Test Pack: Alat Tes Kehamilan Yang Bagus & Hasilnya Tepat

Berita, Produk ratnasilvi 0 Comments

BAGI ibu-ibu muda, punya alat test pack sangat penting. Apalagi, bagi Bunda yang ingin segera punya anak. Memiliki alat untuk mengetahui kehamilan ini menjadi keharusan.

Lebih-lebih harga test pack juga sangat murah. Bahkan, ada yang harganya cuma Rp 12.000. Anda tinggal beli alatnya, langsung cek dan segera tahu hasilnya.

Bunda tidak perlu periksa ke dokter seperti 10 tahun lalu, misalnya. Untuk periksa dokter harus daftar dulu, tunggu antrean, dan biayanya besar.

Belum biaya transpor jika tempat praktek dokter jauh dari rumah. Sudah jauh-jauh datang ke tempat praktek dokter, eh hasilnya masih nihil.

Baca: 9 Merk Kasium Buat Ibu Hamil Biar Tulang & Gigi Bayi Kuat

Bisa kecewa, kan?

Test Pack: Alat Tes Kehamilan Yang Sangat Praktis dan Cepat

tes pack

Nah, sekarang kejadian seperti itu tidak akan ada lagi. Kecuali untuk mereka yang “jadul”. Tidak tahu adanya test pack harga murah.

Apakah alat test pack itu? Bagaimana cara kerjanya?

Test pack adalah: alat uji kehamilan berbentuk stik. Dengan menggunakan alat ini, Bunda bisa mengetahui apakah urine yang Bunda jadikan sampel mengandung hormon hCG.

Tentu saja, penggunaan tes kehamilan ini sangat praktis dan kerjanya sangat cepat. Terlambat haid (menstruasi) satu hari pun Bunda bisa cek, akan hamil atau tidak.

Jadi: caranya benar-benar sangat mudah. Bunda bisa melakukan tes kehamilan sendiri di rumah.

Selain alatnya sederhana, cara penggunaannya juga mudah. Yang penting Bunda bisa menggunakan alat test kehamilan ini dengan tepat dan benar.

Baca: Kapan Waktu Terbaik Bagi Ibu Hamil Minum CDR

Jika cara menggunakannya tidak tepat, ya hasilnya tidak bisa akurat.

Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan Yang Benar

Alat tes kehamilan ini bekerja dengan cara mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam air seni atau urine.

Hormon ini hanya ada jika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Kadarnya akan terus meningkat sesuai dengan usia kehamilan.

Hasil test kehamilan ini sangat akurat. Bisa mencapai 99%.

Tetapi jika cara menggunakan alat tes kehamilan ini tidak tepat atau waktu pemakaian tidak pas, hasilnya tidak akan akurat.

Maka, Bunda perlu tahu lebih dulu bagaimana penggunaan alat test kehamilan ini denfan benar. Selain itu, Bunda harus menggunakan test pack yang bagus.

Baca: 11 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Ibu Hamil

Cara penting lainnya, ketika membeli alat ini, Bunda harus lihat tanggal kedaluwarsanya.

Selain itu, kondisi alat masih baik dan sensivitasnya tinggi. Dengan sensivitas yang tinggi, alat test ini bisa mendeteksi kadar hormon hCG yang masih rendah di awal kehamilan.

Berapa harga alat tes kehamilan ini?

Harganya bervariasi. Yang jelas, harganya sangat murah. Bahkan ada harga alat tes kehamilan yang hanya Rp 1.500. Sangat murah, kan? Sangat murah, tetapi kualitasnya tetap terjamin.

alat tes kehamilan
alat tes kehamilan merk lain (foto:tokopedia.com)

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Test Kehamilan?

Waktu yang tepat untuk tes kehamilan menggunakan test pack adalah saat Bunda terlambat haid. Pada hari pertama terlambat haid, Bunda bisa cek kehamilan pakai alat test ini.

Tetapi jika Bunda ingin memastikan hasil yang benar-benar akurat, ya tunggu 1 – 2 minggu sejak terlambat haid.

Jika hasilnya benar Bunda positif hamil, maka usia kehamilan diperkirakan sudah mencapai 6 minggu.

Setelah Bangun Tidur:

Tentang waktu tes kehamilan yang akurat adalah “setelah bangun tidur pagi hari”. Pada saat itu, kondisi urine masih pekat. Maka, hasil tes kehamilan lebih akurat.

Baca: Mencabut Gigi Ketika Hamil, Aman Nggak Ya?

Berbeda dengan penggunaan test kehamilan di siang hari. Anda makan ini makan itu sehingga kondisi urine lebih encer. Akibatnya, hormon HCG sulit terdeteksi.

Ada 3 Jenis Test Pack (Alat Tes Kehamilan)

Ada 3 jenis test pack atau alat tes kehamilan yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih alat tes yang cocok, yaitu:

1. Test pack strip

Alat deteksi kehamilan ini berupa strip plastik. Cara menggunakan alat ini, celupkan strip ke dalam wadah berisi urine Anda selama 5-10 detik.

2. Pregnancy cassette test

Produk alat tes kehamilan ini berupa stick. Teteskan urine Anda pada stick ini.

Pertama, tampung urine dalam wadah yang bersih, kemudian sedot urine menggunakan pipet yang telah tersedia pada kemasan.

Baca: Bolehkah Ibu Hamil Muda Mengonsumsi Yakult?

Setelah itu, teteskan urine di atas penampungan urine pada stick.

3. Test pack digital.

Sama denan alat tes kehamilan kedua, alat tes yang ini juga berbentuk stick. Anda bisa memasang strip pada ujung alat ini untuk menyerap urine.

Cara menggunakan test pack digital ini sama seperti test pack strip. Kelebihan alat ini, Anda bisa menggunakannya berulang dengan cara mengganti strip di dalamnya.

Penutup: Semoga artikel tentang alat cek kehamilan ini bermanfaat bagi Anda semua, khususnya pasangan yang segera ingin punya anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *