Sunat Laser Makin Banyak Diminati – Berapa Biayanya?

Berita ratnasilvi 0 Comments

SUNAT pakai laser? Ya, kini makin banyak orang memilih sunat laser untuk anak lelakinya. Pelaksanaan sunat dengan metode ini hanya perlu 5 – 10 menit. Kurang dari 7 hari, luka akibat disunat sudah sembuh.

Selain itu, khitan pakai laser jauh lebih aman dan nyaman. Sunat menggunakan metode ini minim perdarahan. Bahkan bisa dibilang tanpa darah.

Tentu saja, yang jadi pertanyaan adalah biayanya. Berapa harga sunat menggunakan laser? Di mana saja penyedia jasa sunat seperti itu?

Alasan Mengapa Anak Diharuskan Sunat Atau Khitan

Sunat atau khitan, menurut dr Kevin Adrian adalah suatu prosedur yang tujuannya untuk mengangkat jaringan yang menutupi ujung penis atau kulup.

Sunat bisa dibilang merupakan keharusan atau wajib bagi lelaki atau pria muslim. Ritual sunat dilakukan mulai zaman Nabi Ibrahim.

Baca – Harga Alat Dokter Laser – Makin Mudah Mengatasi Stroke

Ketika beliau mendapatkan perintah sunat dari Allah, konon beliau sudah berusia 70-an tahun.

sunat laser

Mengapa diperintahkan untuk sunat? Tujuannya supaya tidak ada najis (kotoran) tertinggal setelah selesai buang air kecil.
Dalam hukum Islam, air seni adalah najis. Jika tidak dibersihkan, maka ibadah shalat yang dilakukan tidak sah. Tanpa sunat, pembersihan sisa air seni sulit dicapai.

Ya, inilah latar belakang mengapa anak muslim harus disunat. Sunat harus dilakukan sebelum anak menginjak usia balig (dewasa).

Sebab setelah menginjak dewasa, seseorang akan terkena kewajiban ibadah shalat. Saat menjalankan shalat, seseorang harus bersih dari najis. Di antara najis adalah air seni.

Cuma kapan seorang anak harus disunat? Tiap daerah punya tradisi yang tidak sama. Ada yang begitu bayi lahir langsung disunat.

Ada yang menunggu sampai anak berani sunat. Umumnya dalam usia sebelum masuk SMP.

Tetapi secara medis, sunat bagi anak lelaki juga sangat penting. Ada beberapa manfaat yang tidak kecil dari pelaksanaan sunat.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami dan Cepat

Antara lain bisa menghindari kemungkinan terjadinya infeksi akibat kotoran yang menumpuk di ujung penis. Misalnya infeksi saluran kemih.

Juga bisa terhindar dari risiko tertular infeksi menular seksual, serta bisa mencegah kanker penis dan kanker serviks pada pasangan.

Khitan Metode Laser Menggunakan Alat Bedah Listrik

Selain sunat menggunakan pisau bedah, sejak beberapa tahun lalu berkembang khitan dengan metode laser. Metode ini banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dibandingkan dengan metode sunat biasa atau konvensional.

Menurut dr Kevin Adrian, penamaan sunat laser sesungguhnya kurang tepat. Sebab, sunat metode laser yang banyak dipraktekkan tidak memakai sinar laser. Tetapi pakai alat kauter (electro cauter) atau bedah listrik untuk memotong kulit ujung penis.

Bentuk alat kauter ini seperti pulpen dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya. Kedua lempeng kawat saling berhubungan. Ketika dialiri listrik, ujung logam menjadi panas dan memerah. Alat ini yang dipakai memotong kulit kulup.

Khitan menggunakan alat kauter tidak menimbulkan perdarahan. Sebab, alat ini punya sifat panas dan darah yang keluar langsung membeku di kulit.

Ya, teknik bedah listrik memang hampir sama dengan sunat pakai sinar laser. Keduanya sama-sama efektif untuk menyunat atau mengkhitan anak lelaki.

Sunat dengan metode laser menggunakan sinar laser CO2. Hanya saja, sunat metode laser belum banyak tersedia di fasilitas pelayanan medis di Indonesia.

Baca – Cara Merapikan Gigi dengan Sendok Kayu

Baik sunat pakai metode laser maupun listrik tetap memerlukan jahitan biar hasil sunat lebih rapi dan cepat sembuh.

Kelebihan dan Kekurangan Sunat Laser

Berikut beberapa kelebihan sunat metode laser dibandingkan dengan sunat tradisional atau konvensional seperti disampaikan oleh Kementerian Kesehatan RI. Yaitu:

1. Metode khitan laser cocok untuk anak-anak, termasuk yang berusia di bawah 3 tahun. Sebab, pembuluh darah mereka masih sangat kecil.
2. Risiko terjadi pendarahan minimal karena menggunakan alat pemanas (bukan benda tajam).
3. Waktu pengerjaan sunat atau khitan relatif lebih cepat.
4. Waktu penyembuhannya relatif lebih cepat.

Tetapi, Kemenkes juga mengingatkan bahwa metode sunat ini punya kekurangan. Antara lain:

1. Kulup dapat kembali menutup apabila pemotongan ujung penis (kulup) terlalu pendek.
2. Khitan pakai laser dapat menimbulkan luka bakar pada penis apabila dilakukan oleh orang tidak ahli.
3. Sebaiknya sunat metode ini hanya dilakukan di sarana kesehatan seperti klinik, puskesmas, rumah sakit, atau dokter yang kompeten. Jika takut anaknya dibius saat akan disunat, disarankan pakai bius total jika anak yang akan dikhitan sudah besar.

Berapa Biaya Sunat Laser? 

Biaya sunat laser, seperti halnya surat konvensional, tentu saja bervariasi. Antara satu penyelenggara layanan sunat dengan lainnya tidak sama. Di Jakarta, dari hasil penelusuran di beberapa tempat diketahui harga sunat laser terendah adalah Rp 650.000.

Biaya sunat laser tergantung pada kualitas layanan, lokasi tempat layanan, fasilitas yang diberikan, dokter yang mengkhitan, dsb. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.