Usia Berapa yang Terbaik Pasang Kawat Gigi

Bau Mulut 0 Comments

PEMASANGAN kawat gigi merupakan cara yang paling populer untuk merapikan gigi. Baik gigi tonggos, gigi berantakan atau lainnya. Tetapi, usia berapa yang terbaik pasang kawat gigi?

Pertanyaan ini sangat penting agar pemasangan kawat gigi atau behel gigi bisa efektif. Artinya, pemasangan kawat gigi benar-benar bisa membuat susunan gigi menjadi rapi, rata dan indah.

Sebab, tujuan utama dari pemasangan behel gigi atau kawat gigi adalah membuat supaya gigi Anda yang tadinya berantakan bisa tampak rapi dan menarik.

Selain itu, gigi menjadi lebih sehat, posisi rahang normal, gigitan kuat, senyuman jadi manis dan indah.

 Pasang Kawat Gigi Terbaik Ketika Gigi Permanen Sudah Tumbuh Semua

pasang kawat gigi

Tetapi, pada usia berapa sebaiknya seseorang pasang kawat gigi? Apakah semua usia bisa pasang alat perapi gigi ini?

Dari hasil penelitian, usia terbaik untuk pasang behel gigi adalah saat anak menginjak usia 13-18 tahun. Yakni, setelah gigi permanen tumbuh semua.

Pada usia itu, tanda gigi tumbuh tidak teratur bisa diketahui. Selain itu, tulang rahang dan wajah masih berkembang sehingga pemasangan kawat gigi pada usia itu sangat tepat. Hasilnya bisa maksimal. Yakni, gigi benar-benar menjadi rapi dan indah.

Bagaimana pemasangan behel gigi untuk usia 18 – 40 tahun? Ya, hasilnya tentu saja tidak bisa maksimal. Dalam arti, behel tidak bisa mengubah struktur tulang rahang. Yang bisa dicapai umumnya hanya memperbaiki susunan gigi di rongga mulut.

Tetapi, yang lebih penting lagi untuk pasang kawat gigi adalah kondisi gigi dan gusi pasien. Keduanya harus sehat dan kuat. Kepadatan tulang di sekitar gigi juga harus memadai, keadaan sistemik baik dan selalu mematuhi aturan dokter.

Oleh karena itu, pasien dengan gigi dan rongga mulut bermasalah tidak bisa pasang kawat gigi. Pemasangan alat perapi gigi itu menuntut gusi sehat dan kuat. Mampu mengikuti pergerakan behel.

Demikian pula untuk usia 40 tahun lebih. Pemasangan kawat gigi tidak akan memberikan manfaat yang besar untuk mereka.

Jenis-jenis Kawat Gigi yang Cocok dengan Gigi Anda

Ada beberapa jenis kawat gigi yang bisa Anda pakai. Tentu saja, sebelum memilih jenis kawat yang ingin Anda pasang untuk memperbaiki kondisi Anda, dokter akan memeriksa gigi Anda dengan seksama.

Jenis kawat atau behel gigi adalah:

1. Kawat gigi permanen.

Kawat gigi ini tenu saja tidak bisa dilepas pasang. Tersusun atas bracket yang ditempelkan pada gigi dengan lem khusus.

2. Behel lepas pasang.

Berbeda dengan behel nomor 1, maka behel ini bisa dilepas pasang. Terbuat dari lempeng plastik. Diletakkan di rahang atas dan harus dibersihkan rutin.

3. Kawat gigi fungsional.

Sepasang kawat gigi plastik atas bawah. Bisa dilepas pasang sendiri.

4. Headgear.

Hanya bisa digunakan malam hari. Behel yang harus dipasang pada gigi belakang.

Demikian artikel mengenai kawat gigi atau behel gigi untuk merapokan gigi tonggos, gigi berantakan, dsb. Caya terbaik untuk menghindari gigi bermasalah adalah ketika ana masih balita.

Biasakan cara minum susu dengan benar, demikian juga untuk pengunaan botol dot buat si kecil. Harus dilakukan dengan benar sehingga terhindar dari gigi bermasalah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->