6 Susu Penambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Terbaik

Berita, Produk ratnasilvi 0 Comments

BERAPA seharusnya berat badan bayi usia 9 bulan? Mengetahui berat badan (BB) bayi sangat penting untuk memastikan apakah si kecil sehat atau tidak. Jika BB-nya rendah, beri susu penambah berat badan bayi 9 bulan.

Selain itu, Bunda atau Mama harus selalu memberikan ASI kepada si kecil. ASI merupakan susu yang kandungannya paling lengkap untuk membuat pertumbuhan badan bayi berjalan dengan baik.

Tetapi, supaya ASI yang Bunda berikan mampu meningkatkan pertumbuhan badan si kecil, maka Bunda juga perlu mengonsumsi makanan sehat.

Yakni: makanan yang bisa mendukung tersedianya ASI yang banyak dan berkualitas. Misalnya susu kedelai, ikan salmon, daging sapi tanpa lemak, beras merah, jeruk, sayuran, roti gandum, telur, daun katuk, oat, dsb.

Jika Berat Badan Bayi 2 atau 3 Bulan Tetap Sama 

Susu Penambah Berat Badan Bayi 9 Bulan

Kembali ke masalah berat badan bayi umur 9 bulan. Menurut dr Sarah Rizkia, berat badan bayi umur 9 bulan adalah:

1. Bayi perempuan: 8-10 kg, panjang badan 70-75 cm, dan lingkar kepala 41– 46 cm.

2. Laki-laki: 8,5-11 kg, panjang badan 72-76 cm, dan lingkar kepala 42-47 cm.

Untuk mengetahui perkembangan berat badan si kecil tiap bulan, Bunda bisa melihat kurva pertumbuhan anak di KMS (Kartu Menuju Sehat) yang disediakan oleh rumah sakit atau posyandu.

Bunda perlu selalu mengajak si kecil untuk pemeriksaan kesehatan di posyandu atau rumah sakit tiap bulan sekali. Bunda jangan sampai lupa mengajak anak untuk ke pertumbuhan tubuhnya.

Jika berat badan si kecil selalu naik tiap bulan, itu pertanda si kecil selalu sehat. Berat badannya selalu tumbuh tiap bulan sesuai dengan pertambahan usianya.

Baca: 9 Susu Penambah Berat Badan Usia 20 Tahun Keatas

Tetapi jika terjadi berat badan si kecil tidak naik atau sama dengan hasil penimbangan bulan lalu, Bunda perlu ingat-ingat apa penyebabnya. Apakah si kecil pernah menderita sakit?

Jika sampai periksa dua kali berat badan si kecil tidak berkembang, maka Bunda perlu mewaspadai hal-hal berikut:

1. Asupan Nutrisi Kurang

Biasanya, hal ini terjadi akibat nutrisi tidak sesuai. Misalnya porsi makan yang Bunda sajikan kurang atau berlebih, jenis makanan tidak sesuai, waktu makan berubah, dsb.

2. Ada Gangguan pada Penyerapan Makanan

Misalnya gangguan pada saluran cerna, ada penyakit yang membuat penyerapan nutrisi tidak lancar, menderita kekurangan enzim, cacingan, diare, muntah-muntah, dsb

3. Penggunaan Nutrisi Efektif

Peningkatan pemakaian nutrisi atau penggunaan nutrisi tidak efektif. Antara lainkarena gangguan hormone tiroid, diabetes, TBC, dll

Bayi Bisa Merangkak, Memindahkan Barang, dsb.

Menurut dr Sarah Rizkia, umumnya bayi umur 9 bulan sudah bisa merangkak, duduk, bisa memindahkan barang dari tempat ke tempat lainnya, dsb.

Tentu saja, apa yang dikemukakan dokter itu sebagai garis besarnya. Perkembangan detail tiap bayi berbeda-beda.

Baca: Susu BBLR Untuk Bayi Prematur Yang Bagus

Apabila dalam usianya 9 bulan si kecil belum bisa duduk, ketika dipanggil tidak menjawab, maka Bunda sebaiknya mengajak si kecil periksa dokter.

Video berikut tentang cara meningkatkan berat badan dengan minum susu formula karya Elva Saragih.

6 Susu Formula Untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi 9 Bulan

Adapun susu penambah berat badan bayi 9 bulan yang perlu Mama berikan kepada si kecil antara lain:

1. Nutribaby Royal 2

Susu ini diproduksi untuk bayi umur 6 – 12 bulan. Jadi, cocok untuk bayi 9 bulan. Kandungan nutrisi yang penting antara lain: protein, vitamin A, vitamin D3, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12 vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi untuk si kecil agar tumbuh secara optimal.

2. S-26 Promil Gold Tahap 2

Produk susu pertumbuhan untuk bayi 6 – 12 bulan ini bisa jadi pelengkap makanan padat untuk bayi. Kandungan susu ini antara lain DHA, kalsium, protein, zat besi, zinc, dsb, sehingga bisa meningkatkan berat badan si kecil.

3. Frisolac Gold 2

Banyak kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan si kecil usia 9 bulan. Prebiotik dan probiotik bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan bayi. Prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik untuk memelihara sistem pencernaan.

Nukleotida dan DHA serta AA sangat penting untuk membantu pertumbuhan sel-sel normal dan membangun perkembangan otak dan mata.

4. Similac Neosure

Susu formula ini untuk bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah usia 0-12 bulan. Kandungan susu antara lain DHA, AA, taurin dan nukleotida, 16 vitamin dan 12 mineral untuk membantu pertumbuhan badan bayi.

5. Enfamil A+ 2

Enfamil A+ 2 adalah susu formula untuk bayi 6-12 bulan. Susu penambah berat badan bayi 9 bulan ini mengandung AA dan DHA.

Membantu perkembangan otak dan membuat daya tahan tubuh si kecil tumbuh dengan baik. Ditambah kandungan protein, lemak, karbohidrat vitamin dan mineral, pertumbuhan badan si kecil bisa maksimal.

6. Morinaga Chil Mil Platinum

Morinaga Chil Mil Platinum Tahap 2 juga bagus untuk Anda pilih. Susu formula untuk bayi 6 – 12 bulan. Susu ini bisa Anda jadikan alternatif untuk meningkatkan berat badan bayi 9 bulan.

Kandungan penting lainnya vitamin A, C, B1, dan laktoferin. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh, antoksidan, dsb.

Baca: 10 Susu Formula Untuk Bayi 6 – 12 Bulan Biar Cepat Gemuk

Selain memberikan asupan susu, Bunda juga bisa memberikan makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan. Antara lain yogurt, custard, es krim, krim keju, keju parut atau batangan, dan telur ayam.

Penutup

Memperhatikan berat badan bayi sangat penting, termasuk bayi umur 9 tahun. Jika berat badannya sangat rendah, Bunda bisa memilih susu formula yang cocok. Bisa juga dengan memberikan makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *