Anda tidak boleh berhenti sampai satu menit. Sebab, otak membutuhkan waktu 1 menit untuk adaptasi.

Ulangi latihan atau senam vertigo ini sampai 3 kali. Bahkan, Anda bisa meningkatkan durasi latihan jika Anda tidak merasa pusing.

senam vertigo senam yoga mengatasi vertigo (foto:halosehat.com)

Anda juga melakukan senam ini dengan menggerakkan kepala ke atas bawah. Siap untuk mencoba? Semoga vertigo Anda cepat sembuh. Yoga juga bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan vertigo.

4. Lakukan Manuver Epley

Senam vertigo lainnya adalah menuver epley. Sama dengan senam untuk vertigo nomor 1, senam untuk vertigo ini juga dilakukan di tempat tidur.

Caranya, Anda duduk di tempat tidur. Di belakang Anda perlu diletakkan bantal. Ketika melakukan gerakan tidur telentang, maka bahu Anda akan jatuh ke bantal.

Lalu, putar kepala ke arah kanan sampai 45 derajat dengan mata melihat ke objek. Lalu, telentang dengan cepat dengan posisi bahu di atas bantal. Sementara, posisi kepala lebih rendah dari bahu. Mata tetap tertuju 45 derajat ke kanan.

Setelah 30 detik, kepala diputar 90 derajat ke kiri dalam waktu 30 detik.

Lalu, putar seluruh tubuh dan kepala 90 derajat ke kiri selama 30 detik. Lakukan senam vertigo ini sehari 3 kali biar usaha mengatasi penyakit vertigo bisa cepat mendapatkan hasil terbaik: vertigo jarang kambuh atau vertigo tidak kambuh.

Cara ini mirip apa yang diceritakan seorang pasien tentang praktek penyembuhan vertigo di sebuah rumah sakit di Singapura. Baca: 7 cara mencegah vertigo kambuh lagi.

Penutup

Senam vertigo sangat penting untuk Anda lakukan. Cara mengatasi vertigo di rumah yang efektif. Anda bisa melakukan sendiri cara mengatasi vertigo karena caranya sangat mudah.

Selain dengan senam, Anda juga bisa mengatasi vertigo dengan menghindari makanan yang bisa menyebabkan vertigo.

Yang penting lakukan senam dengan baik. Pilih cara mana yang nyaman untuk mengatasi vertigo dan lakukan senam secara rutin. Sekian.