Wasir Berdarah: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berita , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

WASIR berdarah bisa terjadi pada siapa pun jika gangguan sembelit tidak diatasi dengan baik. Maka, jika Anda sering sembelit atau kesulitan saat buang air besar (BAB), jangan dipaksa dengan mengejan.

Tetapi, Anda sebaiknya segera mencari cara untuk menyembuhkannya supaya tidak terjadi sembelit. Paling tidak, cara mengatasi dalam jangka pendek.

Misalnya dengan menggunakan obat khusus untuk sembelit, penyakit wasir atau ambeien. Yang penting, kesulitan BAB bisa segera teratasi. Anda bisa BAB dengan baik.

Tetapi, dalam jangka panjang, Anda harus menghindari penyebab terjadinya wasir. Wasir yang tidak diatasi dengan baik bisa makin parah. Misalnya terjadi wasir berdarah atau ambeien.

Bahkan juga bisa terjadi anemia atau kekurangan sel darah merah, perdarahan, trombosis (penggumpalan darah), atau ambeien strangulata.

Menurut dr. Merry Dame Cristy Pane, wasir berdarah (ambeien) adalah penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum.

Salah satu penyebab terjadinya wasir berdarah adalah Anda mengejan terlalu keras ketika BAB.

wasir berdarah
aduhhh… nyerinya sakit wasir berdarah (foto:tirto.id.)

Penyebab Terjadinya Wasir Berdarah

Ada beberapa perilaku yang bisa menjadi penyebab wasir berdarah. Anda sebaiknya menghindari perilaku ini biar tidak mengalami wasir.

Sebab, wasir berdarah tentu bisa membuat Anda tidak nyaman. Duduk pun tidak bisa tenang.
Bahkan, terkadang harus dilakukan operasi untuk mengatasi dan menyembuhkan wasir berdarah.

Nah, supaya Anda tidak menderita penyakit wasir, hindari penyebabnya. Artinya, Anda harus menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan wasir Anda kian berat.

Beberapa penyebab wasir berdarah adalah:

1. Anda sering duduk terlalu lama.

Jika Anda pegawai kantoran yang bekerja dengan duduk, Anda sebaiknya tiap 2 – 3 jam berdiri sebentar dengan menggerakkan badan. Atau jalan di tempat kerja.

2. Sering mengejan saat kesulitan BAB

Seperti sudah disinggung di atas, sering mengejan terlalu keras ketika mengalami kesulitan BAB bisa berisiko terjadinya wasir atau munculnya benjolan di anus.

Oleh karena itu, saat Anda mengalami kesulitan ketika BAB jangan mengejan. Anda sebaiknya mengatasi dengan memperbanyak minum air putih.

Tinja yang keras dan menyebabkan sulit keluar, akan melunak setelah Anda banyak minum air putih.

3. Sering mengangkat beban berat.

Untuk membawa beban berat, Anda sebaiknya menggunakan alat khusus untuk mengkat barang.

Dari mengangkat barang barang yang ringan, sedaampai yang beratnya tinggi. Jika tak ada alat, ajak teman untuk mengangkat beban berat sehingga Anda terhindar dari kemungkinan menderita wasir berdarah.

4. Jarang mengonsumsi makanan berserat

Anda sebaiknya sering mengonsumsi makanan berserat biar BAB selalu lancar. Makanan berserat tinggi antara lain jagung, buah alpukat, kacang-kacangan (kacang putih, merah, hitam), brokoli, tomat, beras merah, dsb.

5. Badan gemuk atau berat badan berlebih

Badan gemuk juga rentan menderita wasir. Sebab, tubuh gemuk dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan darah di anus dan sekitarnya.

6. Berusia lanjut

Orang yang sudah berumur juga rentan menderita wasir. Maka, Papa Mama, Kakek Nenek perlu memperhatikan pola makan yang bisa menghindarkan terjadinya wasir (sulit BAB).

7. Ketika hamil

Bunda yang sedang hamil juga rentan menderita wasir. Oleh karena itu, jika Bunda yang hamil tiba-tiba mengalami kesulitan saat BAB tenang saja. Kena wasir saat hamil adalah kejadian alami.

Atasi dengan cara-cara seperti disebutkan di atas. Perbanyak minum air putih, banyak makan makanan berserat, dsb.

8. Sering menunda BAB

Jika terasa ingin BAB, Anda jangan menundanya. Bisa menyebabkan terjadinya wasir, bahkan ambeien (wasir berdarah). Bahkan, tinja (feses) akhirnya mengeras dan kering sehingga sulit keluar waktu Anda BAB.

Cara Mengatasi Wasir Berdarah

Bagaimana cara mengatasi wasir berdarah?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Perbanyak minum air putih. Sediakan air putih di tempat Anda berada. Di rumah, kantor, tempat kerja, tempat tidur, dsb. Dengan cara itu, Anda bisa memperbanyak minum air putih. Minum air putih termasuk cara mengobati wasir dengan cara alami.

2. Sering mengonsumsi makanan berserat tinggi. Sama dengan air putih, makanan berserat tinggi akan membuat feses (tinja) lembut dan BAB pun lancar.

3. BAB teratur tiap hari. Jadikan BAB tiap hari jadi kebiasaan.

4. Jangan menunda keinginan untuk BAB. Jika Anda merasa ingin BAB, langsung saja penuhi keinginan itu. Jangan sering Anda tunda.

Kebiasaan menunda BAB bisa membuat Anda kena wasir atau ambeien.

5. Jangan duduk terlalu lama. Jika Anda bekerja dengan duduk, maka tiap 2 – 3 jam coba berdiri menggerakkan badan dengan jalan di sekitar tempat kerja Anda.

Baca: Apakah Boleh Penderita Wasir Makan Mi Instan?

6. Sering berolahraga. Ini sangat penting. Sebab, olahraga bisa merangsang gerakan usus yang efeknya mampu membuat BAB selalu lancar. Lakukan olahraga, senam, dsb selama 20 – 30 menit tiap hari.

Penutup

Wasir bukan termasuk penyakit berbahaya. Tetapi sangat merepotkan jika Anda tidak segera mengatasinya. Apalagi sampai terjadi wasir berdarah.

Ada beberapa cara untuk menghindarkan terjadinya BAB dan cara mengatasi jika penyakit wasir telah terjadi. Tetapi jika wasir telah terjadi, usahakan jangan sampai berkembang menjadi parah. Akan sangat menyiksa.