5 Suplemen Omega 3: Cegah Kanker, Sakit Jantung, Cerdaskan Otak

Herbal, Produk ratnasilvi 0 Comments

INGIN tidak kena kanker, sakit jantung? Jika ya, Anda sebaiknya sering mengonsumsi suplemen Omega3 atau makanan yang mengandung Omega3. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan atau suplemen Omega 3.

Tetapi jika Anda tidak ingin repot menyiapkan sendiri makanan tinggi Omega 3, ya Anda lebih baik memilih suplemen Omega 3 yang bagus.

Banyak merk suplemen Omega 3 yang bagus bisa Anda pilih. Harganya pun tidak mahal. Silakan mengonsumsi suplemen Omega 3 secara teratur biar Anda selalu sehat, terbebas dari berbagai penyakit.

Hanya saja, konsumsinya harus sesuai dengan aturan. Jangan berlebihan. Sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan, mengonsumsi Omega 3 untuk orang dewasa per harinya 1,1–1,6 gram. Untuk anak-anak sekitar 0,7–0,9 gram Omega per hari.

Lantas, suplemen Omega 3 apa saja yang bagus? Bagaimana cara mengonsumsinya? 

Apa Omega 3?

Omega 3 adalah semacam minyak sehat yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Anda tidak akan sulit mendapatkan lemak tidak jenuh ini.

suplemen omega 3

suplemen Omega 3 Vegan Softgels (foto:shopee.co.id)

Adapun lemak tidak jenuh adalah lemak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Anda bisa mendapatkan asupan Omega 3 dari berbagai makanan berikut, yakni:

  • Ikan tuna
  • Tongkol
  • Sarden
  • Salmon
  • Telur
  • Minyak zaitun
  • Minyak kanola
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memilih konsumsi makanan omega 3 mana yang Anda suka. Yang penting, Anda harus mengonsumsinya biar terhindar dari berbagai penyakit seperti sakit jantung, kolesterol tinggi, darah tinggi, virus, dsb.

Manfaat Konsumsi Omega 3 Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat konsumsi Omega 3, antara lain:

1. Terhindar dari Sakit Kanker

Manfaat konsumsi Omega 3 bisa menghambat terjadinya sakit kanker. Baik untuk kanker payudara, prostat, usus besar, kanker pankreas, dsb.

Omega 3 memang memiliki sifat antiradang dan antikanker. Meskipun demikian, Anda tetap harus menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat.

2. Aliran Darah Lancar

Mengonsumsi Omega 3 secara teratur bisa memperlancar aliran darah. Hasilnya, Anda bisa terhindar dari sakit jantung, kolesterol tinggi, hipertensi atau darah tinggi, dsb.

Selain itu, kadar trigliserida turun dan kolesterol baik (HDL) meningkat. Dengan lancarnya peredaran darah, Anda juga akan terhindar dari stroke dan serangan jantung.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat lain dari konsumsi Omega 3 adalah meningkatnya daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang tinggi, Anda tidak mudah kena penyakit. Tubuh mampu melawan bakteri dan virus.

4. Meningkatkan Kesehatan Janin

Bagi Bunda yang sedang hamil, mengonsumsi Omega 3 bisa membuat janin dalam kandungan tumbuh sehat. Baik sehat fisik maupun perkembangan otaknya.

Sementara itu, dengan mengonsumsi Omega 3, Bunda yang hamil juga bisa menghindarkan dari kena hipertensi atau preeklamsia.

Banyak ibu hamil yang tiba-tiba kena darah tinggi. Begitu bayi lahir, darah tinggi hilang alias kembali normal. Itulah preeklamsia.

Baca: 10 Makanan Untuk Menambah Berat Badan Janin

5. Membuat Mata Selalu Sehat

Jika Anda ingin memiliki mata yang selalu sehat, sering mengonsumsi Omega 3 adalah cara terbaik. Sebab, Omega 3 mengandung DHA sebagai struktur lemak utama pada retina mata.

Kekurangan asupan DHA bisa membuat kesehatan mata terganggu atau menderita sakit.

