Virus Corona Telah Masuk Indonesia – Anda Siap Menghadapinya?

Berita, Kanker Otak 0 Comments

waraswiris.com – Virus corona telah masuk Indonesia. Kenyataan itu telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan Dr dr Terawan Agus Putranto dalam jumpa wartawan. Dua orang, yakni ibu (64 tahun) dan putrinya (31 tahun), warga Depok, positif terkena virus corona dan dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso Jakarta.

Penanganan di rumah sakit untuk mencegah supaya penyakit mereka tidak menular kepada orang lain. Keduanya tidak boleh melakukan kontak dengan orang lain yang bisa membuat orang lain itu juga kena virus corona.

Selain itu, perawatan khusus dilakukan untuk mempercepat penanganan dengan harapan pasien bisa segera sembuh dari sakitnya.

Baca – Masker N95 Langka – Masker Bedah Juga Cukup Baik

Kedua penderita positif terjangkit virus corona setelah sebelumnya bertemu warga Jepang di Malaysia. Warga Jepang yang dimaksud ternyata penderita virus corona.

Virus Corona Telah Masuk Indoneis – Yang Penting Jaga Kekebalan Tubuh

virus corona di Indonesia

Tentu saja, seperti imbauan Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, menghadapai kenyataan adanya dua warga Indonesia yang telah positif terjangkit virus corona, kita harus tetap tenang, namun selalu waspada.

Kita tidak usah panik. Yang penting kita selalu menjaga diri dengan menjalani cara hidup sehat. Kita harus punya kekebalan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah dihinggapi virus apa pun, termasuk virus corona.

Kenyataannya, kata Menteri Kesehatan, tidak semua orang yang melakukan kontak dengan penderita corona langsung sakit. Sebagian tetap sehat.

Namun demikian, kita tetap harus hati-hati. Sebaiknya tidak melakukan kontak dengan penderita virus corona sebagai upaya pencegahan. Mencegah diri kita terkena virus corona.

Selain itu, kita harus selalu menjalani pola hidup dan pola makan sehat.

Jokowi mengungkapkan seorang ibu (64) dan putrinya (31) dari Depok, Jawa Barat, terinfeksi virus corona setelah berkontak dengan seorang warga negara Jepang yang positif kena virus corona.

Penyebaran virus corona tercatat meluas dari hari ke hari ke banyak negara. Untuk sementara ini ada lebih dari 50 negara yang mencatatkan ada warganya yang terkena positif terinfeksi corona.

Di tengah kondisi demikian, rasa panik atau bingung menghantui warga. Akan tetapi jangan sampai kecemasan tersebut mengabaikan akal sehat dan kewaspadaan. Persiapkan diri Anda dengan melakukan sejumlah langkah pencegahan.

5 Cara Mencegah Penularan Corona

Menteri Kesehatan Terawan meminta kita semua, meskipun sudah ada warga Indonesia yang positif kena virus corona, kita tetap tenang. Tetap melakukan kegiatan seperti biasa.

Yang penting selalu menjalani hidup sehat. Yang utama, selalu cuci tangan saat akan mengonsumsi makanan apa saja.

Berikut ini beberapa contoh di negara-negara di mana virus corona telah menyebar dan banyak warganya telah terkena virus corona.

1. Membatalkan atau Meliburkan Kegiatan Sekolah

Sebagaimana yang terjadi di negara yang sudah terdampak corona, beragam kegiatan dan acara dibatalkan. Konser, festival dan pertandingan olahraga yang menjadi tempat kumpul banyak orang dibatalkan agar virus corona tak meluas.

Demikian pula kegiatan pendidikan di berbagai sekolah diliburkan. Tempat penitipan anak dan kantor juga diliburkan.

Anak-anak, pelajar dan para karyawan kantor diminta mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah. Anak sekolah diminta belajar di rumah.

Tempat ibadan ditutup sementara, termasuk kegiatan umroh. Pemerintah Arab Saudi menutup sementara layanan ibadah umroh.

Ribuan umat Islam dari Indonesia yang sudah di Bandara untuk siap berangkat ke Saudi, bahkan sudah dalam penerbangan ke Saudi, terpaksa kembali pulang menunggu kondisi aman.

2. Bekerja dari Rumah

Penyebaran virus corona membuat pemerintah di sejumlah negara menganjurkan para pekerja untuk bekerja dari rumah. Terutama di kota-kota yang jumlah pasien corona cukup banyak.

Ada panduan agar perusahaan juga bisa memberikan izin kepada para pekerja mereka untuk bekerja dari rumah. Kebijakan ini bertujuan untuk menghambat penyebaran virus corona.

3. Ikuti Informasi yang Benar, Bukan Berita Hoaks

Dalam kondisi yang tidak normal seperti itu, Anda harus selalu mengakses informasi yang benar. Jangan sampai terjebak berita bohong atau hoaks yang membuat Anda panik dan bingung.

Baca – 9 Ciri-ciri Kanker Otak dan Perubahan Perilaku Penderita

Jangan mudah percaya dengan informasi yang disebarkan dari grup WhatsApp. Pastikan informasi mengenai kondisi terkini terkait corona bersumber dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah, dan media yang kredibel.

4. Lakukan Cara Hidup Sehat

Sebagaimana ditegaskan Menteri Kesehatan Terawan, menjalani cara dan pola hidup sehat sangat penting. Cara hidup sehat akan membuat kita tidak mudah kena serangan virus apa pun, termasuk virus corona.

Misalnya selalu mengonsumsi makanan sehat terutama buah dan sayur, istirahat yang cukup, minum air putih yang cukup dan selalu berolahraga minimal 30 menit per hari.

Tentu saja, sebagai umat beragama dan ber-Pancasila, kita perlu sering berdoa kepada Tuhan agar diselamatkan dari serangan virus corona dan virus lain.

Kecuali itu, selalu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih tiap kali akan makan. Tidak memegang wajah dengan tangan yang kotor.

5. Selalu Bersikap Tenang

Pastikan Anda beserta keluarga dalam keadaan tenang dan tidak panik. Jalani aktivitas seperti biasa dan ikuti rekomendasi yang diberikan oleh WHO dan pemerintah.

Demikian informasi tentang virus corona telah masuk Indonesia dengan adanya dua warga Depk, Jawa Barat yang positif terjangkit virus corona. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Bagaimana, kita harus siap untuk selalu hidup sehat biar terhindar dari corona.

!-- Ads 300x250 -->