WARASWIRIS.COM

Sensodyne Untuk Gigi Goyang Biar Gigi Kuat Kembali

Reading Time: 4 minutes

PUNYA gigi goyang tetapi tidak ingin gigi itu lepas atau dicopot? Ya, bisa. Caranya pun mudah. Anda bisa menggunakan pasta gigi Sensodyne untuk gigi goyang biar tidak copot.

Dengan menggosok gigi pakai pasta gigi Sensodyne, Gigi Anda kembali kuat sehingga tidak perlu penocopotan.

Intinya, gigi goyang bisa diatasi sehingga tidak jadi lepas. Atau tidak jadi dicopot. Yang penting, penanganan cepat dilakukan dan gigi bisa kembali kuat.

Nah, bagaimana caranya biar gigi tidak makin goyah atau goyang? Tidak mudah lepas atau copot? Apa yang harus Anda lakukan?

Penyebab Gigi Goyang atau Goyah

Gigi goyang biasanya terjadi pada anak kecil yang sedang dalam masa transisi pergantian gigi susu ke gigi tetap. Tapi apa yang harus harus Anda lakukan jika gigi Anda sendiri yang terasa goyang?

Artikel ini menjelaskan apa penyebab gigi goyang pada remaja dan orang dewasa. Lantas, bagaimana cara mencegah terjadinya gigi goyang atau goyah biar tidak lepas atau copot?

Gigi goyang memang bisa Anda atasi biar tidak lepas. Apalagi yang goyang adalah gigi permanen yang tida akan ada gantinya. Yang penting kondisi goyangnya belum parah.

Beberapa penyebab gigi goyang adalah:

1. Infeksi Serius Pada Gusi

Salah satu penyebab terbanyak adalah infeksi serius pada gusi yang dinamakan periodontitis. Periodontitis terjadi akibat Anda tidak rajin membersihkan gigi dan mulut.

Akibatnya, muncullah plak dan makin lama makin banyak. Bahkan, akhirnya muncullah karang gigi.

Bersamaan dengan itu, bakteri gigi juga makin banyak. Bakteri kemudian menginfeksi gusi, jaringan gigi, bahkan tulang di sekitarnya.

Maka, terjadilah radang kronis yang bisa membuat gigi goyang. Gigi tidak punya penguat lagi.

2. Sering Mnggeretakkan Gigi

Jika Anda punya kebiasaan menggeratakkan gigi ketika tidur, tolong sekarang mulai dihindari. Kebiasaan itu makin lama bisa membuat gigi goyang.

Sebab, dengan kebiasaan meggeretakkan gigi, akar gigi dan jaringan pendukungnya makin longgar. Gigi pun mulai bergoyang.

2. Gigi Mengalami Cedera

Gigi cidera akibat benturan keras juga bisa membuat gigi goyang. Bahkan, benturan pada wajah juga bisa menyebabkan gigi mau copot.

4. Hormon Saat Bunda Hamil

Meningkatnya hormon saat Bunda hamil juga bisa menyebabkan gigi goyang.

Akibat hormon progesterone dan estrogen selama Bunda hamil, jaringan ikat tulang di sekitar gigi juga kendor. Efeknya, gigi jadi goyang.

Bahkan, tingginya hormon juga bisa membuat bakteri mulut kian banyak. Ibu hamil pun menjadi rentan menderita gusi bengkak atau berdarah.

5. Tulang Keropos atau Osteoporosis

Menurunnya cadangan kalsium di tulang dan gigi akibat usia lanjut juga bisa membuat gigi goyang. Tidak lain karena penguat akar gigi menurun. Selain itu, jaringan tulang rahang jadi lemah.

Cara Mengatasi Gigi Goyang agar Tidak Copot

Bagaimana cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot?

Jika terasa gigi mulai goyang, Anda sebaiknya segera mengatasinya. Biar gigi goyang tidak makin parah. Sebaliknya, gigi bisa kuat kembali dan tidak copot.

Jadi, usahakan gigi agar tidak lepas. Apalagi yang goyang adalah gigi permanen, termasuk gigi depan. Nanti gigi Anda ompong.

Tetapi jika goyangnya sudah berat, ya Anda sebaiknya kunjungi dokter gigi. Apalagi disertai:

9 Cara Mengatasi Gigi Goyang 

Jika gigi goyang masih tergolong ringan dan sedang, Anda bisa mengatasinya sendiri. Antara lain dengan:

1. Rajin menyikat gigi – Menyikat gigi sehari dua kali. Habis sarapan pagi dan menjelang tidur malam. Anda sebaiknya menyikat gigi pakai pasta gigi Sensodyne untuk gigi goyang biar tidak copot

2. Sisa makanan di sela gigi – Bersihkan sisa-sisa makanan di sela gigi dengan menggunakan benang gigi biar tidak muncul plak gigi

3. Segera bersihkan plak – Jika muncul plak, segera bersihkan. Dengan cara ini, munculnya kerang gigi bisa Anda hindari. Gigi pun akan selalu sehat.

4. Konsumsi vitamin D – Sering mengonsumsi vitamin D dan kalsium dalam jumlah yang cukup per hari.

5. Gunakan pelindung gigi – Ini penting supaya gigi terhindari dari benturan yang keras yang bisa mengakibatkan gigi patah atau lepas. Contohnya petinju atau melakukan olahraga ekstrem.

6. Menggeretakkan gigi – Hindari kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur.

7. Bersihkan karang gigi – Jika penyebab gigi gyang adalah banyaknya karang gigi, maka Anda perlu membersihkan karang gigi. Anda bisa menggunakan pasta gigi Sensodyne yang manfaatnya juga mampu membersihkan plak dan karang gigi.

8. Atasi dulu diabetes – Tingginya gula darah bagi penderita sakit diabetes juga bisa menyebabkan gigi goyang / goyah. Cara mengatasi gigi goyang karena diabetes, ya turunkan kadar gula darah Anda. Nanti gigi goyang berkurang atau kuat kembali.

9. Menyikat gigi pakai Sensodyne – Pasta gigi Sensodyne multi action dengan kandungan bahan aktif sodium fluoride 0,221% dan potassium nitrate 5% mampu membersihkan plak dan karang gigi.

Paling banyak menyikat gigi 3 kali sehari, jumlah pasta gigi 1 inci pada sikat gigi dan gunakan menyikat gigi minimal 1 menit.

Pakai Sensodyne untuk gigi goyang biar gigi kuat kembali dan tidak perlu dicopot.

Harga pasta gigi Sensodyne tidak mahal. Harga Sensodyne multi action Rp 35.000 isi 100 gr dan Rp 47.000 isi 160 gr.

Baca Juga:

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi gigi goyang dan goyah. Pasta gigi Sensodyne bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi gigi goyang agar kuat kembali dan sehat.

Selain itu, Anda harus mencegah gigi goyang makin parah dan perlu dicabut. Tetapi rawat dengan baik biar gigi tidak copot atau lepas.

 

 

Exit mobile version