8 Terapi Jus Buah untuk Menyembuhkan Wasir atau Ambeien

Berita ratnasilvi 0 Comments

TERAPI jus buah untuk wasir. Anda bisa mengonsumsi jus buah terbaik untuk menyembuhkan penyakit wasir atau ambeien. Banyak buah yang bisa Anda pilih dan cara membuat jus buah juga tidak sulit.

Buah apa saja yang bisa dibuat jus untuk mengatasi penyakit wasir? Ya, Anda bisa membuat jus dari berbagai buah yang mengandung serat cukup tinggi. Banyak buah yang kandungan seratnya tinggi dan bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah yang dikategorikan sangat baik untuk mengatasi ambeien adalah buah dengan kandungan serat minimal 5 gr per saji. Atau buah yang mengandung serat 2,5 g dan 5 g per porsi. Atau mengandung 10 – 19% dari kebutuhan harian.

Jus Buah untuk Terapi Penyakit Wasir atau Ambeien dan Kandungannya

Berikut ini daftar buah yang bisa Anda buat jus untuk mengatasi penyakit ambeien / wasir, yaitu:

1. Buah Pisang

Buah pisang dikenal bagus untuk pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Demikian pula kandungan vitamin C dan kalium, juga tinggi. Serat efektif untuk melunakkan tinja sekaligus mencegah terjadinya sembelit.

Terapi Jus Buah untuk Menyembuhkan Wasir

Alasan utama mengapa pisang baik untuk ambeien adalah karena seratnya yang tinggi. Tetapi silakan memiilih pisang yang matang. Bukan pisang yang masih hijau (mentah).

Baca – 8 Penyebab Penyakit Ambeien dan 6 Cara Mengatasinya

Harga buah pisang tentu saja bervariasi. Tergantung jenis pisangnya. Pisang raja setengah sisir adalah Rp 13.000.

2. Buah Kurma

Mengonsumsi buah kurma, khususnya waktu berbuka pada puasa Ramadhan, sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Tetapi lebih dari itu, ternyata kurma juga punya nilai pengobatan. Kandungan seratnya memang tinggi, yakni 6,7 gr per 100 gr.

Cara mengonsumsinya, kurma lebih dulu direndam dalam air semalam. Lalu dikonsumsinya pada pagi hari. Bisa mencegah sembelit.

Jadi, mengonsumsi buah kurma bisa sebagai pencegahan ataupun terapi sembelit, sekaligus mencegah ambeien.

Harga buah kurma antara Rp 35.000 – Rp 80.000 per kilogram.

3. Buah Ara / Tin

Buah ara atau tin juga berkhasiat bisa mengobati sembelit/ambeien. Kandungan seratnya sekitar 3 gr untuk setiap 100 gr buah tin segar.

Membudidayakan tanaman tin tidak sulit. Bisa ditanam di sekitar rumah dengan ditanam di media pot atau ditanam di tanah.

Tetapi, saya pernah menyaksikan tayangan di TV ada seorang yang menanami kebunnya dengan tanaman-tanaman dari Timur Tengah untuk kepentingan dakwah. Di antaranya tanaman tin. Sangat menarik. Cuma saya lupa mencatat di mana kebub itu berada.

Harga buah ara / tin bervariasi. Yakni, Rp 50.000 – Rp 300.000.

4. Buah Kiwi

Buah yang banyak dibudidayakan di Selandia Baru ini juga bagus dikonsumsi untuk mencegah sembelit dan ambeien. Anda bisa mendapatkan buah kiwi di supermaket.

Harganya tergantung jenisnya. Harga buah kiwi green manis Rp 47.500/kg, kiwi gold zespro Rp 60.000/kg, kiwi segar hijau zepri Rp 35.000/kg, dsb.

Baca – 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Sakit Wasir 

Dalam 100 gr buah kiwi terkandung 3 gr serat pangan yang sangat baik untuk pencernaan dan mengatasi ambeien atau wasir.

5. Jambu biji

Terapi jus buah untuk wasir bisa Anda lakukan dengan jambu biji. Selain dikenal bisa menyehatkan kulit, juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya.

Mengonsumsi bijinya bisa membuat jambu biji sebagai pencahar alami. Cara ini bisa membuat BAB lancar sekaligus membuat sembelit teratasi.

Harga buah jambu biji adalah Rp 24.700 per kilogram.

6. Blueberry

Blueberry juga ampuh untuk mengobati ambeien. Kandungan vitamin C dan serat yang tinggi dari buah ini sangat baik untuk membersihkan sistem pencernaan dan melancarkan BAB.

Harga buah blueberry bervariasi. Dari Rp 50.000 – Rp 95.500 per kilogram.

7. Buah Delima – Sebaiknya Jus Segar

Anda juga bisa mengonsumsi buah delima untuk mengatasi penyakit ambeien. Kandungan buah warna merah dengan rasa asam ini, yakni astringent, bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi di anus.

Baca – Hindari Buah Pantangan Agar Sakit Ambeien Tak Kambuh

Maka, buah delima sangat baik dikonsumsi oleh penderita ambeien, termasuk yang sakitnya sudah cukup parah. Tiap 100 gram buah delima mengandung serat 4 gram.

Untuk dikonsumsi, sebaiknya dibuat jus. Khasiatnya lebih besar dibandingkan dengan dimakan langsung. Anda sebaiknya membuat jus buah delima sendiri sehingga masih segar saat dikonsumsi. Bukan jus delima botolan yang dijual di banyak toko.

Harga buah delima bervariasi. Dari Rp 28.000 – Rp 93.000 per kilogram.

8. Cuka apel

Cuka sari apel atau cuka biasa juga bisa Anda gunakan untuk  menghentikan gatal dan rasa terbakar akibat penyakit wasir. Cuka apel bisa membantu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak.

Caranya, daerah wasir lebih dulu dilap hingga kering. Lalu, ambil cottonball dan teteskan cuka di atasnya. Oleskan cuka apel perlahan pada daerah wasir.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sekarang sedang berusaha keras mengatasi penyakit wasir atau ambeien. Terima kasih atas kunjungannya.