7 Susu UHT Untuk Anak 1 Tahun Keatas Bebas Bakteri

MEMBERIKAN susu UHT untuk anak 1 tahun keatas sangat bagus. Susu UHT adalah susu yang diproses melalui pemanasan suhu tinggi 138 derajat Celcius. Pemanasan hanya 2 detik. Tetapi mampu membuat semua bakteri dalam susu mati.

Tentu saja, susu UHT (ultra high temperature) sangat sehat. Minum susu UHT tidak akan membuat si kecil kena infeksi atau keracunan makanan.

Pendek kata, susu UHT untuk anak 1 tahun keatas merupakan susu yang aman dan sangat sehat. Bayi mulai usia 6 bulan boleh minum susu UHT. Tetapi dosisnya separo.

Baru setelah umur 1 tahun boleh mengonsumsi susu UHT secara penuh. Ibu hamil juga bagus minum susu UHT.

Bunda Sebaiknya Pilih Susu UHT Full Cream Untuk Anak 1 Tahun

susu uht untuk anak 1 tahun keatas

susu UHT untuk anak 1 tahun keatas: ultra mimi (foto:popmama.com)

Menurut dr Kevin Adrian, sebaiknya susu UHT yang diberikan kepada si kecil adalah susu UHT full cream.

Susu full cream mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bisa membantu pertumbuhan badan si kecil. Baik untuk penambahan berat badan atau kesehatan fisik.

Meskipun dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, kandungan susu UHT tidak berubah. Kandungan lemak atau protein masih tetap sama dengan susu biasa.

Setelah si kecil berumur 2 tahun, Bunda bisa memberikan susu semi-skim secara bertahap. Tetapi makanan untuk si kecil harus bervariasi dengan gizi seimbang.

Dengan memberikan asupan seperti itu diharapkan si kecil bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Baca: Susu UHT Untuk Bayi Umur 6 Bulan

Aturan minum susu UHT untuk anak 1 tahun keatas yang perlu Bunda perhatikan adalah:

  • Bayi umur dibawah 1 tahun: Jangan diberi asupan susu kental manis.
  • Umur dibawah 5 tahun: Sebaiknya tidak minum susu skim atau susu yang hanya mengandung lemak 1%. Mengapa?
  • Karena kandungan kalori dan nutrisi dari dua jenis susu itu tidak diperlukan oleh anak usia dibawah 5 tahun.

Kebutuhan Kalsium

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian dari Bunda adalah kebutuhan si bayi akan kalsium. Asupan kalsium penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat sampai anak-anak menjadi dewasa.

Saat umur 1 – 3 tahun, si kecil memerlukan sekitar 350 mg kalsium tiap hari. Kebutuhan asupan susu itu bisa Bunda penuhi dengan memberikan satu gelas susu UHT per hari.

Mengonsumsi susu UHT akan membuat semua kebutuhan anak bisa terpenuhi tanpa harus mengonsumsi banyak makanan. Termasuk kebutuhan akan kalsium.

Selain membuat gigi dan tulang sehat dan kuat akibat kalsium, manfaat susu UHT lainnya adalah membantu perkembangan otak, menambah energi, membantu penyerapan vitamin, dsb.

7 Susu UHT Untuk Anak 1 Tahun Keatas Terbaik

Ketika ingin memberikan susu UHT terbaik untuk anak 1 tahun keatas, maka pilihlah susu yang tidak mengandung gula. Atau susu UHT rendah gula.

Pilih isi susu sesuai dengan kebutuhan si kecil. Sebab, begitu kemasan susu Anda buka, susu UHT harus Bunda berikan kepada si kecil sampai habis.

Dengan cara ini, susu tidak akan terkontaminasi bakteri. Selain itu, susu juga tidak akan mengakibatkan alergi dan gangguan pencernaan si kecil.

Baca: 10 Bakteri Baik dalam Tbuh Bisa Atasi Diare, Iritasi Usus

Berikut 7 susu UHT terbaik yang bisa Bunda pilih untuk anak 1 tahun keatas, yaitu:

1. Ultra Mimi

Susu Ultra Mimi adalah produk susu Ultrajaya. Terbuat dari susu segar alami dengan kualitas tinggi. Ultra Jaya merupakan susu UHT untuk anak 1 tahun keatas.

Selain itu, susu bayi ini mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Oleh karena itu mampu membuat pertumbuhan si kecil berjalan lancar.

Dengan kandungan vitamin dan kalsium, tubuh mudah menyerap susu kotak ini. Anda bisa mendapatkan produk susu ini di banyak toko online.

Harga susu Ultra Mimi terkecil adalah Rp 3.000 – Rp 3.500. Harga susu UHT Ultra Mimi 125ml 1 dus 40 pcs adalah Rp 105.000. Tersedia juga susu UHT 1 liter.

