Bahaya Konsumsi Telur Setengah Matang – Bisa Kena Sakit Tipes

Berita 0 Comments

ANDA suka mengonsumsi telur setengah matang? Hati-hati. Sebab, mengonsumsi telur setengah matang bisa menyebabkan Anda kena penyakit tipes.

Mengonsumsi telur setengah matang bagi orang-orang tertentu memang nikmat dan lezat. Bahkan, juga bisa membuat sehat. Sebab, nutrisi telur setengah matang cukup tinggi.

Mengonsumsi telur setengah matang bisa menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, menguatkan daya ingat, membantu pembentukan otot, menyehatkan mata, mencegah anemia (kurang darah), melancarkan metabolisme tubuh, dsb.

Tetapi bagi mereka yang punya masalah kesehatan, mengonsumsi telur yang dimasak tidak sampai matang bisa berbahaya. Bahkan, bisa menyebabkan terkena tipes. Baik mereka anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua.

Jadi, telur yang dimasak tidak sampai matang termasuk makanan yang harus dihindari oleh penderita tipes. Hindari makanan pantangan sakit tipus biar sakit Anda cepat sembuh.

Siapa Saja yang Rentan Kena Sakit Tipes Akibat Mengonsumsi Telur Setengah Matang?

telur setengah matang

telur setengah matang (foto:dokterpedia.net)

Pertanyaannya, siapa saja yang bisa kena sakit tipes akibat mengonsumsi telur setengah matang? Mengapa mereka mudah kena penyakit tipes?

Telur ayam dan telur bebek memang mudah dimasuki bakteri Salmonella, penyebab sakit tipes. Jangankan telur yang kulitnya retak. Telur yang kulitnya utuh dan bersih pun bisa mengandung bakteri tipes.

Mereka yang bisa terkena penyakit tipes akibat mengonsumsi telur yang dimasak tidak matang adalah:

1. ibu hamil

2. bayi dan balita

3. Mereka yang berusia lanjut

4. Mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain menyebabkan sakit tipes, mengonsumsi telur yang dimasak kurang matang bagi keempat kelompok di atas bisa mengakibatkan sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, dan demam.

Maka, hati-hati dengan mengonsumsi telur ayam dan bebek. Selain dicuci bersih, sebelum dimasak hendaknya disimpan di dalam kulkas.

Batas penyimpanan di dalam kulkas maksimal selama 3 minggu. Artinya, Anda harus memasaknya untuk dikonsumsi dalam rentang waktu maksimal 3 minggu. Lebih dari itu tidak dijamin kesehatannya.

Telur Kurang Matang di Dalam Produk Siap Santap

Jika Anda mengonsumsi produk jadi dengan cara membeli, maka hati-hatilah dengan masakan telur setengah matang. Beberapa produk jadi yang mengandung masakan telur seperti itu adalah:
1. mayonnaise
2. kue meringue
3. tiramisu
4. es krim
5. saus salad.

Mayonnase Mengandung Kuning Telur

Mayonnaise belakangan cukup populer. Banyak orang menyukai pelengkap makan ini.

Tetapi sebagian pakar kesehatan ini menyatakan bahwa makanan ini tidak sehat. Sebab, ada tambahan kalori dan lemak. Selain itu dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak.

Mayonnaise terbuat dari saus kental tebal yang terdiri dari minyak, dikombinasikan dengan kuning telur, sedikit jus lemon atau cuka, garam dan moster.

Nah, kandungan kuning telur itulah yang bisa menyebab sakit tipes bagi mereka yang mengnsumsinya dalam kondisi kekebalan tubuhnya lemah.

Tetapi, jika Anda membuat sendiri, Anda bisa membuat makanan itu tetap sehat. Caranya tidak menggunakan kuning telur.

Kue Merigue: Kini banyak orang membuat kue meringue menggunakan putih telur. Jadi, kue ini adalah sehat untuk mereka yang punya risiko tinggi kena sakit tipes.

Tiramisu: Masakan khas Italia ini adalah santapan penutup makan. Terbuat dari kuning telur, gula pasir, keju, espresso, rum hitam, bubuk kakao, rdan vanili.

Demikian pula ketika membuat es krim. Salaj satu bahannya adalah telur yang ada kemungkinan terkontaminasi bakteri tipes.

Hati-hati juga dengan mengonsumsi saus salad. Salah satu bahan pembuatannya juga kuning telur, yang kemungkinan mengandung bakteri penyebab sakit tipes.

Yang terbaik untuk menyembuhkan sakit tipes dengan cepat adalah mengonsumsi makanan terbaik untuk Anda yang kena tipes. Banyak pilihan untuk Anda.

Menggunakan Telur yang Sudah Terpasteurisasi

Jika Anda memasak sendiri makanan-makanan yang disebutkan di atas, maka Anda bisa menghindari kemungkinan kena penyakit tipes. Caranya, ya telurnya harus dimasak matang, terutama untuk kuning telur.

Atau Anda menggunakan telur yang sudah terpasteurisasi. Yakni sudah dimasak dengan suhu tinggi sehingga bakteri tipes telah mati. Anda busa mendapatkan

Telur yang sudah terpasteurisasi bisa Anda temukan banyak di supermarket. Harganya juga tidak mahal. Yang penting Anda sehat. Terbebas dari ancaman bakteri tipes.

!-- Ads 300x250 -->