WARASWIRIS.COM

Pakai Sunscreen Dulu atau Day Cream Dulu, Mana yang Benar

Reading Time: 4 minutes

MANA yang benar? Pakai sunscreen dulu atau day cream dulu? Demikian pertanyaan yang sering muncul di forum-forum kesehatan dan kecantikan.

Sunscreen atau sunblock digunakan untuk mengolesi kulit wajah atau bagian tubuh lainnya supaya aman dari paparan sinar matahari, khususnya dengan sinar ultravoiletnya (UV).

Sementara, day cream atau pelembab muka bermanfaat untuk membuat wajah biar selalu terhidrasi dengan baik. Dengan demikian, kulit tidak akan kering.

Baca – 7 Sunblock Wajah Waterproof untuk Anda Saat Berenang

Tetapi untuk urutan pemakaian, mana yang benar? Sunscreen dulu atau day cream dulu?

Berikut adalah jawaban dari tiga dokter mengenai pemakaian sunscreen dan day cream. Mana yang benar: pakai sunscreen atau day cream dulu? Semoga bisa membantu.

Dr dr Srie Prihianti: Pakai Pelembap Dulu dan Baru Sunscreen. Mengapa?

Dr. dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD., spesialis kulit dan kelamin seperti dikutip femina.com mengatakan, pada dasarnya manfaat penggunaan sunscreen ada dua proteksi atau perlindungan kulit dari sinar matahari.

Yakni, yang dinyatakan dalam angka SPF untuk melindungi kulit Anda dari UVB (ultra violet B) dan PA yang melindungi kulit dari UVA (ultra violet A).

Terkena paparan sinar matahari terlalu lama bisa merusak kulit, kulit keriput dan terjadi penuaan dini (dari efek UVA). Bahkan bisa juga menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Efek dari paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit memerah dan perih, rasa terbakar dan kulit tubuh menjadi lebih gelap (efek terkena UVB).

Tetapi tidak selamanya sinar matahari membahayakan. Anda sangat baik berjemur sinar matahari selama 10 – 15 menit pada pukul 7 – 9 pagi.

Dengan berjemur sinar matahari pada jam itu, tulang Anda akan kuat, tidak mudah rapuh ataupun patah.

Untuk menghindari efek negatif sinar matahari, Anda bisa menggunakan pelembap seperti day cream, krim pagi, dsb.

Untuk pemakaian pelembap, tutur Dr. Srie, sebaiknya menggunakan pelembap atau moisturizer terlebih dahulu. Setelah itu barulah menggunakan sunscreen atau sunblock.

Demikian Dr dr Srie mengenai cara memakai sunblock dan krim pagi.

Kini, Banyak Dijual Sunscreen yang Mengandung Pelembap Wajah

Tetapi, dengan kemajuan teknologi, sekarang ini banyak dijual produk pelembap wajah yang sudah mengandung sunblock atau sunscreen.

Jadi, dengan menggunakan satu produk, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Yakni, manfaat dari day cream dan sunblock atausunscreen. Penggunaannya menjadi lebih simpel.

Seorang konsumen pun menuliskan tentang kesannya menggunakan sunblock atau sunscreen Wardah.

Kata dia, sunscreennya benar-benar bekerja. Nggak lengket di kulit. Bikin kulit lembap. Jadi, terkadang nggak perlu pakai moisturizer atau day cream (pelembab siang) untuk melembapkan muka.

Konsumen lain, Louisca dalam forum bautyindonesia.com mengatakan dia setelah memakai toner, baru pakai sunscreen dan baru pakai day cream (cara ini seperti disarankan dr Kevin Adrian di bagian akhir artikel).

Baca – 10 Sunblock Wajah Waterproof dan Harga Terjangkau

Dia mengakui day cream juga mengandung SPF lumayan tinggi. Tetapi dia tetap menggunakan sunscreen karena bagaimanapun terpapar sinar matahari pasti ada efeknya.

Almareeka, konsumen lain menceritakan dia selama ini cukup pakai krim siang aja. Sebab, krim juga sudah ada spfnya. Tetapi ditambah pakai sunscreen, tidak apa.

dr Irna Cecilia: SPF dalam Krim Tak Cukup, Harus Ditambah Sunscreen

Bagaimana menurut dr Irna Cecilia dari alodokter.com?  Dia mengatakan sebaiknya memakai krim wajah dulu dan baru menggunakan sunscreen.

Sebelum menggunakan krim wajah (mouisturizer atau day cream), gunakan dulu perawatan wajah lainnya (cuci wajah, toner, essence, serta serum).

Pada pagi hari, gunakan krim pagi yang mengandung SPF. Lalu memakai sunscreen. Malam hari sebaiknya menggunakan krim wajah khusus untuk malam hari tanpa mengandung SPF.

Baca – 10 Sunblock Untuk Kulit yang Sensitif dan Berjerawat

Jika Anda beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, maka SPF dalam krim wajah tidak cukup untuk melindungi wajah dan kulit bagian tubuh lain dari sinar matahari sepanjang hari.

Anda tetap harus menggunakan sunscreen. Dan, sunscreen perlu Anda pakai sesudah menggunakan day cream. Jadi, pakai day cream dulu. Baru setelah itu pakai sunscreen.

Bahkan, menurut dr Irna, mengoleskan sunscreen tidak cukup hanya sekali. Perlu Anda ulang bila cuaca sangat terik dan Anda cukup lama di luar ruang.

dr. Kevin Adrian: Pakai Sunblock Dulu dan Baru Krim

Berbeda dengan dua dokter di atas, maka dr Kevin Adrian mengatakan bahwa pemakaian krim pagi lebih dulu dan barulah memakai sunblock atau sunscreen.

Pakai sunblock atau sunscreen dulu minimal dengan kandungan SPF 30. Tetapi jika aktivitas Anda di luar ruang dan terkena langsung sinar matahari sepanjang hari, maka pakailah sunscreen dengan SPF 50.

Tidak hanya saat beraktivitas di luar ruangan. Di dalam ruangan pun, menurut dr Kevin, Anda sebaiknya tetap memakai sunblock (sunscreen). Sebab, sinar matahari memancarkan radiasi.

Oleskan sunblock ke seluruh wajah dengan merata. Termasuk ke leher dan telinga.

Setelah itu oleskan alas bedak (foundation) dengan tekstur ringan pada wajah. Berikutnya oleskan  bedak padat ke wajah.  Bedak akan menahan sunblock atau sunscreen agar tetap di tempatnya.

Pakai bedak yang mengandung SPF.

Bibir juga perlu Anda lindungi biar tetap sehat dan tidak kering. Oleskan lipstik dengan kandungan SPF 15 pada bibir.

Penutup

Demikian artikel mengenai pakai sunscreen dulu atau day cream dulu, mana yang benar? Dua dokter menyatakan pakai day cream dulu, barulah pakai sunscreen.

Tetapi dr Adrian Kevin berpendapat berbeda. Dia menyatakan pakai sunblock atau suncreen dulu, dan baru pakai day cream atau krim pagi / siang.

Mana yang harus diikuti? Ya, silakan pilih mana yang terbaik untuk Anda. Ada baiknya Anda mencoba dua cara itu, dan mana yang terbaik untuk wajah Anda.

Nyatanya, ada konsumen yang mengatakan pakai krim pagi atau day cream dulu, barulah pakai sunblock atau sunscreen.

Di sisi lain, ada juga konsumen yang memakai sebaliknya. Pakai sunblock dulu dan barulah pakai krim. Semua menyatakan baik-baik saja. Tidak ada masalah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Exit mobile version