Vaksin Tifoid – Kapan Anak Disuntik Vaksin & Berapa Biayanya

Berita 0 Comments

VAKSIN tifoid sangat penting, khususnya untuk anak-anak. Dengan mendapatkan suntikan vaksin ini, anak bisa terhindar dari tipes. Salah satu penyakit yang berbahaya.

Tetapi, kapan vaksin tipes diberikan kepada anak? Dengan mendapatkan suntikan vaksin ini diharapkan anak kebal dari serangan bakteri yang menyebabkan penyakit tipes. Yakni bakteri Salmonella typhi.

Di mana anak bisa mendapatkan vaksin tifoid? Berapa biayanya? Tidak hanya anak-anak. Anak remaja, dewasa dan orang tua juga perlu vaksin ini.

Sebaiknya suntik vaksin ini diulang tiap tiga tahun sekali. Ini demi kesehatan agar tidak mudah kena infeksi bakteri tipes. Suntik vaksin tipes ini bisa di rumah sakit swasta atau pemerintah dan klinik.

Siapa Saja yang Harus Mendapatkan Vaksin Tifoid Selain Anak-anak

vaksin tifoid

vaksin tifoid oral (foo:temankomodo.com)

Kapan anak harus mendapatkan vaksin tipes? Vaksin tipes untuk anak bisa dilakukan setelah anak berusia 2 tahun. Pemberian vaksin ini perlu diulangi setiap 3 tahun sekali.

Ya, tujuannya supaya tidak mudah terkena serangan bakteri penyebab tipes. Apalagi, penderita penyakit ini di Indonesia masih cukup tinggi.

Provinsi yang tinggi jumlah penderita tipes antara lain di Aceh, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Banten, Jawa Barat, Papua Barat, Papua, Gorontalo, dan Kalimantan Timur. Jumlah penderita rata-rata di atas 1,6 persen.

Obat vaksin untuk pencegahan sakit tipes ada dua jenis, yakni:

1.Vaksin Ty21a. Ini adalah vaksin oral dari bakteri tifoid yang masih hidup, tetapi sangat lemah.

2. Vaksin polisakarida. Yaitu vaksin yang dibuat dari gula yang melapisi permukaan bakteri yang diberikan melalui suntikan.

Selain anak-anak mulai usia lebih dari 2 tahun, mereka yang harus mendapatkan suntikan vaksin tifoid agar terhindar dari sakit tipes adalah:

1. Para pekerja laboratorium dan menangani bakteri tipes (S typhi).

2. Mereka yang bekerja dan pergi ke daerah endemik, yakni daerah yang penularan penyakit ini masih tinggi.

3. Mereka yang sering kontak atau berhubungan dengan penderiaa sakit tipus.

4. Mereka yang bertempat tinggal di daerah yang air atau tanahnya berisiko tercemar bakteri tipes.

Bagaimana Efektivitas Suntik Vaksin Tipes

Bagaimana efektivitas suntik vaksin tifoid untuk mencegah terjadinya serangan penyakit tipes pada seseorang? Tentu saja tidak bisa 100%.

Ini berarti selain suntik vaksin tifoid, Anda harus melakukan upaya lain agar anak Anda atau Anda tidak terjangkiti tipes. Misalnya selalu menjaga kebersihan, baik bersihan diri atau kebersihan lingkungan.

Atau selalu mengonsumsi makanan yang bisa mempercepat penyembuhan dan menghindari makanan sebaliknya, yakni makanan pantangan.

Menurut data di Kementerian Kesehatan, vaksin oral (nomor 1) memberikan perlindungan 36 – 66% dari kemungkinan terserang demam tifoid (tipes).

Vaksin tifoid jenis suntik (nomor 2) mampu memberikan perlindungan dari kemungkinan demam tifoid sampai 60 – 70%. Bisa untuk anak usia di atas 2 tahun dan orang dewasa.

Jadi, vaksin ini lebih efektif kerjanya dibandingkan vaksin yang pertama. Kebanyakan orang tua memang memilih vaksin ini untuk perlindungan kesehatan anaknya. Lebih praktis. Walaupun biayanya lebih besar.

Biaya Suntik Vaksin Tifoid 

Berapa biaya untuk mendapatkan suntik tifoid sehingga anak tidak mudah kena serangan tipes?

Umumnya biaya suntik vaksin tipes adalah Rp 400.000. Untuk vaksin oral Rp 200.000. Kebanyakan orang memilih vaksin suntik karena lebih eketif penggunaannya seperti disebutkan di atas.

Pemberian vaksin tipes tidak termasuk wajib. Maka, Anda harus membayar sendiri biayanya. Lain dengan vaksin yang wajib seperti vaksin cacar. Itu gratis karena biayanya ditanggung oleh pemerintah.

!-- Ads 300x250 -->