11 Susu Penambah Berat Badan Bayi 0-6 Bulan Yang Aman

Produk , , ratnasilvi 0 Comments

BUNDA sedang mencari susu penambah berat badan bayi 0-6 bulan? Ya, terkadang bayi lahir dengan berat badan yang rendah, terutama bayi lahir prematur. Atau lahir dengan berat badan normal, tetapi peningkatannya sangat lamban.

ASI (air susu ibu) memang asupan utama pada bayi. Kandungan gizinya sangat sempurna dan tidak ada susu buatan yang bisa menyamainya. Apalagi mengungguli.

Tetapi karena berbagai faktor, terkadang produksi ASI belum mampu meningkatkan pertumbuhan berat badan si kecil. Berat badannya masih selalu di bawah standar.

Itu pertanda si kecil masih kekurangan nutrisi. Dalam kaitan ini, Bunda bisa mengatasinya dengan memberikan susu formula penambah berat badan bayi sebagai “pelengkap atau pendamping ASI”.

Jadi: bayi mengonsumsi ASI dan susu penambah berat badan bayi 0-6 bulan.

Baca – 10 Susu Formula Untuk Bayi Usia 6 – 12 Bulan Agar Cepat Gemuk

Tetapi menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, karena kondisi tubuh bayi baru lahir masih sensitif, maka Bunda tidak boleh asal memilih susu formula untuk bayi.

Pemberian susu formula harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan bayi. Jadi, ibu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Daftar 11 Susu Penambah Berat Badan Bayi 0-6 Bulan dan Harganya

susu penambah berat badan bayi 6 - 12 bulan

Pertanyaannya, susu formula apa saja yang terbaik untuk si kecil? Berapa harganya? Bagaimana cara meminumkannya?

Berikut 11 susu formula penambah berat badan bayi usia 0 – 6 bulan terbaik. Pilih salah satu sesuai dengan kondisi si kecil.

1. Susu Enfamil A+1

Susu penambah berat badan bayi 0-6 bulan yang sangat baik untuk dipilih adalah Susu Enfamil A+1. Sudah diuji secara klinis dan hasilnya bisa mendukung peningkatan kecerdasan si kecil dan kemampuannya memecahkan masalah serta membantu mempertahankan konsentrasinya.

Selain itu, susu formula ini juga mengandung nutrisi penting, yaitu DHA, ARA, dan Prebiotik GOS. Bagus untuk membuat saluran cerna selalu sehat dan membantu pertumbuhan bayi. Susu Enfamil A+1 buatan Mead Johnson, perusahaan asal Amerika Serikat.

Formulasi nutrisi di dalam susu ini berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah sehingga takarannya pas untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Baca: 16 Sayuran Mengandung Vitamin C – Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Adapun harga susu formula untuk bayi 0 – 6 bulan adalah dari Rp 145.000 hingga Rp 1,5 juta.

2. Nutribaby 1

Susu formula Nutribaby 1 juga bagus Bunda pilih untuk anak usia 0-6 bulan. Susu ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi agar tubuhnya tumbuh optimal di tahap emasnya.

Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam susu ini antara lain AA & DHA, omega 3 & 6, 18 vitamin, 12 mineral, laktosa, dan prebiotik.

Susu ini mudah dicerna oleh lambung bayi. Sebab, teksturnya mirip dengan ASI.

Maka, susu formula ini bisa dicerna lambung bayi dengan mudah. Harga Susu Formula Nutribaby 1 ini adalah terendah: Rp 155.900.

3. Nestle Lactogen 1 Gold

Bunda juga bisa memilih Susu Formula Nestle Lactogen 1 Gold untuk membuat badan bayi usia 0 – 6 bulan cepat gemuk.

Susu ini mengandung protein, 12 vitamin, karbohidrat, lemak, dan 11 mineral untuk mendukung pertumbuhan sel-sel dalam tubuh si kecil.

Kandungan lain dalam susu formula untuk bayi ini adalah zat besi, LA, dan ALA.

Manfaat lain dari susu formula ini adalah mampu menjaga kesehatan saluran cerna pada si kecil adalah probiotik dengan serat Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS).