2. Frisian Flag Milky

Produk susu Frisian Flag Milky ini buatan Frisian Flag untuk anak balita. Kemasan susu UHT Frisian Flag  praktis, sesuai dengan aktivitas si kecil.

Mengandung zat gizi makro, yakni karbohidrat, protein dan lemak.

Baca: Vitamin Untuk Menambah Berat Badan Usia 20 Tahun

Selain itu, susu UHT untuk anak 1 tahun keatas ini juga mengandung zat gigi mikro seperti multi-vitamin dan mineral. Semua bisa memenuhi kebutuhan asupan gigi harian si kecil.

Harga susu UHT Frisian Flag Milky terkecil Rp 2.600. Harga susu Frisian Flag Milky 180 ml adalah Rp 120.000.

susu bebelac uht

3. Bebelac Go!

Pilihan lain untuk susu UHT untuk anak 1 tahun keatas adalah Bebelac Go!. Susu ini mengandung berbagai nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang si Kecil.

Meski harganya relatif lebih mahal, susu kotak ini tetap bisa menjadi andalan Mama.

Kandungan susu Bebelac Go! antara lain omega 3&6 untuk kecerdasan otak. Serat pangan inulin untuk saluran cerna.

Vitamin dan mineral yang mampu membuat perkembangan tubuh anak bisa berkembang semakin optimal.

Harga susu Bebelac jenis ini adalah Rp 6.000 ukuran terkecil. Harga susu ini bervariasi. Dalam bentuk paket Rp 80.000, Rp 191.000, dan Rp 215.000.

4. Indomilk UHT

Indomilk UHT disajikan dalam kemasan kotak siap minum. Pengolahan menggunakan proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time) yang bisa membasmi bakteri jahat.

Kandungan Indomilk, susu UHT untuk anak 1 tahun keatas ini antara lain vitamin A, B1, B6, dan D3. Sangat berguna untuk tumbuh kembang anak.

Varian rasanya menyerupai rasa susu segar alami. Tentu saja, susu Indomilk sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anak.

Harga susu Indomilk UHT isi 40 kotak Rp 82.000.

dancow fortigro uht

5. Dancow Fortigro UHT

Dancow Enriched adalah produk susu kemasan 110ml siap minum. Tetapi Bunda juga bisa memilih Dancow suchet atau Dancow Full Cream sachet, Dancow UHT Coklat, Dancow Fortigro UHT.

Susu UHT Dancow Fortigro terdidi dari tiga varian warna. Yaitu Dancow Fortigro UHT rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila.

Susu produk dari Nestlé Research Center ini mengandung protein, zat besi, kalsium, zink, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, B6 dan B9, vitamin D, vitamin E, vitamin K, serta biotin untuk pertumbuhan bayi biar bisa optimal.

Selain itu, susu UHT untuk bayi 1 tahun ini mengandung nutrisi untuk anak usia pertumbuhan yang suka melakukan banyak kegiatan, utamanya waktu memasuki usia sekolah.

Selain itu susu UHT ini bermanfaat untuk pembentukan sel-sel tulang dan otot agar si kecil tumbuh sehat dan kuat.

6. Susu UHT Plain

Anda juga bisa memilih susu UHT Plain. Selain untuk anak, susu UHT Plain juga bisa dikonsumsi remaja dan orang dewasa.

Pasalnya, kandungan susu UHT Plain tidak ada pemanis buatan. Jadi aman untuk dikonsumsi siapa pun.

Beberapa susu UHT untuk anak 1 tahun keatas yang bisa Anda pilih antara lain susu Indomilk UHT Plain, Ultra Milk UHT Plain, Frisian Plag Junior Susu UHT Plain, Milk Life Susu UHT Plain, dsb.

7. Susu UHT MPASI

Susu UHT sesungguhnya hanya tersedia untuk anak umur 1 tahun lebih. Tetapi jika bayi 6 bulan lebih yang sudah mengonsumsi MPASI boleh diberi susu UHT MPASI.

Maksudnya adalah susu UHT dicampur dengan MPASI. Selain itu, jumlah susunya sedikit / kecil saja. Sebab, seperti telah disinggung diatas, susu UHT untuk bayi 1 tahun lebih.

Menurut dr Kevin Adrian, susu UHT untuk anak 1 tahun keatas sebaiknya susu full cream UHT. Sebab, susu full cream mampu meningkatkan berat badan anak sesuai dengan usianya.

Baca Juga:

Semoga artikel tentang susu UHT untuk anak 1 tahun keatas ini bermanfaat untuk kita semua, Bunda khususnya. (update, 31/08/2023).