Site icon WARASWIRIS.COM

Susu Tinggi Serat Untuk Anak 1-3 Tahun Cegah Susah BAB

FacebookTwitterShare

JIKA tiba-tiba si anak mengalami susah BAB (buang air besar), Bunda tidak perlu panik atau risau. Beri saja susu tinggi serat untuk anak 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun.

Atau beri makanan tinggi serat. Itu adalah cara terbaik mengatasi anak susah BAB.

Susah BAB atau sembelit memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa,  orang lanjut usia (lansia). Anak-anak di bawah 5 tahun (balita) juga bisa menderita susah BAB.

Bahkan, bayi usia dibawah 1 tahun juga bisa sembelit atau susah BAB. 

Nah, yang penting adalah bagaimana cara mengatasi anak menderita susah BAB. Bunda tidak perlu risau. Bunda bisa memberinya susu tinggi serat untuk anak.

Ada susu tinggi serat untuk anak / bayi 1 tahun, untuk anak 2 tahun, anak 3 tahun, dan seterusnya. Ya, Bunda tinggal menyesuaikan dengan umur si anak.

Bunda bisa memilih merk susu formula tinggi serat terbaik untuk si kecil. Misalnya susu Pediasure. Dengan mengonsumsi susu serat tinggi, anak sembelit bisa dihindari.

susu tinggi serat

susu Bebelac Gold 

Susu Tinggi Serat Menjadi Makanan Bakteri Baik dalam Tubuh

Menurut Ahli Gizi Dokter Louise Kartika Indah, Sp. GK, serat memang sangat penting untuk pencernaan. Serat akan menjadi makanan bagi bakteri-bakteri baik di dalam tubuh.

Oleh karena itu, katanya, anak usia 6 bulan sebaiknya mulai mendapatkan asupan / makanan tinggi serat. Konsumsi serat akan membuat pencernaan bayi / anak jadi sehat. BAB-nya pun lancar.

Pertanyaannya, makanan tinggi serat apa saja yang perlu untuk kesehatan si kecil biar tidak menderita sembelit atau susah BAB?

Asupan anak dengan tinggi serat antara lain:

Banyak Anak Kekurangan Konsumsi Serat

Yang terbaik, kata dr Louise, anak usia 1 – 3 tahun perlu mengonsumsi serat 16 gram. Atau setara dengan wortel 2 kilogram atau pepaya 1 kilogram.

Tetapi, kenyataannya banyak anak yang hanya menerima asupan serat 4,7 gram untuk anak umur 2 – 3 tahun.

Akibatnya, tambah dr Louise, anak kekurangan serat. Bahkan, menurut data di Kementerian Kesehatan, dari rata-rata 10 anak di Indonesia, 9 anak kekurangan asupan serat. Umumnya orang tua hanya tahu anaknya sudah makan buah, sayur.

Namun mereka tidak tahu apakah kebutuhan serat untuk anak sudah terpenuhi. Ini masalahnya, sehingga bisa terjadi banyak anak kekurangan konsumsi serat.

Padahal, asupan serat sangat penting bagi kesehatan pencernaan anak. Antara lain bisa menstimulasi pergerakan usus sehingga anak bisa BAB dengan teratur dan lancar.

Bunda bisa memilih susu formula terbaik untuk menyediakan asupan serat yang cukup buat si kecil.

Selain itu, beberapa serat seperti FOS dan GOS bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menguntungkan di dalam saluran pencernaan.

Baca: Bebelove 1 dan Bebelove Gold 1, Apa Perbedaannya?

Bisa Mengurangi Risiko Hipertensi, Diabetes, Obesitas

Hebatnya, pemenuhan asupan serat tidak hanya membuat pencernaan anak sehat di usia balita.

Tetapi, manfaatnya jauh luas. Yakni, bisa mengurangi risiko munculnya penyakit hipertensi, diabetes, obesitas atau penyakit saluran cerna.

Tentang terjadinya anak susah BAB atau sembelit (konstipasi), juga bisa akibat dari  anak kekurangan asupan serat.

Anak dikatakan menderita susah BAB jika dia BAB lebih sedikit dari biasanya. Atau BAB dalam satu minggu kurang dari 3 kali.

Kondisi ini bisa mengakibatkan tinja (feses) anak menjadi kering dan keras. Efek lanjutannya, anak menderita susah BAB.

 

 

Susu Bebelac Gold Solusi Untuk Memenuhi Kebutuhan Asupan Serat

Jika Bunda ingin praktis untuk memenuhi kebutuhan serat bagi si kecil, ya Bunda bisa memberinya susu formula. Yakni, susu formula yang tinggi serat.

Merk susu tinggi serat, antara lain Bebelac Gold 3. Susu Bebelac Gold mengandung serat yang tinggi.

Di antaranya mengandung serat dari minyak ikan, omega 3 dan omega 6, saripati jagung,  FOS : GOS 1:9, 13 vitamin & 7 mineral.

Produk Bebelac Gold 3, jelas Vita Yunita, telah menjalani uji klinis. Hasilnya, dengan minum 3 gelas susu Bebelac Gold sehari bisa memenuhi hampir 50% kebutuhan serat anak. Atau setara 7 gr serat.

Ditambah asupan sayur dan buah, kebutuhan serat anak perharinya bisa terpenuhi. Misalnya susu Bebelac Gold 3 madu. Susu ini tersedia untuk usia 1 – 3 tahun.

Sementara, susu Bebelac Gold 2 untuk bayi 6 – 12 bulan. Susu ini mengandung prebiotik FOS-GOS 1:9 yang kaya serat.

Selain itu, Bebelac Gold 2 juga tinggi kalsium. Ini penting untuk kesehatan gigi dan tulang.

Dosis Susu Bebelac Gold 3

Takaran penyajian susu Bebelac Gold 3 adalah 3 sendok takar(30g/235 ml)

Aturan Pakai

Mengenai standar pengenceran adalah 235 ml Bebelac Gold 3 = 200 ml air hangat + 3 sendok takar 1 sendok takar = 13 g

Harga Susu Bebelac Gold 3

Adapun harga susu Bebelac Gold 3 bervariasi. Ada susu rasa vanila, madu, vanila/madu. Ada susu Bebelac Gold 3 isi 360 gr, 700 gr, dsb.

Harga susu Bebelac Gold 3 isi 36 gr adalah Rp 65.000, isi  700 gr harganya Rp 125.000, dsb.

Susu Tinggi Serat Lain

Bunda juga bisa memilih merk susu tinggi serat berikut ini. Susu-susu formula ini juga bisa mencegah si kecil susah BAB / sembelit.

Semoga artikel mengenai Susu Bebelac Gold 3, susu tinggi serat ini bermanfaat untuk Anda semua.

Dengan minum susu tinggi serat, si bayi / anak tidak akan menderita sembelit atau susah BAB.

Baca Juga:

FacebookTwitterShare
Exit mobile version