Banyak Warga Indonesia Berobat di RS Malaysia, Mengapa?

Berita 0 Comments

MENGAPA banyak warga Indonesia berobat di RS Malaysia, khususnya di Penang? Apa keistimewaan berobat di sana ketimbang di dalam negeri? Siapa saja mereka? Orang-orang dari Kalimantan yang dekat dengan Penang atau orang Jakarta dan kota-kota besar di Jawa?

Situs lifestyle.okezone.com terbitan Senin 14 Oktober 2019 melaporkan bahwa dari total 1,2 juta pasien di rumah sakit di Penang, ada 900.000 pasien yang merupakan warga Indonesia.

Ini artinya, Penang memang merupakan salah satu destinasi (tujuan) utama yang favorit bagi orang-orang Indonesia untuk datang berobat. Salah satunya adalah Rumah Sakit Mahkota di Malaka.

Yang banyak diminati para pasien (top seller) dari Indonesia adalah medical full check up, ortopedi, kardiologi, onkologi (kanker), IVF (program bayi tabung), syaraf (neurologi), dental dan estetika (bedah kosmetik, perawatan kesehatan, dan pencegahan.

Layanan yang Sangat Cepat Daya Tarik Utama Berobat ke Malaysia

warga Indonesia berobat di rs malaysia

 

Sebenarnya apa yang membuat banyak warga Indonesia berobat di RS Malaysia?

Sherene Azli, CEO Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) menjelaskan bahwa faktor pertama yang jadi daya tarik tertinggi bagi banyak warga Indonesia berobat di Malaysia adalah respons atau layanan yang cepat.

Ini dilakukan oleh hampir semua rumah sakit di Malaysia dan disukai pasien dari Indonesia.

Bagaimana dengan layanan di rumah sakit – rumah sakit di Indonesia? Ya, sekarang sudah berkembang sangat baik. Selain dari pihak pasien, rumah sakit juga aktif berkomunikasi dengan pasien.

Misalnya pasien ingin melakukan kemoterapi sebagai lanjutan pengobatan kanker payudara. Untuk mendapatkan layanan kemo, pasien harus pesan 5 hari sebelumnya, termasuk pesan kamar untuk menginap.

Jika sudah ada tempat, petugas rumah sakit mengontak pasien atau keluarganya tentang jadwal layanan kemo dan kamar yang sudah tersedia.

Demikian pula untuk fasilitas rumah sakit, juga sudan banyak yang hebat. Tetapi kecepatan perkembangan rumah sakit di Indonesia, baik dari segi layanan pengobatan atau layanan fasilitas perawatan tetap harus terus ditingkatkan.

Baca – Jangan Lupa Vaksin Tipes untuk Anak Anda 

Selain itu, juga dukungan faktor lain. Di Malaysia, rumah sakit juga dilengkapi dengan area wisata sehingga pasien dan keluarganya yang datang bisa menikmati keindahan obyek wisata.

Ini juga daya tarik tersendiri bagi para pengunjung rumah sakit. Rumah sakit Malaysia juga punya kantor-kantor cabang untuk layanan informasi di berbagai kota di Indonesia.

Mereka melayani keperluan calon pasien dari A sampai Z. Termasuk tiket pesawat, tempat penginapan, dsb. Istilah Indonesia, layanan terpadu.

Layanan Menyeluruh Daya Tarik Utama bagi Warga Indonesia Berobat di RS Malaysia

Menurut Sherene, kecepatan layanan atau respon menjadi unggulan dari rumah sakit di Penang, Malaysia dalam menggaet pasien dari Indonesia.

Bahkan tidak hanya layanan yang baik. Tetapi, layanan yang menyeluruh atau komplet (terpadu).

“Mulai dari pihak kementrian, pihak imigrasi (contohnya ada bantuan untuk pembuatan e-visa bagi pasien-pasien yang butuh waktu lama berada di Penang, sampai ada jalur cepat (fast track) di bandara, dan harga yang terjangkau,” tambah Sheren kepada Okezone.

Baca – Punya Gigi Berlubang Harus Dicabut atau Ditambal

Ditambahkan, rumah sakit di Penang, Malaysia juga menghadirkan kualitas layanan kelas dunia.

“Di luar itu, faktor penunjang lainnya adalah kualitas berkelas dunia dari rumah-rumah sakit di sini. Ditambah akan memudahkan akan akses, contohnya soal berkomunikasi kan bahasanya enggak jauh berbeda, dan layanan menyeluruh dari awal hingga akhir,” kata Sherene.

!-- Ads 300x250 -->