Susu Pediasure Untuk Anak Susah BAB: Saran Dokter

Produk , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

JIKA suatu saat anak sulit BAB (buang air besar), Bunda tidak perlu panik. Bunda bisa mengatasi dengan memberikan susu Pediasure untuk anak susah BAB.

Seorang ibu menceritakan pengalaman minum susu Pediasure untuk  anaknya usia 2,5 tahun yang mengalami kesulitan BAB. Semula anaknya minum susu formula (sufor) SGM.

Tetapi, belakangan anaknya menderita susah BAB. Selain itu, terkadang juga mules perutnya. Ingin BAB namun tidak bisa keluar.

Setelah kondisi itu berlangsung selama satu minggu, akhirnya dia bawa ke dokter. Selain diberi vitamin dan obat, dokter yang memeriksanya juga menyarankan agar anaknya diberi minuman susu Pediasure.

Sesudah mengonsumsi susu Pediasure, BAB anaknya kembali lancar. Legalah hati Bunda.

Itulah pengalaman minum susu Pediasure untuk si kecil yang diceritakan oleh Bundanya atas saran dokter. Cara itu berhasil mengatasi kesulitan BAB anak kecilnya.

Pengalaman konsumen lain: susu Pediasure bisa bikin bayi berbadan gemuk.

Pertanyaannya, apa kandungan susu Pediasure sehingga bisa memperlancar BAB si kecil? Apa penyebab anak sulit BAB?

susu pediasure untuk anak susah BAB

aduhh… rasanya anak susah bab (foto:klikdokter.com)

Penyebab Anak Susah BAB dan Cara Mengatasinya

Menurut dr Widi Asrining Puri, BAB anak tergantung pada asupan makanan yang Bunda berikan. Berikut penyebab anak susah BAB, antara lain:

1. Asupannya Sedikit

Jika Bunda memberikan asupan makanan sedikit, ya BAB-nya jadi jarang. Oleh karena itu, cara mengatasi anak susah BAB sehingga si kecil bisa BAB tiap hari, makanan atau asupan untuk si kecil harus cukup dan sesuai dengan umurnya.

2. Susu Formula Kurang Encer

Konsumsi susu formula juga bisa menjadi penyebab anak / bayi sulit BAB. Apalagi pada tahan awal pemberian susu formula.

Pergerakan usus bayi yang bertugas mencerna asupan anak / bayi bergeraknya lamban. Ini membuat anak jarang BAB. Apalagi asupan susunya juga sedikit.

Untuk mengatasinya, Bunda perlu memberikan susu formula yang lebih encer sehingga memudahkan pekerjaan pencernaan.

3. Kurang Minum

Kurang minum atau hanya sedikit minum juga bisa menjadi penyebab si kecil menderita sulit BAB.

Untuk menghindari terjadinya kesulitan BAB, Bunda harus memberikan minuman air putih yang cukup.

4. Makanan Baru & Bertambahnya Usia

Pemberian asupan baru juga bisa menjadi penyebab sulit BAB. Misalnya pemberian susu formula yang tadinya hanya minum ASI.

Pemberian makanan pendukung ASI atau MPASI juga bisa mempengaruhi BAB si anak.

Demikian pula bertambahnya usia. Juga bisa menyebabkan perubahan frekuensi BAB anak.

5. Tidak Dibiasakan BAB Pada Waktunya

Anak yang dibiarkan tidak disipuntuk BAB pada waktunya juga bisa menyebabkan terjadi sembelit atau sulit BAB. Misalnya anak terlalu asyik bermain sehingga lupa BAB.

Cara terbaik, ingatkan anak saat waktunya BAB. Ajarkan pada anak untuk selalu BAB tiap hari, seminggu sekali,

6. Kurang Mengonsumsi Serat

Kurang mengonsumsi serat juga bisa menyebabkan anak (bahkan juga dewasa) menderita kesulitan BAB. Solusinya, ya berikan makanan berserat tinggi kepada anak.

Berapa Kali Seharusnya Bayi BAB?

Menurut dr Widi, perubahan waktu atau frekuensi BAB pada anak adalah hal wajar.

Kondisi seperti itu justru menunjukkan bahwa pencernaan bekerja dengan baik. Semua asupan terserap oleh sistem pencernaan bayi.

Lantas berapa kali bayi / anak BAB secara normal?

Tidak ada patokan berapa kali bayi BAB dengan normal. Masing-masing anak / bayi bisa beda. Ada yang BAB 4 – 10 kali perhari. Tetapi ada yang sebaliknya. BAB-nya sangat jarang. Bisa sekali dalam 3 – hari.

Gejala Anak Menderita Sulit BAB

Bunda sebaiknya memperhatikan BAB anak. Jika sangat jarang, sibuk bermain, dsb, maka ingatkan untuk BAB secara teratur. Cara ini penting untuk mencegah terjadinya sulit BAB.

Gejala anak sulit BAB adalah feses yang kering, keras, dan sulit dikeluarkan. Terkadang, jika anak menderita sulit BAB, maka ketika ingin BAB dia tahan.

Tentu saja, cara ini bisa membuat kesulitan BAB makin parah.

Cara Mengatasi Anak Sulit BAB

Ada banyak cara mengatasi anak sulit BAB seperti telah disinggung di atas pada bahasan mengenai penyebab anak menderita BAB dan cara mengatasinya.

Salah satunya dengan minum susu Pediasure atau susu Pediasure Complete. Pediasure susu anak susah BAB ini merupakan minuman bergizi seimbang lengkap untuk anak umur 1 – 10 tahun. Atau anak-anak dengan kebutuhan kalori dan nutrisi lebih karena kondisi medis tertentu

Susu Pediasure ini cocok untuk anak penderita kekurangan gizi (malnutrisi) akibat susah makan. Atau mengalami kondisi medis tertentu seperti sulit BAB.

Sesungguhnya terjadinya hambatan BAB pada anak tidak perlu dikhawatirkan. Mungkin anak masih melakukan penyesuaian saat BAB akibat perubahan makanan.

Yang perlu mendapatkan perhatian adalah ketika anak /bayi sering rewel, perut kembung, sering muntah, berat badan tidak naik, keras, dsb.

Jika Bunda telah memberikan minuman susu Pediasure dan upaya lain tetapi belum menunjukkan hasil, Bunda bisa membawanya ke dokter anak.

Aturan Minum Susu Pediasure Untuk Anak

Bagaimana aturan minum susu Pediasure untuk anak?

Untuk anak umur 1 – 6 tahun adalah minum susu Prediasure sekali dalam sehari.
Anak umur 7 – 10 tahun disarankan minum susu anak ini 2 gelas dalam sehari.

Tetapi bagi anak yang sulit makan, sebaiknya minum susu Prediasure 2 – 3 kali dalam sehari.

Penutup

Semoga artikel tentang susu Pediasure anak susah BAB ini bermanfaat untuk Anda semua, khususnya bagi Bunda yang punya anak kecil. Jika menyaksikan si anak susah BAB, kasih saja susu Pediasure.