Sementara, kandungan DHA untuk perkembangan otak anak. Ada juga kandungan zat besi yang bisa mencegah anemia akibat defisiensi zat besi.

Harga susu formula Nestle isi 350 gram ini Rp 54.000 – Rp 61.000. Isi 750 gram harga Rp 105.000.

Baca – Harga Alat Dokter Laser – Makin Mudah Atas Strke, Sakit Jantung

4. Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1

Susu formula Nutricia Nutribaby Royal juga bisa menjadi sumber nutrisi tambahan untuk bayi usia 0-6 bulan.

Kandungan susu ini antara lain whey protein, galakto oligo sakarida (GOS), frukto oligo sakarida (FOS), mineral, AA dan DHA, vitamin, taurin, L-sistein, dan nutrisi lainnya.

Kandungan nutrisi disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Maka, susu formula ini mudah dicerna oleh usus bayi akibat teksturnya mirip ASI.

Baca infomasi tentang susu ini di kemasannya, termasuk bagaimana cara minum susu ini. Selain itu Anda perlu memberi susu anak sesuai dengan takaran yang disediakan.

Ini sangat penting supaya manfaat konsumsi susu formula ini benar-benar menjadi solusi bagi orang tua dalam merawat bayinya.

Kebutuhan gizi dan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik setelah minum susu formula. Pembuatan susu jangan terlalu banyak air atau terlalu sedikit air.

Harga susu formula ini Rp 100.000 sampai Rp 300.000.

5. Morinaga BMT 1

Susu Morinaga BMT 1 juga cukup populer. Banyak si kecil yang menyukai susu ini. Nutrisi yang dibutuhkan bayi 0-6 bulan untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal sudah tersedia dalam susu ini.

Misalnya kandungan AA & DHA, laktoferin, prebiotik, laktulosa, vitamin, dan mineral.

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah, susu formula Morinaga ini mampu menjadi solusi untuk membantu menaikkan berat badannya.

Harga susu formula Morinaga BMT 1 ini adalah Rp 45.590 – Rp 96.600. BMT isi 800 gram harga Rp 173.000.

6. Morinaga BMT Platinum

Morinaga juga memproduksi susu formula untuk bayi 0-6 buIan, Susu Morinaga BMT Platinum.

Susu ini dilengkapi dengan bahan yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh bayi, antara lain:

AA dan DHA untuk mendukung fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan bayi.

Prebiotik bisa mengatasi masalah pencernaan, termasuk akibat alergi.

Baca: Susu Penambah Berat Badan Bayi Usia Satu Tahun Lebih

Laktulosa memberikan energi yang lebih baik karena kebutuhan gula tercukupi.

Laktoferin membantu bayi lebih sehat karena bahan ini juga ditemukan pada ASI. Laktoferin dapat membantu tubuh bayi menyerap zat besi lebih baik, mengatasi infeksi, dan membantu bayi tumbuh sehat dengan baik.

Susu Morinaga BMT Platinum juga mengandung vitamin dan mineral lengkap untuk membuat tubuh bayi lebih sehat dan tumbuh cukup baik.

Harga susu formula Morinaga BMT Platinum ini adalah Rp 166.000 – Rp 181.000.

7. Anmun Infacare 1

Susu formula untuk bayi, Anmum Infacare 1, ini termasuk jenis susu yang diolah dengan teknologi dari New Zealand. Sangat efektif untuk membuat pertumbuhan bayi bisa terus meningkat.

Produk susu ini dibutuhkan jika asupan ASI tidak mencukupi untuk meningkatkan berat badan bayi.

Kandungan protein susu atau whey yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Bayi akan tumbuh lebih sehat dan lebih cepat.

DHA dan AA berkhasiat membantu perkembangan badan si kecil dan juga perkembangan sel otak bayi.

Sumber makronutrisi dan mikronutrisi akan membuat si kecil tumbuh lebih cepat. Kandungan nukleotida yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh bayi.

