Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Trimester 3

Herbal, Produk , ratnasilvi 0 Comments

VITAMIN ibu hamil trimester 3 apa saja ya? Memasuki usia kehamilan trimester 3, umumnya ibu-ibu sudah menyiapkan berbagai keperluan pasca-kelahiran si bayi.

Sudah menyiapkan pakaian bayi, berbagai perlengkapan bayi yang lain, dsb. Bahkan, Bunda juga sudah menyiapkan kamar khusus untuk si bayi.

Memasuki kehamilan trimester 3 berarti usia kehamilan sudah menginjak minggu ke-28. Saat itu, beberapa organ tubuh sudah terbentuk.

Ketika usia janin menginjak minggu ke-32, tulang janin juga tampak sempurna. Tentu saja, Bunda tetap harus memprioritaskan pemenuhan nutrisi untuk si kecil dalam kandungan.

Meskipun tidak ada perubahan mencolok dibandingkan nutrisi yang harus Bunda penuhi pada kehamilan trimester pertama dan kedua.

Baca: Kapan Waktu Terbaik Bagi Ibu Hamil Untuk Mengonsumsi CDR?

Hanya perlu ada prioritas dan peningkatan pemberian nutrisi untuk ibu hamil trimester ke-3. Lantas, apa saja prioritas itu?

vitamin ibu hamil trimester 3

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3 Blackmores (foto:gitacinta.com)

Beberapa Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil Trimester 3

Berikut beberapa nutrisi yang perlu Bunda prioritaskan untuk dikonsumsi biar janin yang terus tumbuh dalam kandungan benar-benar dalam kondisi sehat dan sempurna.

Dengan kondisi seperti itu, nantinya bayi akan lahir dengan lancar dan normal.

Beberapa nutrisi yang perlu Bunda konsumsi selama kehamilan trimester 3 antara lain:

1. Omega 3 dan Kolin

Omega 3 dan kolin perlu Bunda konsumsi agar perkembangan otak dan sistem saraf si janin bisa berlangsung dengan baik.

Perkembangan otak dan saraf bagi janin juga tidak kalah pentingnya dengan perkembangan tubuhnya. Bunda harus memperhatikan perkembangan keduanya secara bersamaan.

Untuk mendapatkan asupan omega 3 alami, Bunda dapat mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden dan telur yang diperkaya omega 3.

Baca: Berapa Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil? Inilah 15 Daftarnya.

Bunda bisa memilih yang mudah didapatkan. Misalnya telur, sarden, dan ikan tuna.

2. Kalsium 1200 Per Hari

Pada kehamilan trimester 3, Bunda perlu mengonsumsi kalsium per hari sebanyak 1.200 mg. Konsumsi kalsium penting biar janin nantinya punya otot dan tulang yang kuat.

Selain itu, asupan kalsium penting biar detak jantungnya selalu stabil dan saraf bisa bekerja dengan sempurna.

Bunda bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi susu, sayuran hijau, ikan sarden, ikan teri, dan kacang kedelai.

Sementara itu, konsumsi susu dan produk susu yang rendah lemak bermanfaat untuk meningkatkan berat badan Bunda.

3. Kebutuhan Akan Zat Besi Makin Tinggi

Makin tinggi usia kehamilan, maka kebutuhan janin untuk mendapatkan asupan zat besi juga makin bertambah.

Asupan zat besi sangat penting karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Kebutuhan zat besi buat kehamilan trimester 3 adalah 39 mg per hari.

Baca: 11 Makanan Dengan Kalsium Tinggi Untuk Ibu HamilĀ 

Makanan yang mengandung zat besi tinggi antara lain telur, daging tanpa lemak, ikan tuna, seafoot, sayuran hijau, tempe, tahu, dsb.

4. Zat Seng Biar Bayi Tidak Lhir Prematur

Bunda juga memerlukan konsumsi zat seng lebih banyak. Konsumsi zat seng bagi ibu hamil juga sangat penting untuk menghindari kelahiran prematur.

Asupan zat seng yang cukup bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi daging merah, makanan laut, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, coklat hitam, kentang, produk olahan susu, kerangan, dan kacang-kacangan.

5. Vitamin A

Vitamin ibu hamil trimester 3 lainnya yang juga penting adalah Vitamin A. Bunda perlu mengonsumsinya 850 mg per hari.

Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin A alami dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Misalnya wortel, tomat, ubi jalar, bayam, susu dan telur.

Yang penting Bunda tidak mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Berapa ukuran pastinya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter saat periksa kehamilan.

Demikian masalah pemenuhan nutrisi ibu hamil. Bunda sebaiknya selalu mengonsumsi nutrisi penting bagi ibu hamil dengan teratur tiap hari.

Jika tidak bisa menyiapkan sendiri asupan nutrisi untuk hamil bagaimana? Jawabannya pada uraian selanjutnya.

nutrimax mother

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 3

Jika Bunda ingin praktis dan tidak perlu repot menyiapkan sendiri kebutuhan vitamin ibu hamil trimester 3, Bunda bisa membeli merk vitamin di toko-toko online atau offline.

Merk vitamin ibu hamil trimester 3 yang penting antara lain:

1. Blackmores Pregnancy

Merk vitamin ibu hamil trimester 3 ini termasuk suplemen vitamin yang sangat baik. Kandungan utamanya adalah vitamin B 6 dan asam folat.

Bunda tidak boleh sampai mengalami kekurangan vitamin B6 dan asam folat. Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan pendarahan di mulut saat hamil.

Gejala kekurangan vitamin B6 lainnya adalah mudah merasa lelah, lesu. Walaupun tidak berbuat apa pun.

Baca: 10 Jenis Makanan Penambah Berat Janin Dalam Kandungan

Supaya janin dalam kandungan selalu tumbuh sehat, konsumsi produk vitamin ini sangat penting.

2. Nutrimax Mother

Produk vitamin ini tidak hanya perlu Bunda konsumsi ketika hamil. Tetapi juga perlu Bunda konsumsi saat berencana hamil, pada masa hamil dan sesudah melahirkan.

Dengan cara ini, usaha membuat Bunda dan bayi yang dikandungnya selalu sehat bisa optimal. Sekaligus menghindari gangguan kesehatan selama Bunda hamil.

Manfaat Nutrima Mother antara lain mencukupi kebutuhan gizi untuk kesehatan ibu hamil & janin. Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh fisik maupun mental janin / bayi.

Mengonsumsi suplemen ini sebaiknya selama 3 bulan sebelum hamil, saat kamu hamil, dan pasca kelahiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *