Vertigo Periferal dan Beberapa Penyebabnya

Sakit Kepala 0 Comments

PENYAKIT vertigo terdiri dari beberapa jenis. Tetapi, yang paling umum atau paling banyak diderita masyarakat adalah vertigo periferal.

Penyebab utama terjadinya penyakit vertigo periferal adalah adanya gangguan di telinga bagian dalam. Padahal, telinga bagian dalam ini bertugas mengatur keseimbangan tubuh.

Ketika penyakit vertigo kambuh, penderita kehilangan keseimbangan sehingga selain menderita sakit kepala, juga merasa kondisi lingkungan seperti berputar.

Oleh karena itu, jika penderita tidak cepat mencari pegangan atau duduk dengan baik, mereka bisa jatuh. Tidak lain akibat terganggunya keseimbangan yang bersumber dari telinga dalam.

6 Penyebab Terjadinya Vertigo Periferal

Banyak penyebab terjadinya sakit vertigo periferal. Antara lain:

1. Adanya peradangan di telinga bagian dalam

vertigo jenis periferal

Sebenarnya, ketika Anda menggerakkan kepala, bagian dalam telinga memberi tahu di mana posisi kepala berada. Lalu, telinga memberitahu otak untuk menjaga keseimbangan.

Tetapi, jika pada bagian telinga dalam ada masalah seperti terjadi radang atau infeksi virus, maka Anda justru merasa kepala pusing atau sakit lainnya.

2. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

Penyebab paling umum (banyak) atas terjadinya penyakit vertigo adalah BPPV. Yakni, adanya vestibuler telinga dalam mengalami gangguan . Pemicunya adalah perubahan posisi dan gerakan kepala secara tiba-tiba.

Misalnya kepala tegak, lalu tiba-tiba menunduk. Ketika bangun tidur atau ketika kepala mendongak. Sebaiknya, semua gerakan itu Anda lakukan perlahan-lahan dan hati-hati.

Mereka yang pernah melakukan operasi telinga, pernah cedera kepala, terkena infeksi di telinga, masih harus istirahat di tempat tidur juga mudah terkena BPPV.

Umumnya vertigo jenis ini terjadi dalam waktu singkat dan penderita umumnya usia 52 ke atas. Meski demikian, penderita usia di bawah 50 tahun menderita gangguan vertigo jenis ini.

3. Pernah Menderita Sakit Kepala

Pernah menderita sakit kepala juga bisa menyebabkan vertigo. Maka, hati-hati. Sebab, cedera kepala bisa mengakibatkan Anda menderita vertigo.

4. Peradangan dan Infeksi di Telinga

Sakit vertigo juga bisa disebabkan oleh peradangan dan infeksi di telinga bagian dalam, terutama di saluran berliku dan penuh cairan (labirintitis).

Padahal, telinga bagian dalam ini sangat penting untuk mengendalikan pendengaran dan keseimbangan tubuh.

Penyebab terjadinya infeksi di telinga dalam adalah virus dan bakteri seperti flu. Gejala lain dari vertigo jenis ini adalah mual, muntah, kehilangan kemampuan pendengaran, nyeri pada telinga, serta demam.

5. Peradangan Telinga yang Terhubung dengan Otak

Peradangan jenis ini sering muncul tiba-tiba tanpa ada gejalanya. Apalagi, pada pendengaran juga tidak masalah. Peradangan jenis ini disebut Vestibular neuronitis.

Penderita penyakit ini tidak membuat Anda kehilangan pendengaran (tuli). Gejalanya, ya seperti jenis vertigo lainnya. Kehilangan keseimbangan, mual, pusing tujuh keliling, dsb.

6. Penyakit Langka, Meniere

Sebenarnya ini penyakit langka. Tetapi, jika ada orang yang mengalami penyakit ini, biasanya penyakitnya parah. Penderita akan merasa sakit kepala sampai berhari-hari.

!-- Ads 300x250 -->