Harga susu formula Anmun Infacare 1 isi 900 gram adalah Rp 226.000 – Rp 285.00. Isi 400 gr adalah Rp 131.000 – Rp 150.000 –

8. S-26 Gold Tahap1

Susu S-26 Gold Tahap 1 juga bagus Bunda pilih untuk bayi 0 – 6 bulan, khususnya bayi yang punya masalah kesehatan.

Mengandung bahan protein dari whey, susu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi.

Beberapa kelebihan susu S-26 Gold Tahap 1 antara lain:

Mengandung protein, karbohidrat dan asam linoleat yang mampu meningkatkan pertumbuhan bayi.

Kalsium dan mineral lengkap bisa membuat pertumbuhan tulang dan gigi bayi lebih maksimal.

Baca – Perbedaan Susu Formula, Susu Pasteurisasi dan Susu UHT

Zat besi dan seng sangat baik untuk menjaga kesehatan darah bayi, mencegah anemia, dan mendukung pertumbuhan.

Mineral lengkap mampu mendukung berbagai perkembangan fisik pada bayi.

Memberikan rasa yang lezat dan tidak menyebabkan bayi muntah.

Harga susu formula S-26 Gold Tahap 1 ini adalah Rp 106.000 – Rp 149.000.

9. Frisolac Gold 1

Jika karena alasan medis sehingga si kecil tidak mendapatkan asupan ASI, maka susu formula Frisolac Gold 1 ini bisa Bunda pilih. Susu formula ini akan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Susu formula dengan gizi yang tinggi ini mengandung Lactobacillus Casei, Nukleotida, dan Probiotik Bifidobactium.

Bisa melindungi saluran cerna bayi dari bakteri jahat sekaligus menstimulasi sistem imun atau daya tahan tubuh.

Harga susu formula untuk bayi lahir ini memang agak mahal. Tetapi kualitas kandungannya juga tinggi. Harganya adalah Rp 551.900 – Rp 586.000.

10. Nan PH Pro 1.

Bunda juga bisa memilih susu penambah berat badan bayi Nan PH Pro1. Selama mengonsumsi susu formula ini, si kecil tetap harus mendapatkan asupan ASI yang cukup.

ASI merupakan bahan asupan utama bagi si bayi.

Susu ini tampil dengan rasa plain. Mengandung Optipro HA Protein hypoallergenic, Bifidobacterium Lactis, dan DHA, susu ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil yang kurang.

Dengan mengonsumsi susu ini, risiko alergi pada bayi juga berkurang. Harga susu formula untuk bayi 0-6 bulan ini adalah Rp. 325.000-507.000.

11.  Similac Neosure

Susu formula Similac Neosure juga termasuk susu yang sering diresepkan oleh dokter. Susu ini dilengkapi dengan DHA, AA, Nukleotida, 12 vitamin dan 11 mineral. Bisa meningkatkan berat badan si bayi.

Similac Neosure adalah susu formula untuk bayi dengan kebutuhan khusus, berat badan rendah, dan bayi yang lahir prematur.

Selain itu, susu penambah berat badan bayi ini untuk si kecil usia 0-12 bulan. Bunda tidak perlu mengganti susu jika dengan susu Similac ini sangat pas untuk si kecil. Mengganti susu memerlukan penyesuaian.

Baca – 6 Alat Pembakar Lemak Tercepat Harga Murah

Dengan susu Similac ini, si kecil akan mendapatkan asupan protein, energi, vitamin, dan mineral. Selain itu, juga mendapatkan kalori ekstra untuk pertumbuhan, kalsium dan fosfor.

Harga susu formula untuk bayi ini adalah Rp 160.000-an.

Penutup

Kesehatan si kecil perlu mendapatkan perhatian besar dari orang tua. Terutama pada usia 0 – 6 bulan. Si kecil memerlukan susu formula jika asupan ASI tidak mencukupi akibat berbagai penyebab.

Hanya saja, pemberian susu formula harus hati-hati karena pencernaan bayi yang masih rentan masalah.

Maka, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga paramedis lain, termasuk dalam memilih susu formula untuk bayi baru lahir yang tepat.

Demikian pula untuk aturan pemberian susu formula. Terima kasih.