6. Menguatkan Tulang dan Sendi

Mengonsumsi Omega 3 juga bisa membuat tulang Anda kuat. Efeknya, Anda bisa terhindar dari sakit tulang keropos.

Berbagai sendi dalam tubuh Anda juga akan selalu sehat dengan mengonsumsi Omega 3. Antara lain Anda bisa terhindar dari sakit rematik.

Berikut video ini, dr Sungadi Santoso (dr Sung) menjelaskan manfaat Omega 3 untuk mengatasi peradangan. Banyak penyakit yang awalnya adalah peradangan. Video diterbitkan oleh SB30 Health. 

Suplemen Omega 3 Terbaik

Berikut adalah merk suplemen Omega 3 terbaik yang bisa Anda pilih. Ikuti petunjuk pemakaian (cara minum) dan takaran yang benar.

1. Blackmores Odourless Fish Oil 1000

Blackmores Odourless Suplemen Omega 3 alami yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung, menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat), menjaga kesehatan mata & otak, serta memperkecil kemungkinan kena radang sendi.

Dosis: dewasa minum 2 kapsul sehari usai makan. Anak usia 2 – 12 tahun minum 1 kapsul sehari. Harga suplemen Omega ini Rp 489.000.

Baca: Manfaat Blackmores Pregnancy Untuk Ibu Yang Lagi Hamil 

2. Sea Quill Omega-3 Salmon

Sama dengan Blackmores, maka Sea Quill Omega 3 Salmon ini juga berupa kapsul. Bisa membuat jantung tetap sehat, darah jadi encer, kadar lemak turun, demikian pula tekanan darah.

Selain itu juga bisa mengurangi reaksi radang, gangguan daya tahan tubuh, dan nyeri.

Dosis: Untuk anak mulai usia 10 tahun 1 softgel sehari sesudah makan. Orang dewasa 1 softgel 1-3x sehari dari usia 50 tahun.  Harga suplemen Sea Quill Omega 3 adalah Rp 214.000.

3. Pure Alaska Omega Wild Alaskan Salmon Oil

Suplemen Pure Alaskan Omega ini sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mencegah sakit jantung koroner. Mengandung 100% minyak salmon ditambah vitamin E, D dan vitamin A.

Menggunakan pemrosesan dingin yang bisa menjaga semua nutrisinya lengkap dan seimbang secara alami.

Selain kesehatan jantung, suplemen Omega ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Harga suplemen ini Rp 359.000.

4. Tahiro Vegan Omega 360 Softgel Suplemen Multi Vitamin

Pilihan lain untuk suplemen Omega 3 adalah Tahiro Vegan Omega 3. Suplemen kesehatan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, kekebalan tubuh dan otak, untuk ibu hamil, pria, wanita, dan anak-anak.
Mengenai bahan pembuatan, suplemen Omega ini dibuat dari ganggang. Yakni sumber di mana ikan mendapatkan Omega 3.
Adapun manfaat kesehatan dari konsumsi suplemen ini banyak. Misalnya meningkatkan daya ingat, rambut & kulit lebih sehat, jantung sehat, darah tinggi turun, dsb. Harga suplemen Omega ini adalah Rp 300.000.

5. Wellness Omega-3 Fish Oil 1000mg

Suplemen Wellness Omega-3 Fish Oil berkhasiat menurunkan darah tinggi, mencegah penebalan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, menaikkan daya tahan tubuh, mengatasi rematik, dsb.
Oleh karena itu, sangat bagi Anda minum suplemen ini biar terhindar dari stroke, sakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.
Perbaikan pola makan adalah solusi utama untuk membuat tubuh selalu sehat, lalu diperkuat dengan mengonsumsi suplemen ini.
Berapa harga Wellness Omega 3 Fish Oil ini? Ya, harganya adalah Rp 124.000.

Penutup

Mengonsumsi suplemen Omega 3 bisa Anda pilih biar Anda selalu sehat. Terhindar dari sakit jantung, stroke, darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Anda.