Susu Formula BBLR Terbaik Untuk Bayi Prematur

Herbal, Produk ratnasilvi 0 Comments

SUSU formula BBLR terbaik untuk bayi prematur apa ya? Bayi lahir prematur memang memiliki berat badan rendah. Tidak lain karena lahir belum waktunya.

Oleh karena itu, Bunda yang sedang hamil sekarang sebaiknya selalu memberikan asupan yang mampu membuat badan si janin tetap sehat. Dengan cara itu, calon bayi bisa tumbuh dengan berat badan normal.

Yakni, bayi perempuan lahir normal dengan berat badan 2,9 kg – 3,4 kg. Bayi lelaki berat badan normal atau ideal adalah 2,9 kg sampai Rp 3,6 kg.

Selain itu, bayi lahir prematur bisa disebabkan oleh kesehatan Bunda yang terganggu atau karena plasenta.

Baca – Susu Formula Morinaga BMT Terbaik untuk Bayi 0 – 6 Bulan

Kesehatan Bunda yang terganggu, misalnya punya sakit diabetes, gangguan ginjal, darah tinggi, dsb.

Selalu Menjaga Kesehatan Janin degan Cara Hidup Sehat

 susu bblr untuk bayi prematur yang bagus

susu BLR untuk bayi prematur (foto:rajaharga.com)

Maka, saat Bunda hamil sebaiknya terus menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. Harapannya, calon bayi dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Saat lahir, bayi bisa lahir normal dengan berat badan cukup. Usia kandungan pun telah mencapai 40 minggu.

Untuk itu, salah satu caranya, Bunda harus menjalankan cara hidup yang sehat. Misalnya tidak merokok, tidak minum alkohol, dan selalu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Bayi Lahir Prematur Perlu Kalori yang Tinggi

Bayi lahir prematur tentu saja membutuhkan penanganan yang ekstra bila dibandingkan dengan bayi lain pada umumnya.

Karena proses pematangan organ pada bayi prematur belum sempurna dan berat badan yang rendah, maka si kecil perlu mendapatkan susu dengan kalori tinggi seperti mengonsumsi susu BBLR untuk bayi prematur yang bagus.

Namun utamakan dengan memberikan ASI. Susu formula BBLR sebagai pendukung.

Selain memerlukan kalori tinggi, bayi lahir prematur juga membutuhkan kekebalan tubuh yang hanya bisa didapat melalui konsumsi ASI.

Jika berat badan bayi dengan minum susu formula BBLR terbaik telah mencapai berat sesuai dengan umurnya, maka penggunaan susu BBLR bisa dihentikan.

Selanjutnya si kecil bisa berganti mengonsumsi susu formula biasa.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal si Kecil

Mengenai kebutuhan susu formula khusus untuk bayi lahir prematur, dr. Vina Liliana dari alodokter.com menunjuk bayi yang lahir pada usia kehamilan 32 minggu.

Berarti masih kekurangan 8 minggu untuk mencapai kelahiran normal bayi, yakni 40 minggu.

Maka usia koreksi bayi Anda yang benar adalah usia kronologi saat ini (5 bulan 3 minggu=23 minggu) dikurangi 8 minggu = 15 minggu.

Jadi, kata dr Vina, jika Bunda ingin mencocokkan pertumbuhan bayi Anda dengan kurva pertumbuhan WHO, maka masukkan usia bayi Anda 3 bulan 3 minggu (15 minggu) dengan berat badan 5 kg.

Maka, kesimpulan yang Bunda dapatkan adalah berat bayi Bunda masih kurang. Oleh karena itu, si kecil perlu mendapatkan ASI dan susu khusus BBLR.

Jika secara periodik Bunda memeriksakan perkembangan si kecil ke dokter, maka Bunda bisa mendapatkan catatan tentang perkembangan kesehatan si bayi.

Berat badannya sudah normal sesuai dengan usianya atau belum. Jika belum, ya Bunda harus terus memberikan asupan ASI dan susu formula (sufor) khusus seperti BBLR.

Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala di rumah sakit, puskesmas, klinik, dsb, sekaligus melakukan konsultasi dengan dokter anak untuk penanganannya.

Susu Penambah Berat Badan Bayi Prematur

Untuk memberikan susu penambah berat badan si kecil yang lahir prematur atau berat badannya sulit naik, berikut ini beberapa merk susu formula untuk bayi prematur yang bisa Bunda pilih.

Lactogen Premature

Susu Lactogen premature termasuk susu formula khusus untuk bayi lahir prematur atau bayi berat badannya rendah. Banyak konsumen yang menyukai susu ini.

Sama dengan susu SGM, harga susu Lactogen tidak memberati kantung. Tetapi kandungannya cukup tinggi. Harga susu formula Lactogen Premature ini cukup murah, yakni Rp 89.000.

S26 LBW gold cair 100 ml

Kualitas tinggi, terdaftar di BPOM dan halal. Harga Rp 60.000

Enfamil A+ Premature

Susu formula bayi lahir prematur berat 400g. Mengandung protein tinggi, vitamin D, DHA & ARA (nutrisi ada pada ASI), dsb. Adapun harganya Rp 246.800.

Susu Enfamil MeadJohnson

Preloved khusus susu bayi prematur dan BBLR Enfamil MeadJohnson, harga Rp 187.000. Juga bisa untuk bayi dengan berat badan rendah.

Demikian artikel mengenai susu formula BBLR terbaik untuk bayi prematur yang bagus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya si kecil generasi mendatang.